Pengembangan Bahan Ajar Trio Gitar Akustik Pada Siswa Gitar Debeat Music Course Melalui Aransemen Lagu Goak Maling
DOI:
https://doi.org/10.59997/melodious.v4i1.5114Kata Kunci:
pengembangan bahan ajar, aransemen, trio gitar akustikAbstrak
Materi pembelajaran instrumen gitar secara berkelompok di DeBeat Music Course pada saat ini belum diterapkan dalam proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran secara berkelompok tidak hanya meningkatkan musikalitas siswa tapi juga menumbuhkan kecerdasan sosial kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan sosial anak melalui penerapan pembelajaran yang kooperatif melalui permainan trio gitar lagu Goak Maling. Metode yang digunakan dalam penelitian terapan ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian meliputi, yaitu DeBeat Music Course, dan responden, yaitu tiga siswa gitar DeBeat Music Course. Karya aransemen lagu Goak Maling mengacu pada tiga tahap dalam metode penciptaan karya, yaitu eksplorasi, improvisasi, dan eksekusi. Aransemen Lagu Goak Maling menggunakan konsep musik hibrid dengan menggabungkan idiom musik tradisional Bali dan idiom musik Barat, yang terdiri dari tiga bagian utama dengan bagian-bagian yang terbagi-bagi, memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk proses pembelajaran.
Referensi
Astuti, K. S. (2003). Pembelajaran Ansambel Musik Mempersiapkan Anak Didik Memasuki Masyarakat Multikultural. Cakrawala Pendidikan, Yogyakarta.
Djohan. (2009). Musical Ability As a Mean Of Social Skills. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta.
Lorenzo M, Steven R, Sentinuwo, Virginia Tulenan. (2016). Sistem Monitoring Kognitif,Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android. E-journal Teknik Informatika, Volume 9, No 1. Minahasa.
Nurmia Evasanti, A. K. (2015). Bermain Musik Ansambel dan Perilaku Asertif dalam Belajar Sight Reading. Gadjah Mada Journal Of Psychology, Yogyakarta.
Permadi, I. B. (2021). Adaptasi Pengembangan PolaKotekanGamelanBali dalam Permainan Gitar Klasik. Journal of Music Science, Technology, and Industry, Denpasar.
Putu Sandra Devindriati Kusuma, N. M. (2022). Musik dan Gerak: Pendidikan Seni bagi Anak Usia Dini. Journal of Music Science, Technology, and Industry, Denpasar.
Soeharto, M. (1992). Enslikopedi Musik Jilid 1. Cipta Abadi Pustaka, Jakarta.
Sudarsono, R. (2001). Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa.Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI), Bandung.
Widyastuti,R. (2022) Kemampuan Psikomotor Dalam Memainkan Alat Musik Melalui Metode Demonstrasi Siswa. Jurnal Dieksis ID Vol 2 No 1, Madiun.
Yasin, Z. (2013) Efektivitas Pengembangan Ranah Afektif Melalui Penggunaan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal At-Tajdid, Gorontalo.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Komang Bagus Bala Surya Namaskara, Ketut Sumerjana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.