PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL MELALUI LAGU ENGGUNG KEPADA PESERTA DIDIK PADUAN SUARA DI SMP NEGERI 8 DENPASAR

Penulis

  • Vivi Anita Siregar Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ketut Sumerjana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Wahyu Sri Wiyati Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3106

Kata Kunci:

pembelajaran, teknik vokal, paduan suara

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat penguasaan teknik vokal peserta didik paduan suara di SMP Negeri 8 Denpasar. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk memaparkan proses penerapan pembelajaran teknik vokal pada lagu Enggung dan untuk meningkatkan teknik vokal peserta didik paduan suara SMP Negeri 8 Denpasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu melalui metode wawancara, studi dokumen, dan observasi. Subjek penelitian merupakan peserta didik yang terdaftar sebagai anggota ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 8 Denpasar. Target capaian dalam kegiatan pembelajaran vokal adalah meningkatnya teknik vokal dalam membawakan lagu Enggung, sehingga para peserta didik dapat memahami dan menerapkan materi yang disampaikan dengan baik oleh pengajar. Pengamatan terhadap para peserta didik menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah yang disebabkan oleh waktu dan daya tangkap belajar murid, seperti : Daya tangkap belajar peserta didik yang kurang sehingga peserta didik kesulitan mempraktikkan langsung materi yang sudah diberikan, keterbatasan waktu sehingga ilmu yang diterima tidak dapat direalisasikan secara maksimal, serta kurangnya latihan.

Referensi

Aley, R. (2010). Intisari Pintar Olah Vokal. Yogyakarta: FlashBooks.

Ali, M. (2006). Teknik-teknik Vokal. Bandung: Sinar Baru.

Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.

Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT. Gramedia.

Soeharto, M. (1992). Kamus Musik. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Soewito. (1996). Teknik Termudah Belajar Vokal. Bandung: Titik Terang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-05

Cara Mengutip

Siregar, V. A., Sumerjana, K., & Wiyati, W. S. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL MELALUI LAGU ENGGUNG KEPADA PESERTA DIDIK PADUAN SUARA DI SMP NEGERI 8 DENPASAR. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3106

Terbitan

Bagian

Articles