PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DI BALI

Authors

  • Dewa Gde Surya Dwipa Putra Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Angger Prasetyo Wibisono Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Gede Pasek Putra Adnyana Yasa Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/animarupa.v1i2.3587

Keywords:

animasi, media pembelajaran, pengajar, media

Abstract

Penggunaan animasi dalam media pembelajaran semakin berkembang di berbagai sekolah dan lembaga pembelajaran di Indonesia. Pendekatan ini terbukti efektif bagi pengajar dan pelajar. Bagi pengajar, metode animasi menghilangkan kebutuhan untuk menjelaskan secara terperinci atau menggambar visual. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian perkembangan media pembelajaran berbasis animasi di Bali menggunakan metode observasi dan wawancara dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang penggunaan dan dampak media tersebut dalam konteks pendidikan lokal. Konten pembelajaran dalam animasi haruslah relevan dengan kehidupan sehari-hari dan pengalaman siswa di Bali. Animasi dapat menjadi alat yang efektif untuk melestarikan dan mempromosikan budaya dan identitas lokal. Dengan menganalisis penggunaan animasi dalam konteks budaya Bali, dapat memastikan bahwa media pembelajaran tetap relevan dengan nilai-nilai dan tradisi lokal, serta meningkatkan pemahaman siswa tentang warisan budaya setempat.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Putra, D. G. S. D., Wibisono, A. P., & Yasa, G. P. P. A. (2024). PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DI BALI. ANIMA RUPA: JURNAL ANIMASI, 1(2), 57–65. https://doi.org/10.59997/animarupa.v1i2.3587