ANALISIS PENYUSUNAN SILABUS PEMBELAJARAN GITAR KLASIK YANG BERORIENTASI PADA PESERTA DIDIK DI AMABILE MUSIC STUDIO, DENPASAR, BALI

Penulis

  • Yngwie McCuaren Lee Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Wayan Ardini Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Guntur Eko Prasetyo Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/melodious.v1i2.2179

Kata Kunci:

pembelajaran, silabus, gitar klasik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan silabus pembelajaran gitar klasik yang berorientasi pada peserta didik di Amabile Music Studio, Denpasar, Bali. Sampel Penelitian ini adalah peserta didik pembelajaran gitar klasik di Amabile Music Studio, Denpasar, Bali. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan Quota Sampling yang menghasilkan sebanyak 4 orang peserta didik yang memenuhi kriteria sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada Komang Wisnu sebagai tenaga didik, Justina Tjandra selaku pemilik Amabile Music Studio dan observasi terhadap peserta didik di kelas pembelajaran gitar klasik, serta studi literatur terhadap berbagai sumber bacaan dan media daring. Hasil penelitian terhadap peserta didik menunjukkan bahwa setiap peserta didik memiliki silabus yang berbeda sesuai dengan kemauan, kemampuan, kebutuhan dan keinginan masing-masing peserta didik. Adapun kriteria dari penyusunan silabus pembelajaran gitar klasik ialah a) mengandung kaidah, aturan dan unsur-unsur yang terdapat dalam teori musik klasik barat, baik pada penerapan permainan maupun materi pembelajarannya, b) memiliki tingkat kesulitan yang menyerupai tingkat kesulitan setiap grade pada silabus pembelajaran gitar klasik ABRSM dan c) memaksimalkan karya-karya instrumental gitar klasik, baik klasik tradisional maupun klasik modern. Capaian dari pembelajaran gitar klasik ialah peserta didik mampu mengikuti dan memahami materi yang disampaikan oleh tenaga didik. Amabile Music Studio mengacu pada kurikulum ABRSM untuk pembelajarannya, namun bersifat fleksibel dalam penyusunan dan penerapan silabus pembelajaran gitar klasik kepada peserta didik. Selain silabus, peran tenaga didik juga berpengaruh sebagai orang yang membentuk peserta didik melalui pemberian silabus yang telah disusun.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-10

Cara Mengutip

Lee, Y. M., Ardini, N. W., & Prasetyo, G. E. (2023). ANALISIS PENYUSUNAN SILABUS PEMBELAJARAN GITAR KLASIK YANG BERORIENTASI PADA PESERTA DIDIK DI AMABILE MUSIC STUDIO, DENPASAR, BALI. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 2(1), 85–100. https://doi.org/10.59997/melodious.v1i2.2179

Terbitan

Bagian

Articles