https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/issue/feed Jurnal Igel : Journal Of Dance 2023-11-17T00:00:00+00:00 Prof. Dr . Ida Ayu Trisnawati, SST. , M.Si igel_journal@isi-dps.ac.id Open Journal Systems <p>Nama Jurnal : Jurnal Igel: Journal of Dance<br />Frekuensi : Terbit 2 kali dalam setahun <br />Online ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211003202193512" target="_blank" rel="noopener">2802-3245</a><br />Redaktur : Ida Ayu Trisnawati<br /><span style="font-family: 'Noto Sans', 'Noto Kufi Arabic', -apple-system, BlinkMacSystemFont, 'Segoe UI', Roboto, Oxygen-Sans, Ubuntu, Cantarell, 'Helvetica Neue', sans-serif;">Editor Bagian : I Putu Bagus Bang Sada Graha Saputra<br /></span>Publisher : UPT Pusat Penerbitan LP2MPP, Institut Seni Indonesia Denpasar<br />Indexing : <a href="https://scholar.google.com/citations?hl=en&amp;user=JG7VQOwAAAAJ&amp;sortby=title&amp;view_op" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a> | <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/27658" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a><span style="font-family: 'Noto Sans', 'Noto Kufi Arabic', -apple-system, BlinkMacSystemFont, 'Segoe UI', Roboto, Oxygen-Sans, Ubuntu, Cantarell, 'Helvetica Neue', sans-serif;"><br /></span>Lisensi : <a href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/" target="_blank" rel="noopener">CC BY-NC-SA</a><span style="font-family: 'Noto Sans', 'Noto Kufi Arabic', -apple-system, BlinkMacSystemFont, 'Segoe UI', Roboto, Oxygen-Sans, Ubuntu, Cantarell, 'Helvetica Neue', sans-serif;"><br /></span>Archiving : <a href="https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/gateway/clockss" target="_blank" rel="noopener">CLOCKSS</a>, <a href="https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/gateway/lockss" target="_blank" rel="noopener">LOCKSS</a></p> https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2880 KAJIAN BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG NYUTRI DESA BEDULU, KECAMATAN BLAHBATUH, KABUPATEN GIANYAR 2023-11-10T02:59:32+00:00 Ida Ayu Ari Dwi Cahyani ayy.ayeye16@gmail.com Gusti Ayu Ketut Suandewi ayy.ayeye16@gmail.com Kompiang Gede Widnyana ayy.ayeye16@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Bali memiliki bermacam – macam jenis tari rejang khususnya di Kabupaten Gianyar, salah satunya Desa Bedulu. Tari Rejang Nyutri Meayunan di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Tari Rejang Nyutri Meayunan merupakan salah satu tarian sakral yang berasal dari Desa Bedulu dan ditarikan di Pura Gunung Sari Desa Bedulu setiap satu tahun sekali. Tari ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri sehingga tarian ini layak untuk dijadikan objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tiga landasan teori yaitu, teori fungsional, teori estetika, dan teori semiotika. Data – data mengenai tari ini diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.</p> <p>Tari Rejang Nyutri Meayunan merupakan sebuah tari sakral yang berada di Desa Bedulu dan ditarikan di Pura Gunung Sari setiap satu tahun sekali. Tari ini berbentuk tari sakral yang ditarikan secara berkelompok. Tarian ini hanya boleh ditarikan oleh <em>jero permas </em>atau wanita yang telah mengalami proses penyucian secara <em>niskala. </em>Para <em>jero permas </em>menggunakan kebaya putih, <em>kamen </em>hitam, dan selendang hitam saat menari. Kemudian pada bagian kepala, para <em>jero permas </em>menggunakan <em>pusung tagel </em>dan diisi bunga pucuk merah atau bunga berwarna merah. Tari Rejang Nyutri Meayunan memiliki gerak yang sederhana dan diiringi dengan gamelan angklung atau gong gede dengan lelambatan tabuh pisan. Masyarakat setempat memfungsikan tarian ini sebagai tari sakral. Selain itu, masyarakat setempat juga mengaitkan tarian ini dengan perekonomian masyarakat di Desa Bedulu. Adapun beberapa aspek dari Tari Rejang Nyutri Meayunan ini jika diselami memiliki makna keseimbangan.</p> <p><em>Kata kunci : Tari Rejang Nyutri Meayunan, Bentuk, Fungsi</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ida Ayu Ari Dwi Cahyani, Gusti Ayu Ketut Suandewi, Kompiang Gede Widnyana https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2881 Tari Lila Mahayu 2023-11-10T03:17:12+00:00 Ni Wayan Mirah Mayra Mentari mirahmayra12@gmail.com A.A Ayu Mayun Artati mirahmayra12@gmail.com Ni Nyoman Kasih mirahmayra12@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Karya tari <em>Lila Mahayu </em>merupakan garapan tari baru yang terinspirasi dari tradisi yang berada di Desa&nbsp; Bantiran yaitu Rejang Ayunan. Dalam garapan ini tradisi Rejang Ayunan dikaitkan dengan proses kehidupan manusia&nbsp; dalam suatu pencapaian sehingga mencapai suatu kegembiraan. Kata <em>Lila </em>berasal dari bahasa Bali yang berarti senang sedangkan <em>Mahayu </em>berasal dari bahasa jawa kuno yang berarti gembira. Karya ini memiliki tema kegembiraan sesuai dengan makna dari rejang ayunan. Tari <em>Lila Mahayu </em>berbentuk tari kelompok dengan enam orang penari putri. Dalam penciptaan tari <em>Lila Mahayu,</em>metode yang digunakan adalah metode <em>Anggripta Sesolahan. </em>Karya tari <em>Lila Mahayu </em>berdurasi 10 menit dengan iringan tari Gong kebyar. adapun strukturnya terdiri dari <em>Pepeson, Pengawak, Pengecet, Pekaad. </em>Estetika dalam karya tari <em>Lila Mahayu </em>mengacu pada teori Estetika oleh A.A.M. Djelantik. Nilai yang terkandung dalam garapan tari <em>Lila Mahayu </em>adalah nilai perjuangan.</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : <em>Lila Mahayu, Rejang Ayunan, perjuangan</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ni Wayan Mirah Mayra Mentari, A.A Ayu Mayun Artati, Ni Nyoman Kasih https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2882 Karya Tari Sona 2023-11-10T04:39:45+00:00 I Putu Pande Surya Pramana surya10pramana@gmail.com Sulistyani surya10pramana@gmail.com I Putu Bagus Bang Graha Saputra surya10pramana@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Karya Tari Sona adalah karya yang mengambil sumber kreatif dari epos mahabharata bagian terakhir yaitu kesetiaan seekor anjing (<em>Asu</em>) kepada yudhistira yang terkandung dalam buku swargarohanaparwa. Dalam penciptaan karya Tari Sona ini pencipta jadikan kesetiaan seekor anjing kepada tuanya sebagai pemantik ide koreografi. Sona dalam bahasa jawa kuna yang artinya anjing, judul ini menjelaskan karakter seekor &nbsp;anjing yang setia kepada manusia. Pada proes penciptaanya, pencipta bekerja sama dengan Sanggar Seni Dharmawangsa dalam program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan mengambil program studi proyek independen. Penciptaan Karya Tari Sona menggunakan metode Alma M. Hawkins terjemahan I wayan Dibia pada tahun 2003. Di dalam buku tersebut dijelaskan tiga tahapan penciptaan antara lain Tahap Penjajagan (<em>eksplor</em><em>a</em><em>si</em>), Tahap Percobaan (<em>improvisasi</em>), &nbsp;danTahap Pembentukan (<em>forming). </em>Karya Tari Sona merupakan tari kontemporer yang dibawakan &nbsp;secara &nbsp;kelompok dengan struktur tarianya terdiri dari tiga bagian yang berdurasi 12 menit. Musik karya tari ini menggunakan instrumen <em>Logic Pro Digital</em> seperti <em>marimba, stringquartet, syntizer, drum pad, drum synth kit, bass, cymbal</em>. Tata rias yang digunakan dalam karya tari ini memilih bentuk wajah anjing yang dipadukan dengan kostum bernuansa hitam yang terdiri dari strait stoking <em>full</em> <em>body</em>, kalung dan hiasan kepala yaitu rambut gimbal. Pencipta berharap nillai-nilai yang terkandung dalam garapan ini dapat diimplementasikan ke pribadi dan masyarakat untuk selalu menanamkan rasa kesetiaan sesama mahkluk hidup dan sekitarnya.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>:</em> <em>Anjing, Manusia, Kesetiaan</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 I Putu Pande Surya Pramana, Sulistyani, I Putu Bagus Bang Graha Saputra https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2883 Tari Nampi, perubahan diri untuk masa depan 2023-11-10T04:49:26+00:00 I Wayan Gede Artha Saputra arthasaputra32@gmail.com I Gusti Ngurah Sudibya arthasaputra32@gmail.com I Wayan Adi Gunarta arthasaputra32@gmail.com <p>Pengalaman empiris adalah sesuatu yang dirasakan secara individual dan biasa terjadi pada saat indera merasakan, melihat, mendengar, serta melaksanakan sesuatu. Pengalaman selalu ada pada setiap individu guna memberikan pengetahun baru serta menjadi guru utama dalam menjalani kehidupan. “Pengalaman adalah guru yang terbaik” yang diutarakan oleh <em>Julius</em> <em>Cesar</em>. Pengalaman empiris yang penata rasakan dan menghancurkan perasaan penata saat bersekolah di SMK N 3 Sukawati menjadi ide dalam menciptakan sebuah karya tari, dengan judul <em>Nampi</em>. Karya tari <em>Nampi&nbsp; </em>&nbsp;merupakan karya tari dengan pola garap kontemporer, berbentuk kelompok besar dengan penari berjumlah 10 orang yang diantaranya 6 orang penari laki-laki dan 4 orang penari perempuan. Kata <em>Nampi&nbsp; </em>&nbsp;berasal dari bahasa Bali yaitu menerima, dalam sebuah pengalaman atau proses yang dilalui setiap individu selalu mendapatkan sesuatu guna menjadi senjata ataupun wawasan. Karya tari <em>Nampi&nbsp; </em>&nbsp;memiliki struktur yang digunakan adalah awal, isi dan akhir. Setiap bagian struktur memiliki pembicaran yang berbeda, pesan serta tujuan yang memiliki keinginan yang sama. Dalam pembicaraan setiap struktur terdiri dari pengalam pahit, proses, dan perjuangan. Dalam menciptakan karya tari <em>Nampi&nbsp; </em>&nbsp;penata menggunakan metode Alma M. Hawkins yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap eksplorasi, improvisasi, dan forming. Melalui tahap-tahap yang telah dilakukan penata menemukan sebuah gerakan- gerakan yang berasal dari kegiatan sehari-hari dan menjadi sumber dari gerak yang digunakan. Terciptanya karya tari <em>Nampi&nbsp; </em>&nbsp;memiliki pesan serta tujuan untuk memberikan pemikiran baru atau sudut pandang baru dalam menjalani perjalanan hidup.</p> <p>Kata Kunci: <em>pengalaman, kehidupan, proses</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 I Wayan Gede Artha Saputra, I Gusti Ngurah Sudibya, I Wayan Adi Gunarta https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2884 Karya Tari Same Plin 2023-11-10T05:02:06+00:00 I Wayan Tisna Dana tisnadana2525@gmail.com I Kt Suteja tisnadana2525@gmail.com Ni Nyoman Kasih tisnadana2525@gmail.com <h1>Abstrak</h1> <p><em>Charlie Chaplin </em>adalah seorang tokoh dunia yang inspiratif dikenal sebagai pemain film, sutradara, dan komposer pada tahun 1889-1977. Dalam film-film yang diciptakan dan diperankan Chaplin, selalu menampilkan kelucuan, <em>kebahagiaan</em>, dan kekonyolan. Walaupun dikenal dengan karakter yang demikian, ternyata Chaplin mengalami <em>keterpurukan </em>dalam hidupnya, sejak Ia kecil hingga dewasa. Melalui fenomena tersebut, pencipta tertarik untuk menciptakan karya tari yang berjudul Same Plin. Proses penciptaan karya tari Same Plin menggunakan metode Bergerak Menurut Kata Hati Metoda Baru dalam Mencipta Tari oleh I Wayan Dibia. Metode Penciptaan tersebut didalamnya meliputi lima tahapan penting, yaitu merasakan, menghayati, mengkhayalkan, mengejawantahkan, dan memberi bentuk, serta menggunakan teori imaji dan imajinasi oleh Tedjoworo. Karya tari <em>Same Plin </em>adalah karya tari yang mengisahkan kebahagiaan dan kelucuan Charlie Chaplin di depan orang banyak atau di atas panggung, namun sebenarnya memiliki kehidupan yang sulit dan terpuruk. Karya ini bertemakan kehidupan sosial yang ditarikan oleh 8 (delapan) orang penari dengan menggunakan iringan <em>musical instrument digital interface </em>(MIDI) yang berisikan instrument dari plugin orkestra.</p> <p><em>Kata kunci: same plin, kebahagiaan, keterpurukan, kontemporer</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 I Wayan Tisna Dana, I Kt Suteja, Ni Nyoman Kasih https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2885 Edukasi Dasar Tari Bali Perempuan oleh Ni Ketut Arini 2023-11-10T06:19:52+00:00 Komang Indah Parasari parasariindah@gmail.com I Ketut Sariada parasariindah@gmail.com Ni Nyoman Manik Suryani parasariindah@gmail.com <p><em>Abstrak</em></p> <p>Judul penelitian ini adalah Edukasi Dasar Tari Bali Perempuan oleh Ni Ketut Arini. Tujuan penelitian ini &nbsp;adalah untuk mengetahui cara penerapan edukasi dasar tari Bali perempuan kepada anak-anak di Sanggar Warini. Untuk mendapatkan ilmu tentang edukasi dasar tari Bali perempuan setelah pelaksanaan magang di Sanggar Warini. Ingin membagikan ilmu tentang edukasi dasar tari Bali perempuan di masyarakat. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif, yaitu memperoleh data secara objektif sehingga mampu mendeskripsikan objek yang diteliti. Selain menggunakan metode deskriptif penulis juga menggunakan pendekatan kualitatif yaitu, menjelaskan dan menganalisis fenomena, peristiwa dengan menuangkannya ke dalam tulisan. Pelaksanaan edukasi dasar tari Bali perempuan oleh Ni Ketut Arini melalui beberapa tahapan sebagai berikut, tahap pertama melakukan gerak-gerak dasar tari Bali perempuan seperti <em>agem, tandang, tangkis dan tangkep</em>. Tahap kedua menarikan jenis tari yang diajarkan seperti Tari Pendet, Tari Panyembrama, Tari Legong Keraton Lasem, Tari Margapati, Tari Puspanjali, Tari Baris Tunggal, Tari Gopala, Tari Wirayuda dan Tari Oleg Tamulilingan. Adapun faktor pendukung edukasi dasar tari Bali perempuan oleh Ni Ketut Arini yaitu peran aktif pendiri Sanggar Warini, adanya interaksi yang baik antara pelatih dengan peserta didik, proses pembelajaran yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat edukasi dasar tari Bali oleh Ni Ketut Arini yaitu pola perilaku pelatih dengan peserta didik yang terkadang sulit diatur.</p> <p><strong><em>Kata Kunci : </em></strong><em>Edukasi, Ilmu, Metode, Pelaksanaan</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Komang Indah Parasari, I Ketut Sariada, Ni Nyoman Manik Suryani https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2886 Artikel Hasil Riset/Penelitian Skripsi Menganalisis Makna Gerak Tari Terang Bulan Di Sanggar Seni Nggara Simbelin Desa Lingga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo 2023-11-10T06:32:49+00:00 Miranti Br Sembiring mirantisembiring02@gmail.com Tjok. Istri Putra Padmini mirantisembiring02@gmail.com Made Ayu Desiari mirantisembiring02@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tari Terang Bulan merupakan tarian kreasi tradisi yang berasal dari Tanah Karo, tarian ini diperkirakan lahir disekitar tahun 1965. Makna dari tarian ini adalah pertemuan muda mudi di tempat menumbuk padi yang disebut lesung pada saat terang bulan dari situlah tercipta Tari Terang Bulan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan analisis makna gerak, kostum yang digunakan, pola lantai, dan instrumen yang digunakan dalam Tari Terang Bulan di Sanggar Seni Nggara Simbelin Desa Lingga. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif, metode kuantitatif serta observasi partisipasi. Dan teknik pengumpulan data dengan observasi, observasi partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerak Tari Terang Bulan terdiri dari lima ragam gerak, kelima ragam gerak mengarah bagaimana seharusnya tahap-tahap untuk mendekati seorang gadis yang disukai oleh laki-laki. Kostum yang digunakan dalam Tari Terang Bulan bermakna kesopanan dan perlindungan dari pandangan masyarakat yang melihat. Pola lantai yang digunakan bermakna sebagai cara sepasang kekasih untuk menyampaikan rayuan-rayuan kepada lawan jenis. Dan untuk instrumen yang digunakan ada lima jenis yang disebut dengan Gendang Lima Sada Perarih.</p> <p><strong><em>Kata kunci : </em></strong><em>Sanggar, Simbelin, Terang Bulan.</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Miranti Br Sembiring, Tjok. Istri Putra Padmini, Made Ayu Desiari https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2887 KAJIAN BENTUK DAN FUNGSI TARI GANDRUNG DI DESA CEMPAGA, KECAMATAN BANJAR, BULELENG 2023-11-10T06:45:09+00:00 Ni Putu Ayu Rika Putri Dewi ayurika9465@gmail.com Ni Made Arshiniwati ayurika9465@gmail.com Suminto ayurika9465@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk dapat memahami keberadaan Tari <em>Gandrung</em> di Desa Cempaga, Kecamatan Banjar, Buleleng. Fakta dilapangan menunjukan bahwa tulisan atau penulisan yang mengkaji tarian ini belum banyak ditemukan, padahal tari ini disajikan secara berkesinambungan dalam konteks upacara oleh masyarakat setempat.&nbsp; &nbsp;Adapun masalah yang yang dikaji adalah bagaimana bentuk dan fungsi Tari <em>Gandrung </em>di Desa Cempaga. Pedengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teori estetika dan teori fungsional yang digabungkan dengan konsep fungsional dari Soedarsono. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat Desa Cempaga, Kecamatan Banjar, Buleleng menyajikan Tari <em>Gandrung </em>dalam bentuk tari lepas (tanpa lakon). Hal itu dapat dilihat dari proses penyajiannya, tempat pementasan, tata rias, tata busana, properti, musik pengiring, ragam gerak, struktur tari, dan pola lantai. Hingga kini masyarakat setempat tetap melestarikan tarian tersebut karena tari itu berfungsi sebagai penolak bala, ungkapan rasa syukur warga karena telah memasuki masa panen, ritual, ungkapan pribadi yang sifatnya hiburan, solidaritas, media meditasi, dan media terapi.&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: <em>Tari Gandrung, Bentuk, Fungsi</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ni Putu Ayu Rika Putri Dewi, Ni Made Arshiniwati, Suminto https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2888 Tari Teruna Goak, dari Tradisi Permainan Magoak-goakan ke Tari Kontemporer 2023-11-10T08:12:58+00:00 Nyoman Arya Baratha aryabaratha122@gmail.com Ida Ayu Trisnawati aryabaratha122@gmail.com I Wayan Sutirtha aryabaratha122@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tari <em>Teruna Goak</em> adalah sebuah karya ciptaan baru dengan wujud kontemporer yang terinspirasi dari cerita tradisi permainan <em>megoak-goakan</em>. Karya tari ini berbentuk tari kelompok ditarikan oleh tujuh orang penari putra yang menginterpretasikan karakter pasukan <em>Teruna Goak</em>. Tujuan penciptaan karya tari ini adalah ingin menyampaikan pesan agar mampu mempertahankan serta melestarikan tradisi yang sudah ada sejak dulu dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya dapat dijadikan tolak ukur untuk berbuat lebih baik.</p> <p>Tari <em>Teruna Goak</em> tercipta melalui proses penciptaan dengan menggunakan metode penciptaan Alma M. Hawkins yaitu <em>eksplorasi, improvisasi, </em>dan<em> forming</em>. Sumber informasi yang digunakan sebagai acuan adalah berupa sumber pustaka, diskografi, wawancara, dan pengamatan langsung. Adapun teori yang digunakan yaitu teori imajinasi, teori simbol, teori penciptaan, dan teori estetika.</p> <p>Hasil penciptaan karya tari ini adalah tari dengan wujud kontemporer berjudul <em>Teruna Goak </em>yang strukturnya terdiri dari bagian ; awal<em>,</em> isi, dan akhir. Beberapa gerak yang digunakan yaitu gerak peniruan dari burung gagak dan ketangkasan <em>teruna </em>tidak terlepas dari tari tradisi yaitu tetap mendapatkan inspirasi dari <em>agem, tandang, tangkep,</em> dan <em>tangkis </em>yang dieksplorasi kembali menjadi wujud baru. Penata menggunakan aplikasi <em>software</em> FL Studio 2020 sebagai media pengiring musik tari. Tata rias yang digunakan yaitu tata rias fantasi untuk mempertegas karakter yang dibawakan, sedangkan busana yang digunakan lebih dominan berwarna hitam yang dipadukan dengan warna merah dan putih.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Teruna Goak, pasukan, kontemporer, penciptaan.</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Nyoman Arya Baratha, Ida Ayu Trisnawati, I Wayan Sutirtha https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/igel/article/view/2890 Karya Tari Aci Dehe 2023-11-10T08:24:25+00:00 Ni Made Eka Sanisca Dewi eka.sanisca2000@gmail.com Ida Ayu Wimba Ruspawati eka.sanisca2000@gmail.com I Ketut Sutapa eka.sanisca2000@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Karya Tari <em>Aci Dehe </em>terinspirasi dari Tari Rejang Lilit di Dusun Peninjoan, Desa Golong, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Tari ini mengambil bagian rasa bahagia, ceria, dan tulus iklas yang muncul saat prosesi ritual Tari Rejang Lilit, kemudian dituangkan ke dalam karya dengan bentuk kreasi yang memiliki tiga struktur yakni, <em>pepeson, pengawak</em>, dan <em>pengecet</em>. Metode penciptaan dalam mewujudkan karya tari ini adalah metode <em>Angripta Sesolahan </em>yang dikemukakan oleh I Kt Suteja. Metode tersebut meliputi <em>Ngerencana, Nuasen, Makalin, Nelesin, </em>dan <em>Ngebah</em>. <em>Ngarencana </em>merupakan tahap awal merancang seluruh kebutuhan karya seperti konsep, pemilihan <em>composer, </em>pemilihan penari, dan rancangan kegiatan karya. <em>Nuasen </em>merupakan tahap ritual untuk memohon kelancaran selama proses karya. <em>Makalin </em>merupakan tahap ekplorasi gerak dan pemilihan material seperti tempat latihan. <em>Nelesin </em>merupakan tahap pembentukan karya dengan menggabungkan hasil eksplorasi gerak sehingga menghasilkan motif gerak&nbsp; pada Tari <em>Aci Dehe</em>. <em>Ngebah </em>merupakan tahap pementasan perdana karya Tari <em>Aci Dehe </em>yang dipentaskan untuk mendapatkan evaluasi dan mengadakan perubahan-perubahan pada karya. Tari <em>Aci Dehe </em>menggunakan 6 orang penari wanita dengan iringan musik digital FL Studio, dan pementasan dilakukan secara langsung di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar.&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em> : Aci Dehe, kreasi, Tari Rejang Lilit.</em></p> 2023-11-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ni Made Eka Sanisca Dewi, Ida Ayu Wimba Ruspawati, I Ketut Sutapa