PROSES PEMBELAJARAN VOKAL GRUP
DALAM UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK VOKAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMPN 8 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.59997/melodious.v3i2.3248Kata Kunci:
pembelajaran musik, teknik vokal, vokal grupAbstrak
Implementasi kurikulum MBKM harus dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi dan program studi. SMP Negri 8 Denpasar didirikan pada tahun 2006 sebagai Upaya menjadikan Denpasar sebagai kota pendidik sekaligus menjawab perkembangan kota Denpasar. SMP Negeri 8 Denpasar merupakan sekolah menengah pertama negeri yang melayani pengajaran jenjang pendidikan SMP di Kota Denpasar. Adapun pelajaran yang diberikan meliputi semua mata Pelajaran wajib sesuai kurikulum yang berlaku. SMP Negeri 8 Denpasar memiliki staf pengajar guru yang kompeten pada bidang pelajarannya sehingga berkualitas dan menjadi salah satu yang terbaik di Kota Denpasar. Tersedia juga berbagai fasilitas sekolah seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, lapangan olahraga, kantin dan lainnya. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk melakukan program MBKM yang diperlukan oleh kampus berupa kegiatan Asistensi Mengajar di satuan Pendidikan untuk mendapatkan pengalaman di lapangan menjadi seorang guru. Penyusunan skripsi yang menggunakan metode sintaks dan kooperatif dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian tahapan, yaitu tahap persiapan (preparation), tahap penyampaian (presentation), tahap pelatihan (practice), dan tahap penampilan (performance). Pada proses pembelajaran meliputi kegiatan membuka Pelajaran sampai menutup pelajaran. Kegiatan awal yaitu memberikan gambaran umum mengenai materi yang akan diberikan penulis kepadasiswa/siswi. Adapun kegiatan pada akhir pembelajaran yaitu menyimpulkan hasil pembelajaran dan pemberian apresiasi atau penghargaan kepadasiswa. Pembelajaran vokal grup dan Teknik vokal di sekolah ini menggunakan metode Demonstrasi dan metode Ceramah. Hal ini bertujuan untuk menerapkan metode baru agar pembelajaran musik di SMPN 8 Denpasar semakin efektif.
Referensi
Alley, & ririe. (2010). Intisari Pintar Olah Vokal. Yogyakarta: FlashBooks.
Astara., A. P. (2023, desember 6). Dua Inovasi Disdikpora Kota DenpasarRaih Penghargaan di Kompetisi Inovasi Perangkat Daerah. p. 2.
Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran . Yogyakarta: Gaya Media.
Djohan, A. J. (2016). Manajemen & Strategi Pembelian. Malang: Media Nusa Creative.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.
KRISTANTO. (2020). BENTUK PEMBELAJARAN VOKAL SECARA DARING. JURNAL PENELITIAN DAN PENGKAJI SENI, 28.
lilf Khoiru Ahmad, S. M. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: Pretasi Pustaka.
Nur, G. D. (2014). Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan . Jawa Barat: Universitas Pendidikan Indonesia.
Paramayuda, Y. (2010). Buku Pintar Olah Vokal . Jogjakarta: BUKUBIRU.
Prof. Dr. Hamruni, M. (2011). Strategi pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Soeharto, M. (1982). Membina Paduan Suara dan Grup Vokal. Jakarta: PT Gramedia.
Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. . Jakarta: Buku Seru.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Maria Fransiska Gandu, Ketut Sumerjana, Desak Made Suarti Laksmi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.