TRAUMA
DOI:
https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3090Kata Kunci:
trauma, musik modern, metode, bagianAbstrak
TRAUMA merupakan sebuah karya komposisi musik yang dibuat berdasarkan keresahan orang terdekat penggarap namun berdampak ke penggarap sendiri. Karya komposisi musik ini dibuat dengan format band dan didukung oleh vokal dan strings. Penggarap ingin melakukan penggunaan microphone kedalam efek vokal yaitu delay dan reverb, untuk menciptakan suara gaung yang dihasilkan dari suara penggarap sendiri yang menginterpretasikan suasana kelam yang dialami. Karya komposisi TRAUMA ini merupakan sebuah karya musik yang berdasarkan pengalaman empiris orang terdekat penggarap. Karya komposisi Trauma memiliki tiga bagian, yaitu: bagian pertama yang merealisasikan tentang awal mulanya rasa trauma itu muncul, bagian kedua yang merealisasikan tentang bagaimana rasa trauma itu menjadi semakin kuat sampai ia kehilangan jati dirinya, dan bagian ketiga yang menginterpretasikan tentang bagaimana orang terdekat mulai perlahan mencoba menghilangkan rasa trauma tersebut, dan perlahan untuk mencoba mencari jati diri nya kembali. Setiap bagian ditandai dengan adanya pergantian tempo. Untuk menciptakan komposisi Trauma, penggarap mengarah pada satu metode penciptaan yang ditulis oleh SP. Gustami, yaitu: Pertama, tahap eksplorasi yang meliputi pengamatan, dan pencarian sumber pustaka. Kedua, tahap perancangan yaitu membuat beberapa sketsa, dan pembuatan gambar teknik. Tahap ketiga, perwujudan yaitu proses pembentukan, dan dilanjutkan penilaian dan evaluasi karya yang telah jadi.
Referensi
Aprico, Kevin. (2022). XIN. Denpasar: Institut Seni Indonesia Denpasar.
Balawan Music Training Centre. BMTC. Diakses pada 4 Juli 2023, dari http://www.bmtc.school/
Belanikha, Agnes Tika Setiarini, & Mardian Bagus Prakosa. (2023). ‘Pengaruh Penggunaan Teknik Belting Terhadap Penguatan Makna Metafora Lirik Lagu’, Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, Vol. 1, no. 3, hh. 132-140. (https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA/article/view/10353/3232)
Bintarto, A Gathut. (2014). Aspek Olah Vokal Musik Klasik Barat pada Musik Populer, Journal of Urban Society’s Arts, Vol 1 No 1.
Gustin Tri Midde Pardede, Agnes Tika Setiarini, Suryati Suryati. (2023). ‘Penerapan Teknik Vokal Belting Pada Lagu“Kisah Sempurna” Karya Mahalini Raharja’, Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, Vol. 17, No. 1, pp. 385-390. (https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA/article/view/9219/2996)
Prier, Karl-Edmund. (1996). Ilmu Bentuk Musik, Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
Strube, Gustav. (2016). The Theory and The Use of Chord A Text-Book of Harmony terjemahan oleh A. Gathut Bintaro T. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Santa Darell Fido Sinaga, I Komang Darmayuda, Desak Made Suarti Laksmi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.