Tari Teruna Goak, dari Tradisi Permainan Magoak-goakan ke Tari Kontemporer

Authors

  • Nyoman Arya Baratha Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ida Ayu Trisnawati Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Wayan Sutirtha Institut Seni Indonesia Denpasar

Abstract

Abstrak

Tari Teruna Goak adalah sebuah karya ciptaan baru dengan wujud kontemporer yang terinspirasi dari cerita tradisi permainan megoak-goakan. Karya tari ini berbentuk tari kelompok ditarikan oleh tujuh orang penari putra yang menginterpretasikan karakter pasukan Teruna Goak. Tujuan penciptaan karya tari ini adalah ingin menyampaikan pesan agar mampu mempertahankan serta melestarikan tradisi yang sudah ada sejak dulu dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya dapat dijadikan tolak ukur untuk berbuat lebih baik.

Tari Teruna Goak tercipta melalui proses penciptaan dengan menggunakan metode penciptaan Alma M. Hawkins yaitu eksplorasi, improvisasi, dan forming. Sumber informasi yang digunakan sebagai acuan adalah berupa sumber pustaka, diskografi, wawancara, dan pengamatan langsung. Adapun teori yang digunakan yaitu teori imajinasi, teori simbol, teori penciptaan, dan teori estetika.

Hasil penciptaan karya tari ini adalah tari dengan wujud kontemporer berjudul Teruna Goak yang strukturnya terdiri dari bagian ; awal, isi, dan akhir. Beberapa gerak yang digunakan yaitu gerak peniruan dari burung gagak dan ketangkasan teruna tidak terlepas dari tari tradisi yaitu tetap mendapatkan inspirasi dari agem, tandang, tangkep, dan tangkis yang dieksplorasi kembali menjadi wujud baru. Penata menggunakan aplikasi software FL Studio 2020 sebagai media pengiring musik tari. Tata rias yang digunakan yaitu tata rias fantasi untuk mempertegas karakter yang dibawakan, sedangkan busana yang digunakan lebih dominan berwarna hitam yang dipadukan dengan warna merah dan putih.

Kata Kunci: Teruna Goak, pasukan, kontemporer, penciptaan.

Additional Files

Published

2023-11-17

How to Cite

Nyoman Arya Baratha, Ida Ayu Trisnawati, and I Wayan Sutirtha. “Tari Teruna Goak, Dari Tradisi Permainan Magoak-Goakan Ke Tari Kontemporer”. Jurnal Igel : Journal Of Dance 3, no. 2 (November 17, 2023): 155–162. Accessed May 5, 2024. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2888.

Issue

Section

Articles