EFEKTIVITAS PENERAPAN SILABUS YANG BERORIENTASI PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GITAR DI SANGGAR MUSIK AMABILE

Penulis

  • Made Tri Novenayani Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ketut Sumerjana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Wahyu Sri Wiyati Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3108

Kata Kunci:

silabus, efektivitas, pembelajaran gitar, sanggar musik amabile

Abstrak

Sanggar Musik Amabile merupakan salah satu contoh tempat kursus di Bali yang mengadakan pembelajaran instrumen gitar dengan perencanaan pembelajaran dalam bentuk silabus. Silabus tersebut disusun berdasarkan kurikulum ABRSM yang disesuaikan terhadap kemampuan, kebutuhan dan minat peserta didik untuk mencapai pembelajaran yang efektif dengan hasil yang maksimal. Untuk mengetahui efektivitas penerapan silabus tersebut, maka dilakukan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui asistensi mengajar dalam bentuk kegiatan observasi dan dilengkapi dengan kegiatan wawancara. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa walaupun mengalami beberapa hambatan seperti : (1) Kurangnya kedisiplinan peserta didik dalam latihan mandiri, (2) Keinginan peserta didik untuk mempelajari lagu yang belum sesuai dengan grade, (3) Kurangnya konsentrasi peserta didik saat pembelajaran, (4) Adanya kemauan peserta didik yang tidak dapat dipaksakan, penerapan silabus yang berorientasi pada peserta didik dalam pembelajaran gitar di Sanggar Musik Amabile telah efektif karena ditemukannya kesesuaian antara perencanaan pembelajaran dengan penerapannya di kelas serta adanya sebagian besar tujuan pembelajaran yang telah tercapai.

Referensi

Ardipal. (2016). Sekitar Teori Seni dan Seni Musik: Korelasi Seni dengan Pendidikan dan Sosial-Budaya. Padang: Berkah Prima.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik : Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.

Lee, Y. M. (2023). Analisis Penyusunan Silabus Pembelajaran Gitar Klasik Yang Berorientasi Pada Peserta Didik Di Amabile Music Studio, Denpasar, Bali. Melodious : Journal of Music, 2. Diunduh 1 September 2023 dari https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2179/803.

Negara, Komang Pande Wisnu (30 th.), Instruktur gitar Sanggar Musik Amabile, wawancara tanggal 6 Oktober 2023 di Institut Seni Indonesia Denpasar, Denpasar, Bali.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group Jakarta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-05

Cara Mengutip

Novenayani, M. T., Sumerjana, K., & Wiyati, W. S. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN SILABUS YANG BERORIENTASI PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GITAR DI SANGGAR MUSIK AMABILE. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 3(1), 51–59. https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3108

Terbitan

Bagian

Articles