PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI TEKNIK VOKAL CHEST VOICE DI AMABILE MUSIC STUDIO

Penulis

  • Reldegundis Yemina Mehan Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ketut Sumerjana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Wayan Suweca Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/melodious.v1i2.2177

Kata Kunci:

pembelajaran, diferensiasi, teknik vokal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran vokal melalui pendekatan diferensiasi. Metode penelitian ini merupakan studi literatur berdasarkan buku dan jurnal ilmiah yang membahas penerapan diferensiasi pembelajaran. Data yang diperoleh dari studi literatur digunakan sebagai referensi yang bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui pendekatan differentiated learning dan dampak pendekatan differentiated learning bagi guru dan siswa vokal dalam mata kuliah musik. Pembelajaran diferensiasi adalah pembelajaran yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa berdasarkan kesiapan belajar siswa, profil belajar siswa, gaya belajar siswa, minat dan bakat. Pembelajaran diferensiasi dilakukan dengan beberapa cara, yaitu diferensiasi isi atau materi yang dipahami, diferensiasi proses, dan diferensiasi hasil atau produk. Hasil analisis pendekatan differentiated learning pada materi teknik suara dada vokal untuk melihat hasil belajar siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-10

Cara Mengutip

Mehan, R. Y., Sumerjana, K., & Suweca, I. W. (2023). PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI TEKNIK VOKAL CHEST VOICE DI AMABILE MUSIC STUDIO. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 2(1), 74–84. https://doi.org/10.59997/melodious.v1i2.2177

Terbitan

Bagian

Articles