MANAJEMEN PRODUKSI PADA CV.BOOM PRO PADA PEMBUATAN IKLAN VIDEO PERTAMINA WORLD SUPER BIKE (WSBK) 2021

Authors

  • Viki Kurniawan Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Nyoman Lia Susanthi Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Wayan Suratni Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

CV Boom Pro, Iklan Video, Manajemen Produksi

Abstract

CV. Boom Pro adalah perusahaan yang bergerak di bidang audio visual yaitu pembuatan company profile, live streaming, pembuatan iklan dan dokumentasi acara. CV. Boom Pro telah melayani banyak klien yang rata-rata berasal dari perusahaan BUMN, Kementerian serta Corporate. Iklan video Pertamina World Super Bike (WSBK) merupakan produksi dari CV. Boom Pro dan didanai oleh PT Pertamina (Persero). Iklan video yang berkonsep Energizing You artinya Memberimu Energi, bercerita tentang seorang anak kecil bercita-cita menjadi pembalap nasional. Produksi iklan video digunakan untuk memperkenalkan sirkuit internasional Pertamina Mandalika yang berlokasi di Kuta- Mandalika, Lombok. Sirkuit ini digunakan untuk balapan motor bertaraf international yaitu World Super Bike (WSBK) yang sudah terlaksana bulan Oktober 2021 dan tahun 2022 akan dilaksanakan perhelatan MotoGP. Untuk itu tertarik mengkaji manajemen produksi dalam pembuatan iklan video Pertamina World Super Bike (WSBK) 2021. Dalam pembuatan tinjauan ini penulis menggunakan beberapa metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi dan studi lapangan (wawancara).

Hasil dari tinjauan menunjukan bahwa, proses atau langkah-langkah manajemen produksi yang sesuai dan benar demi kelancaran dalam proses prosduksi iklan video ini. Terdapat empat unsur tahapan manajemen produksi yaitu perencanan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Perencanaan melingkupi menentukan ide cerita, pemilihan pemain, pembentukan jadwal. Pengorganisasian mencangkup hal menentukan atau bekerja sama dengan sumber daya yang ada karena dalam proses produksi membutuhkan kerja sama yang baik. Pengarahan adalah cara mengkoordinasikan kru sesuai dengan jobdesk/departemen yang telah ditentukan, serta mengetahui alih pengetahuan, keterampilan dan teknologi. Terakhir adalah pengawasan dalam setiap tahapan produksi.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Kurniawan, V., Susanthi, N. L., & Suratni, N. W. (2022). MANAJEMEN PRODUKSI PADA CV.BOOM PRO PADA PEMBUATAN IKLAN VIDEO PERTAMINA WORLD SUPER BIKE (WSBK) 2021. CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 2(1), 54–59. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/1472

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.