Proses Pembelajaran Musikalitas Vokal Anak-Anak Di Sanggar Musik Amabile

Penulis

  • Herlina Kristina Yohana Tambunan Institut Seni Indonesia Bali
  • Ketut Sumerjana Institut Seni Indonesia Bali
  • Desak Made Suarti Laksmi Institut Seni Indonesia Bali

DOI:

https://doi.org/10.59997/melodious.v4i1.5119

Kata Kunci:

musikalitas, pengembangan kognitif, psikomotorik, vokal warm-up

Abstrak

Bernyanyi dapat meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan penghafalan kosakata (artikulasi), dan meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Musikalitas vokal berunjuk pada kemampuan vokal seseorang untuk menggunakan suara mereka dalam bernyanyi. Karakteristik musikal sangat penting dalam mengembangkan bakat vokal anak, hal ini dapat membantu anak untuk lebih cepat mengembangkan bakat vokal yang telah dimiliki sebelumnya. musikalitas vokal anak dapat membangun fondasi yang kokoh bagi pengembangan kognitif yang melatih aktivitas berpikir anak dengan mampu meningkatkan pemahaman pola pikir anak, dan perkembangan     psikomotorik yang melatih pergerakan tubuh bisa membuat anak berekspresi saat bernyanyi. Tahapan pembelajaran yang dapat digunakan termasuk mempersiapkan vokal warm-up dan memilih lagu yang sesuai dengan gaya musikalitas bernyanyi anak.

Referensi

Agustianto. (2015) Kontribusi Prinsip- Prinsip Pengajaran Dalam Praktik Instrumen Musik Gesek, Jurnal Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni: Universitas Negeri Yogyakarta.

Andita, Cahyo. (2019) Pengaruh penggunaan musik terhadap konsentrasi belajar anak sekolah dasar, Jurnal Ilmu pendidikan: Sumatra barat.

Astuti. Setyaning Kun. (2023) Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Modulasi sebagai Stimulasi Kepekaan Musikalitas Anak. Universitas Negri Yogyakarta: Indonesia.

Dirlanudin. (2006), Pengembangan bakat kreativitas anak, jurnal teknodik.kemindkbud.go.id.

Djohan. (2009), kemampuan musikalitas sebagai sarana pengembangan keterampilan sosial, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Gathut. Bintaro (2014), Aspek olah vokal musik classic barat pada musik popular, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Jerry Achmad Fauzi. (2021), Pembelajaran vokal grup pada remaja di bina seni vokal, Universitas Pendidikan Indonesia.

Laksmi. Desak Made Suarti. (2021) Imba Kidung Yadnya (Dharmagita). Sanggar Seni Citta Usadhi Kabupaten Badung Mangupura.

Laksmi. Desak Made Suarti. (2021) Pemahaman Dan Strategi Pembinaan Kidung Keagungan Hindu Di Kota Denpasar. 2022 Pemahaman dan Strategi Pembinaan Kidung Keagamaan Hindu di Kota Denpasar. Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar bekerja sama dengan Sanggar Seni Citta Usadhi Kabupaten Badung.

Melanie L. Pitone, MD.. (2021), Suara anak yang berubah (Suara Anak Anda yang Berubah (untuk Orang Tua) | Nemours KidsHealth).

Polin, Josephine. (2020), The Implementation of Voice Exercises for the Occupational Voice Users in Indonesia. Jurnal Seni Musik, Universitas Pelita Harapan.

Razak, Dita. (2024), Menekan tindak kekerasan pada anak, jurnal Institut Seni Indonesia Denpasar.

Setyawati. Zuly Indah. (2021), Strategi Pembelajaran Vokal Untuk Anak-Anak di Purwacaraka Music Studio Margorejo Surabaya, fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Surabaya.

Tambunan, Jubelando. (2021), Teknik Vokal Dalam Menyanyikan Buku Ende Bagi Song Leader Di Gereja HKBP Sukadame Pematangsiantar, Gongdang : Jurnal Seni Dan Budaya, Universitas Efarina, Indonesia

Winda Gunarti. (2008), Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini. Jakarta; Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-09

Cara Mengutip

Tambunan, H. K. Y., Sumerjana, K., & Laksmi, D. M. S. (2025). Proses Pembelajaran Musikalitas Vokal Anak-Anak Di Sanggar Musik Amabile. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 4(1), 65–73. https://doi.org/10.59997/melodious.v4i1.5119