PEMILIHAN LAGU PADA PEMBELAJARAN VOKAL ANAK-ANAK

DI SANGGAR MUSIK AMABILE

Penulis

  • Elthon Oktavian Ariswanto Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ricky Irawan Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Desak Made Suarti Laksmi Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/melodious.v3i2.3140

Kata Kunci:

pembelajaran vokal, anak-anak, materi lagu

Abstrak

Program kegiatan MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka, menuntun mahasiswa dalam mengimplementasikan sebuah proses pembelajaran sesuai dengan minat yang didalami dan ilmu pengetahuan dalam observasi atau praktik lapangan dalam program Asistensi Mengajar. Dalam program Asistensi Mengajar, terlaksana sebuah pembelajaran vocal khususnya atau bernyanyi. Pembelajaran vocal ini dilaksanakan  di Sanggar Musik Amabile  yang berfokus pada pemilihan materi lagu pada anak-anak. Pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemilihan materi lagu pada anak, bagaimana penerapan teknik pada materi lagu yang dipelajari, dan apa saja kendala yang terjadi pada proses pemilihan materi lagu. Diangkatannya topik ini kedalam penulisan agar masyarakat luas mengetahui bagaimana proses penerapan pembelajaran vocal khususnya dalam mempersiapkan materi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah obersvasi, pengamatan, serta wawancara terhadap narasumber. Hasil dari pembelajaran ini mencakup tentang proses mempersiapkan materi ajar, perkembangan serta penerapan teknik murid dalam bernyanyi, dan proses pembelajaran dari materi lagu yang diberikan oleh insruktur.

Referensi

Asmoro, Ari (2014). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Vokal dengan Menerapkan Metode Solfegio, Jurnal Penelitian Pendidikan, Pemalang.

Benny, Agusti Karel Jascha (2020). Pembelajaran Vokal Grade 1 di Bina Vokalia Bali, Jurnal Program Studi S-1 Pendidikan Musik, Yogyakarta.

Hamzah, Hawib (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik, Journal UINSI, Jakarta.

Indrajaya, Helarius Daru (2017). Metode Pembelajaran Vokal di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul, Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Semarang.

Mehan, Reldegundis Yemina (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Teknik Vokal Chest Voice di Amabile Music Studio, Melodious: Journal Of Music, Denpasar.

Noviaridha, Utami (2019). Pembelajaran Vokal di Lembaga Kursus Ethnictro Music Education Yogyakarta, Jurnal Tugas Akhir Program Studi S1 Musik, Yogyakarta.

Putra, Cahyo Sukrisno (2015). Pembelajaran Vokal dengan Metode Solfegio Pada Paduan Suara Gracia Gitaswara di GKJ Cilacap Utara Kabupaten Cilacap, Jurnal Seni Musik Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Santrock, J. W. (2019). Life-Span Development (17th ed.), McGraw-Hill Education, New York.

Sari, A.Rahmadani Datu (2019). Pelatihan Teknik Vokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Pada Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Paduan Suara SMA Negeri 13 Bone, Eprints Repository Software Universitas Negeri Makasar, Makasar.

Tida, Bella Elmar Putri & Setyo Yanuartuti (2020). Buku Suplemen Pembelajaran Vokal Untuk Tirando Music Education, Jurnal Pendidikan Sendratasik, Surabaya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-17

Cara Mengutip

Ariswanto, E. O., Irawan, R., & Laksmi, D. M. S. (2024). PEMILIHAN LAGU PADA PEMBELAJARAN VOKAL ANAK-ANAK: DI SANGGAR MUSIK AMABILE. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 3(2), 148–158. https://doi.org/10.59997/melodious.v3i2.3140