PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DI BALI

Main Article Content

Dewa Gde Surya Dwipa Putra
Angger Prasetyo Wibisono
Gede Pasek Putra Adnyana Yasa

Abstract

Penggunaan animasi dalam media pembelajaran semakin berkembang di berbagai sekolah dan lembaga pembelajaran di Indonesia. Pendekatan ini terbukti efektif bagi pengajar dan pelajar. Bagi pengajar, metode animasi menghilangkan kebutuhan untuk menjelaskan secara terperinci atau menggambar visual. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian perkembangan media pembelajaran berbasis animasi di Bali menggunakan metode observasi dan wawancara dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang penggunaan dan dampak media tersebut dalam konteks pendidikan lokal. Konten pembelajaran dalam animasi haruslah relevan dengan kehidupan sehari-hari dan pengalaman siswa di Bali. Animasi dapat menjadi alat yang efektif untuk melestarikan dan mempromosikan budaya dan identitas lokal. Dengan menganalisis penggunaan animasi dalam konteks budaya Bali, dapat memastikan bahwa media pembelajaran tetap relevan dengan nilai-nilai dan tradisi lokal, serta meningkatkan pemahaman siswa tentang warisan budaya setempat.

Article Details

How to Cite
Putra, D. G. S. D., Wibisono, A. P., & Yasa, G. P. P. A. (2024). PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DI BALI. Anima Rupa, 1(2), 57–65. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/animarupa/article/view/3587
Section
Articles