TRAUMA

Penulis

  • Santa Darell Fido Sinaga Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Komang Darmayuda Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Desak Made Suarti Laksmi Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3090

Kata Kunci:

trauma, musik modern, metode, bagian

Abstrak

TRAUMA merupakan sebuah karya komposisi musik yang dibuat berdasarkan keresahan orang terdekat penggarap namun berdampak ke penggarap sendiri. Karya komposisi musik ini dibuat dengan format band dan didukung oleh vokal dan strings. Penggarap ingin melakukan penggunaan microphone kedalam efek vokal  yaitu delay dan reverb, untuk menciptakan suara gaung yang dihasilkan dari suara penggarap sendiri yang menginterpretasikan suasana kelam yang dialami. Karya komposisi TRAUMA ini merupakan sebuah karya musik yang berdasarkan pengalaman empiris orang terdekat penggarap. Karya komposisi Trauma memiliki tiga bagian, yaitu: bagian pertama yang merealisasikan tentang awal mulanya rasa trauma itu muncul, bagian kedua yang merealisasikan tentang bagaimana rasa trauma itu menjadi semakin kuat sampai ia kehilangan jati dirinya, dan bagian ketiga yang menginterpretasikan tentang bagaimana orang terdekat mulai perlahan mencoba menghilangkan rasa trauma tersebut, dan perlahan untuk mencoba mencari jati diri nya kembali. Setiap bagian ditandai dengan adanya pergantian tempo. Untuk menciptakan komposisi Trauma, penggarap mengarah pada satu metode penciptaan yang ditulis oleh  SP. Gustami, yaitu: Pertama, tahap eksplorasi yang meliputi  pengamatan, dan pencarian sumber pustaka. Kedua, tahap perancangan yaitu membuat beberapa sketsa, dan pembuatan gambar teknik. Tahap ketiga, perwujudan yaitu proses pembentukan, dan dilanjutkan penilaian dan evaluasi karya yang telah jadi.

Referensi

Aprico, Kevin. (2022). XIN. Denpasar: Institut Seni Indonesia Denpasar.

Balawan Music Training Centre. BMTC. Diakses pada 4 Juli 2023, dari http://www.bmtc.school/

Belanikha, Agnes Tika Setiarini, & Mardian Bagus Prakosa. (2023). ‘Pengaruh Penggunaan Teknik Belting Terhadap Penguatan Makna Metafora Lirik Lagu’, Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, Vol. 1, no. 3, hh. 132-140. (https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA/article/view/10353/3232)

Bintarto, A Gathut. (2014). Aspek Olah Vokal Musik Klasik Barat pada Musik Populer, Journal of Urban Society’s Arts, Vol 1 No 1.

Gustin Tri Midde Pardede, Agnes Tika Setiarini, Suryati Suryati. (2023). ‘Penerapan Teknik Vokal Belting Pada Lagu“Kisah Sempurna” Karya Mahalini Raharja’, Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, Vol. 17, No. 1, pp. 385-390. (https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA/article/view/9219/2996)

Prier, Karl-Edmund. (1996). Ilmu Bentuk Musik, Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Strube, Gustav. (2016). The Theory and The Use of Chord A Text-Book of Harmony terjemahan oleh A. Gathut Bintaro T. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-05

Cara Mengutip

Sinaga, S. D. F., Darmayuda, I. K., & Laksmi, D. M. S. (2024). TRAUMA. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3090

Terbitan

Bagian

Articles