METODE SUZUKI DALAM PEMBELAJARAN BIOLA DI SANGGAR MUSIK AMABILE

Penulis

  • Bunga Flamboyan Kirana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Wayan Ardini Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Wahyu Sri Wiyati Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3102

Kata Kunci:

metode suzuki, pembelajaran biola, pelatihan pendengaran

Abstrak

Observasi ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa penting penerapan metode Suzuki dalam kelas biola di sanggar musik amabile, keunggulan dan kendala apa saya yang dialami selama proses pembelajaran berlangsung serta manfaat apa saja yang murid dapatkan dari penggunaan metode Suzuki dalam proses pembelajaran biola. Selain itu penulis ingin para pengajar musik khususnya biola dapat mengenal apa dan bagaimana metode Suzuki dalam penggunaanya dalam proses pembelajaran biola. Metode Suzuki adalah metode pengajaran instrumen yang diciptakan oleh Shinichi Suzuki. Metode Suzuki ini lebih mengutamakan pelatihan pendengaran dibandingkan membaca repertoar lagu. Sejak awal pembelajaran, murid tidak akan diajarkan membaca terlebih dahulu. Dari hasil observasi dapat disimpulkan bahwa metode Suzuki sangat penting digunakan pada proses pembelajaran biola di Sanggar Musik Amabile karena metode ini terbukti cukup efektif membantu para murid dapat memainkan lagunya dengan baik dan menggunakan teknik yang benar. Beberapa manfaat yang didapatkan murid saat menggunakan metode Suzuki ini adalah pelatihan pendengaran yang baik sehingga murid dapat menganalisa nada lebih baik, postur badan yang baik dan benar saat bermain biola, serta daya ingat yang kuat karena pengulangan yang konstan. Serta beberapa keunggulan yang dimiliki oleh metode Suzuki sendiri adalah pelatihan atau pembelajaran yang cukup detail, pola penjarian hingga pembagian bow semuanya diatur dalam metode Suzuki, lagu-lagu yang ada dalam buku Suzuki juga terdengar familiar dan menyenangkan. Terdapat tiga kendala dalam penggunaan metode Suzuki yakni keterlambatan kemampuan membaca partitur, minimnya partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran murid di institusi serta beberapa murid hanya menghafal pola penjarian tanpa mengetahui nada apa yang dimainkan.

Referensi

Agustina, S. G., 2018. Penerapan Metode Suzuki dalam Pembelajaran Violin Tingkat di Rhythm Star Music School Yogyakarta, Yogyakarta: s.n.

Bagas Eka, M. M., 2017. Pembelajaran Biola dengan Metode Suzuki pada Anak Usia Dini, Semarang: s.n.

Dewi, N. M. P., 2023. Pembelajaran Biola pada Repertoar Minuet 2 Karya J.S. Bach di Amabile Musik Studio, Denpasar: s.n.

Hamzah, H., 2012. Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik, Jakarta: s.n.

Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M., 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suzuki Association of the Americas, 2023. About the Suzuki Method. [Online] Available at: https://suzukiassociation-org

Suzuki, S., 2009. Suzuki Violin School Volume 1. International ed. USA: Alfred Music

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-05

Cara Mengutip

Kirana, B. F., Ardini, N. W., & Wiyati, W. S. (2024). METODE SUZUKI DALAM PEMBELAJARAN BIOLA DI SANGGAR MUSIK AMABILE. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3102

Terbitan

Bagian

Articles