MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious <p><strong>Melodious : Journal of Music</strong> adalah media ilmiah yang menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, estetika, dan industri musik dalam kaitannya dengan penggunaannya di masyarakat. Jurnal Melodious diterbitkan dengan fokus pada filosofi, estetika, konsep, dan teori musik; analisis dan genre musik; pendidikan dan pembelajaran musik; sejarah dan entitas musik yang bersifat spesifik dan/atau umum, tradisional dan/atau modern, lokal dan/atau global; aplikasi, praktik, pertunjukan, dan teknologi musik; produksi, distribusi, dan konsumsi dalam industrialisasi musik; antropologi, sosiologi, dan psikologi musik.</p> <p>Terbit secara berkala setiap <strong>6 bulan 1 kali</strong>, pada bulan <strong>April</strong> dan <strong>Oktober</strong>.</p> <p>E-ISSN : 2964-4925<br /><strong>Diterbitkan oleh</strong> UPT Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar, Bali, Indonesia.<br /><strong>Dikelola oleh</strong> <strong><a title="Program Studi Musik" href="https://isi-dps.ac.id/program-studi-seni-musik/" target="_blank" rel="noopener">Program Studi Musik</a></strong>, Institut Seni Indonesia Denpasar, Bali, Indonesia.</p> id-ID [email protected] (Ketut Sumerjana) [email protected] (Ketut Sumerjana) Fri, 05 Apr 2024 14:01:10 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 DISONANSI NADA DALAM HARMONI MUSIK MEDITASI: https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3277 <p>Musik memiliki peran utama dalam menyampaikan pesan dan ungkapan perasaan bahkan menjadi pelarian dari kehidupan sehari-hari. Dalam konteks pembuatan musik barat, pada umumnya kompleksitas dianggap sebagai tolak ukur nilai suatu karya musik. Namun, karya ini bertujuan membuka pandangan baru bahwa keindahan terdapat dalam musik yang sederhana. Inspirasi diambil dari musik meditasi, sebuah wacana yang menciptakan refleksi dan kotemplasi melalui medium musik. Musik meditasi sebagai sarana untuk mencari ketenangan dan keseimbangan mental dapat mempengaruhi pendengar secara fisik, spiritual, dan emosional. Penelitian ini menjelajahi disonansi nada dalam harmoni musik meditasi sehinga menghadirkan pemikiran baru mengenai elemen musikal serta mengintegrasikan prinsip-prinsip Zen Buddhism, khususnya konsep satori sebagai esensi zen yang mencerminkan ajaran pencarian pencerahan. Harapannya, karya ini tidak hanya memperkaya pengalaman pendengaran, tetapi juga memberikan dukungan dalam perjalanan individu mencari ketenangan di tengah kekacauan kehidupan sehari-hari.</p> Kadek Ayu Neesha Abigail A., I Komang Darmayuda Hak Cipta (c) 2024 Kadek Ayu Neesha Abigail A., I Komang Darmayuda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3277 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 PEMBELAJARAN VOKAL UNTUK MENCAPAI KETEPATAN NADA DALAM MEMBACA PARTITUR PADUAN SUARA PADA EKSTRAKULIKULER VOKAL SMPN 8 DENPASAR https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3157 <p>Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Vokal Untuk Mencapai Ketepatan Nada Dalam Membaca Partitur Paduan Suara Pada Ektrakulikuler Vokal SMPN 8 Denpasar “, dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman murid dalam menyanyikan setiap notasi dengan baik dan benar. Dalam paduan suara, ketepatan nada seorang penyanyi adalah hal yang mutlak agar lagu yang dinyanyikan terdengar bagus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatan kepekaan terhadap nada melalui berbagai teknik vokal yang diberikan penulis. Terdapat salah satu teknik vokal yang menurut penulis perlu ditekuni dalam mencapai ketepatan nada yaitu teknik intonasi. Selain itu tidak cukup dengan mempelajari teknik vokal saja, akan tetapi perlu juga untuk mempelajari teori musik dasar dalam membaca partitur paduan suara. Teori musik yang dimaksud adalah membaca notasi angka atau solmisasi dengan baik dan benar, mengetahui nilai not angka tersebut dan juga memahami bagan lagu yang di nyanyikan. Metode pemebelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ceramah, metode diskusi, metode tanya – jawab, dan metode demonstrasi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, studi dokumen, dan obervasi secara langsung mengenai proses pembelajaran yang terjadi. Para murid kelas ekstrakulikuler vokal SMPN 8 Denpasar menjadi obejek penelitian. Target pencapaian yang diharapkan yaitu para murid mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.</p> Yorico Christy Ririmasse, I Komang Darmayuda, Desak Made Suarti Laksmi Hak Cipta (c) 2024 Yorico Christy Ririmasse, I Komang Darmayuda, Desak Made Suarti Laksmi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3157 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 HOME https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3130 <p>Karya <em>Home </em>merupakan eksplorasi emosional seorang penggarap musik saat menjalani perjalanan hidup di luar kota. Melalui pendekatan multidimensional, karya ini menggabungkan elemen-elemen musik modern, seperti funk dan jazz, untuk menciptakan komposisi yang autentik dan kaya nuansa. Eksperimen dengan instrumen bass yaitu memainkan bass dengan menggunakan botol kaca yang juga disebut <em>Glass Slider Technique</em>, menambahkan sentuhan unik dan personal pada karya ini. Inspirasi dari berbagai genre musik, termasuk funk dan rock, menciptakan keberagaman yang menjadi landasan keotentikan karya. <em>Home</em> bukan sekadar rangkaian nada, melainkan narasi emosional yang jujur tentang keresahan, kegelisahan, dan kegembiraan selama perjalanan hidup. Dengan sinergi harmoni disonan dan konsonan, karya ini mengundang pendengar untuk merasakan dan memahami perjalanan emosional yang mendalam dan penuh makna. Karya komposisi <em>Home </em>diharapkan dapat memberikan inspirasi pendengar untuk merasakan dan memahami perjalanan emosional yang mendalam. Dengan menggunakan pendekatan multidimensional, penggarap berharap karyanya dapat membuka ruang refleksi bagi pendengar, mengajak untuk mengeksplorasi beragam nuansa emosional dalam kehidupan.</p> Justine Roy Basza Haposan Hak Cipta (c) 2024 Justine Roy Basza Haposan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3130 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 EFEKTIVITAS PENERAPAN SILABUS YANG BERORIENTASI PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GITAR DI SANGGAR MUSIK AMABILE https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3108 <p>Sanggar Musik Amabile merupakan salah satu contoh tempat kursus di Bali yang mengadakan pembelajaran instrumen gitar dengan perencanaan pembelajaran dalam bentuk silabus. Silabus tersebut disusun berdasarkan kurikulum ABRSM yang disesuaikan terhadap kemampuan, kebutuhan dan minat peserta didik untuk mencapai pembelajaran yang efektif dengan hasil yang maksimal. Untuk mengetahui efektivitas penerapan silabus tersebut, maka dilakukan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui asistensi mengajar dalam bentuk kegiatan observasi dan dilengkapi dengan kegiatan wawancara. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa walaupun mengalami beberapa hambatan seperti : (1) Kurangnya kedisiplinan peserta didik dalam latihan mandiri, (2) Keinginan peserta didik untuk mempelajari lagu yang belum sesuai dengan grade, (3) Kurangnya konsentrasi peserta didik saat pembelajaran, (4) Adanya kemauan peserta didik yang tidak dapat dipaksakan, penerapan silabus yang berorientasi pada peserta didik dalam pembelajaran gitar di Sanggar Musik Amabile telah efektif karena ditemukannya kesesuaian antara perencanaan pembelajaran dengan penerapannya di kelas serta adanya sebagian besar tujuan pembelajaran yang telah tercapai.</p> Made Tri Novenayani, Ketut Sumerjana, Wahyu Sri Wiyati Hak Cipta (c) 2024 Made Tri Novenayani, Ketut Sumerjana, Wahyu Sri Wiyati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3108 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS PROSES PRODUKSI PROGRAM ACARA TALKSHOW SIARAN LANGSUNG BALI TV SAMATRA ARTIS BALI SEBAGAI WADAH PUBLIKASI KARYA MUSISI LOKAL https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3107 <p>Program siaran langsung Talkshow Samatra Artis Bali berhasil menjadi wadah bagi musisi lokal dalam mepublikasikan karyanya. Karena sebagai media televisi lokal Bali, Bali TV merupakan salah satu sumber media informasi yang mampu menanamkan nilai luhur budaya, serta mendukung para seniman lokal Bali. Sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penulis mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan progam Magang/Praktik Kerja yang dilaksanakan di Bali TV. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses produksi yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan Teknik observasi ke Bali Tv. Pengumpulan data dalam penyusunan skripsi ini didapatkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penulis berkesempatan secara langsung melihat bagaimana proses praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Pada penelitian yang dilakukan, tahapan proses praproduksi, tim produksi melakukan rapat internal penyusunan rundown. Pada tahap produksi, dilakukan <em>Live On-Air </em>berdurasi 1 jam. Dan di tahap pascaproduksi, tim melakukan evaluasi ada/tidaknya kendala yang terjadi saat program acara berlangsung. Suatu acara televisi tidak akan bisa berjalan lancar jika aktivitas di belakang layarnya tidak dikelola secara efektif. Dengan adanya skripsi ini, penulis mengharapkan agar pembaca khususnya masyarakat Bali baik seniman/penikmat seni dapat lebih mengapresiasi dan melestarikan hasil karya seni Budaya di Bali. Program Samatra Artis Bali membuat penulis lebih memahami pentingnya publikasi karya/ mengenalkan hasil karya lewat media Televisi.</p> Gracia Gandi Manggala Putri, Ricky Irawan, Ketut Sumerjana Hak Cipta (c) 2024 Gracia Gandi Manggala Putri, Ricky Irawan, Ketut Sumerjana https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3107 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL MELALUI LAGU ENGGUNG KEPADA PESERTA DIDIK PADUAN SUARA DI SMP NEGERI 8 DENPASAR https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3106 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat penguasaan teknik vokal peserta didik paduan suara di SMP Negeri 8 Denpasar. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk memaparkan proses penerapan pembelajaran teknik vokal pada lagu Enggung dan untuk meningkatkan teknik vokal peserta didik paduan suara SMP Negeri 8 Denpasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu melalui metode wawancara, studi dokumen, dan observasi. Subjek penelitian merupakan peserta didik yang terdaftar sebagai anggota ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 8 Denpasar. Target capaian dalam kegiatan pembelajaran vokal adalah meningkatnya teknik vokal dalam membawakan lagu Enggung, sehingga para peserta didik dapat memahami dan menerapkan materi yang disampaikan dengan baik oleh pengajar. Pengamatan terhadap para peserta didik menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah yang disebabkan oleh waktu dan daya tangkap belajar murid, seperti : Daya tangkap belajar peserta didik yang kurang sehingga peserta didik kesulitan mempraktikkan langsung materi yang sudah diberikan, keterbatasan waktu sehingga ilmu yang diterima tidak dapat direalisasikan secara maksimal, serta kurangnya latihan.</p> Vivi Anita Siregar, Ketut Sumerjana, Wahyu Sri Wiyati Hak Cipta (c) 2024 Vivi Anita Siregar, Ketut Sumerjana, Wahyu Sri Wiyati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3106 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS PENERAPAN METODE SISOLMI DALAM PEMBELAJARAN INSTRUMEN BIOLA BERBASIS CARA BELAJAR SISWA AKTIF DI BAVISCH MUSIC SCHOOL https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3105 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan sistem Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) ke dalam pembelajaran musik, khususnya pembelajaran instrumen biola. Sistem CBSA ini sudah ada sejak tahun 1984 dan digunakan di sekolah-sekolah formal seperi Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Pada Kasus ini, penggunaan sistem CBSA yang biasanya dilakukan di sekolah-sekolah formal, digunakan pada tempat kursus musik yaitu di Bavisch Music School. CBSA sendiri dapat digunakan pada semua rumpun Pendidikan seperti formal, informal, dan non formal. Namun, penerapan sistem CBSA ke Pendidikan non-formal khususnya pada pembelajaran musik biola, sedikit berbeda penerapannya dengan yang ada di sekolah formal. Pada umumnya, CBSA memfokuskan 3 aspek Pendidikan yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penerapannya dalam lingkup Pendidikan formal berbeda dengan di tempat kursus musik karena di tempat kursus musik jauh lebih banyak praktek, namun untuk materi juga sangat diperhatikan.</p> Buchenita Naomi Wardoyo, Ricky Irawan, I Komang Darmayuda Hak Cipta (c) 2024 Buchenita Naomi Wardoyo, Ricky Irawan, I Komang Darmayuda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3105 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 METODE SUZUKI DALAM PEMBELAJARAN BIOLA DI SANGGAR MUSIK AMABILE https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3102 <p>Observasi ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa penting penerapan metode Suzuki dalam kelas biola di sanggar musik amabile, keunggulan dan kendala apa saya yang dialami selama proses pembelajaran berlangsung serta manfaat apa saja yang murid dapatkan dari penggunaan metode Suzuki dalam proses pembelajaran biola. Selain itu penulis ingin para pengajar musik khususnya biola dapat mengenal apa dan bagaimana metode Suzuki dalam penggunaanya dalam proses pembelajaran biola. Metode Suzuki adalah metode pengajaran instrumen yang diciptakan oleh Shinichi Suzuki. Metode Suzuki ini lebih mengutamakan pelatihan pendengaran dibandingkan membaca repertoar lagu. Sejak awal pembelajaran, murid tidak akan diajarkan membaca terlebih dahulu. Dari hasil observasi dapat disimpulkan bahwa metode Suzuki sangat penting digunakan pada proses pembelajaran biola di Sanggar Musik Amabile karena metode ini terbukti cukup efektif membantu para murid dapat memainkan lagunya dengan baik dan menggunakan teknik yang benar. Beberapa manfaat yang didapatkan murid saat menggunakan metode Suzuki ini adalah pelatihan pendengaran yang baik sehingga murid dapat menganalisa nada lebih baik, postur badan yang baik dan benar saat bermain biola, serta daya ingat yang kuat karena pengulangan yang konstan. Serta beberapa keunggulan yang dimiliki oleh metode Suzuki sendiri adalah pelatihan atau pembelajaran yang cukup detail, pola penjarian hingga pembagian bow semuanya diatur dalam metode Suzuki, lagu-lagu yang ada dalam buku Suzuki juga terdengar familiar dan menyenangkan. Terdapat tiga kendala dalam penggunaan metode Suzuki yakni keterlambatan kemampuan membaca partitur, minimnya partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran murid di institusi serta beberapa murid hanya menghafal pola penjarian tanpa mengetahui nada apa yang dimainkan.</p> Bunga Flamboyan Kirana, Ni Wayan Ardini, Wahyu Sri Wiyati Hak Cipta (c) 2024 Bunga Flamboyan Kirana, Ni Wayan Ardini, Wahyu Sri Wiyati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3102 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 TRAUMA https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3090 <p>TRAUMA merupakan sebuah karya komposisi musik yang dibuat berdasarkan keresahan orang terdekat penggarap namun berdampak ke penggarap sendiri. Karya komposisi musik ini dibuat dengan format band dan didukung oleh vokal dan strings. Penggarap ingin melakukan penggunaan microphone kedalam efek vokal yaitu delay dan reverb, untuk menciptakan suara gaung yang dihasilkan dari suara penggarap sendiri yang menginterpretasikan suasana kelam yang dialami. Karya komposisi TRAUMA ini merupakan sebuah karya musik yang berdasarkan pengalaman empiris orang terdekat penggarap. Karya komposisi Trauma memiliki tiga bagian, yaitu: bagian pertama yang merealisasikan tentang awal mulanya rasa trauma itu muncul, bagian kedua yang merealisasikan tentang bagaimana rasa trauma itu menjadi semakin kuat sampai ia kehilangan jati dirinya, dan bagian ketiga yang menginterpretasikan tentang bagaimana orang terdekat mulai perlahan mencoba menghilangkan rasa trauma tersebut, dan perlahan untuk mencoba mencari jati diri nya kembali. Setiap bagian ditandai dengan adanya pergantian tempo. Untuk menciptakan komposisi Trauma, penggarap mengarah pada satu metode penciptaan yang ditulis oleh SP. Gustami, yaitu: Pertama, tahap eksplorasi yang meliputi pengamatan, dan pencarian sumber pustaka. Kedua, tahap perancangan yaitu membuat beberapa sketsa, dan pembuatan gambar teknik. Tahap ketiga, perwujudan yaitu proses pembentukan, dan dilanjutkan penilaian dan evaluasi karya yang telah jadi.</p> Santa Darell Fido Sinaga, I Komang Darmayuda, Desak Made Suarti Laksmi Hak Cipta (c) 2024 Santa Darell Fido Sinaga, I Komang Darmayuda, Desak Made Suarti Laksmi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3090 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 TEKNIK MIXING DAN EKUALISASI AUDIO ALAT MUSIK AKUSTIK DENGAN MIC TODONG PADA PENAMPILAN YEL-YEL DALAM ACARA KUIS PAKIS BALI DI BALI TV https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3034 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas hasil mixing yang baik dan benar dari ekualisasi audio alat musik akustik dengan mic todong pada acara Kuis Pakis Bali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan wawancara terpusat, dimana data yang dikumpulkan diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dengan menggunakan metode triangulasi dan diskusi teman sejawat, dengan tujuan untuk memastikan bahwa data yang akan dimasukkan ke dalam basis data dapat dijelaskan sumber dan kebenaran datanya. Penulis menganalisis data dengan menggunakan tiga alur kegiatan yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian, penulis memperoleh kesimpulan bahwa teknik <em>mixing</em> dan ekualisasi audio alat musik akustik dengan <em>mic </em>todong yang dilakukan pada penampilan yel-yel dalam acara Kuis Pakis Bali di Bali TV sudah sejalan dan memenuhi kaidah standar teori-teori yang dikemukakan oleh beberapa ahli mengenai teknik <em>mixing </em>dan ekualiasi audio alat musik akustik dengan mic todong. Berdasarkan hasil kesimpulan, penulis memberikan saran utama dengan peremajaan alat dalam hal instalasi listrik.</p> Brill Obed Sabath, I Komang Darmayuda Hak Cipta (c) 2024 Brill Obed Sabath, I Komang Darmayuda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/3034 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0000 KOMPOSISI KARAWITAN “ATMA PRASANGSA” https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2751 <p class="AbstrakISI">Atma Prasangsa merupakan proses perjalanan roh atau jiwa dari semasa seseorang masih hidup hingga mencapai moksa. Dalam kehidupan sehari-hari, penata menghubungkan arti dari Atma Prasangsa tersebut dengan pengalaman pribadi penata yang kehilangan seorang kakek yang bernama I Wayan Ngarda. Melihat fenomena tersebut, penata mengangkat Atma Prasangsa untuk dijadikan sebuah judul komposisi karawitan dalam bentuk tabuh kreasi. Karena keterbatasan alat dan pendukung dari pihak mitra yang diakibatkan kerena even Pesta Kesenian Bali, maka penata memutuskan untuk melakukan peminjaman gamelan Angklung sebagai media ungkap dalam garapan ini di Banjar Kayutulang Canggu. Karya Atma Prasangsa ini bertujuan sebagai penghormatan untuk almarhum dari kakek penata sendiri. Gamelan Angklung tergolong gamelan yang berlaras selendro empat nada. Garapan ini menggunakan struktur bagian-bagian dan diputuskan menggunakan lima bagian. Adapun penonjolan yang penata buat untuk memfokuskan ide penata kedalam garapan yaitu pada bagian dua dan bagian keempat yang dimana bagian tersebut menggambarkan kesedihan dan mengikhlaskan kepergian dari kakek penata sendiri. Durasi dari keseluruhan garapan ini berkisar 12 menit. Semoga dengan adanya garapan ini masyarakat bisa mengikuti pembaharuan dalam seni karawitan khususnya pada gamelan Angklung.</p> I Gede Mahendra Adi Putra, Saptono Juni, Ni Wayan Masyuni Sujayanthi Hak Cipta (c) 2023 I Gede Mahendra Adi Putra, Saptono, Ni Wayan Masyuni Sujayanthi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2751 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 PERAN TIM BROADCASTING PADA SIARAN LANGSUNG BALI TV DI ACARA GENDING RARE & BRTV https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2215 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan apa kegiatan dan arti dalam <em>broadcasting</em> yang merupakan penyebaran konten, info, melalui banyak media secara meluas dan bisa dikemas dalam bentuk wawancara, pengumuman, program berita, hingga acara televisi yang bersifat entertain atau lebih dikenal dengan <em>entertainment</em>. Penelitian ini disertai dengan rumusan rumusan masalah seperti Peran Tim <em>Broadcasting</em> pada siaran langsung Bali TV di acara Gending Rare &amp; BRTV, hingga tujuan umum diadakannya acara televisi untuk memberikan edukasi, tujuan khusus peran tim <em>broadcasting</em> guna melancarkan jalannya prosesi siaran langsung, manfaat praktis untuk menambah wawasan penulis terhadap budaya lagu bali anak- anak, serta ruang lingkup magang yang berbasis audio-visual.</p> Renaldy Christian Santoso, Desak Made Suarti Laksmi, Wahyu Sri Wiyati Hak Cipta (c) 2023 Renaldy Christian Santoso, Made Suarti Laksmi, Wahyu Sri Wiyati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2215 Mon, 10 Apr 2023 00:00:00 +0000 PERANAN PREGINA ART & SHOWBIZ BALI ASPEK WIRAUSAHA SEBUAH INDUSTRI HIBURAN DAN KREATIF PADA ACARA BALI ROCKIN BLUES FESTIVAL 2022 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2214 <p>Wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dengan fungsinya sebagai pelaku inovasi atau pencipta kreasi-kreasi baru. Dalam jurnal yang ditulis oleh Rintan Saragih, kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif, jeli melihat peluang dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh. Industri kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Salah satu industri kreatif sekaligus hiburan yang terletak di Bali adalah Pregina Art &amp; Showbiz Bali. Selama kegiatan program MBKM di Pregina Art &amp; Showbiz Bali penulis sudah berperan aktif dalam mengikuti program kerja yang berlangsung, diantaranya ialah Mcast Bali Media dan Bali Rockin Blues Festival 2022. Penelitian ini berfokus pada proses kreativitas dan kegiatan yang dilakukan oleh Pregina Art &amp; Showbiz Bali sebagai industri kreatif sekaligus hiburan, dengan maksud sebagai bekal bagi mahasiswa dalam acuan berwirausaha, usaha pengembangan diri, dan langkah menghadapi kendala saat melakukan usaha.</p> Gabriel Setia Dewanta, I Wayan Suweca, Ricky Irawan Hak Cipta (c) 2023 Gabriel Setia Dewanta, I Wayan Suweca, Ricky Irawan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2214 Mon, 10 Apr 2023 00:00:00 +0000 EFEKTIVITAS METODE SISOLMI DALAM PROSES PEMBELAJARAN GITAR KLASIK DI BALI VIOLIN SCHOOL (BAVISCH) https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2213 <div> <p>Penelitian ini mengangkat permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran gitar klasik yaitu kesulitan dalam membaca partitur gitar klasik karena metode atau cara belajar yang tidak tepat sehingga hasilnya kurang efektif serta maksimal dalam memahami partitur secara detail dan memainkannya dengan notasi ataupun penjarian yang tepat. Bali Violin School mengadakan pembelajaran gitar klasik dengan menggunakan metode tersendiri dalam proses pembelajarannya yaitu metode <em>SiSolMi</em>. Metode <em>SiSolMi </em>adalah metode pembelajaran not balok dengan cara mengeja (<em>spelling</em>) not balok. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa memahami teori musik dan partitur lagu dengan lebih baik dan detail. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode <em>SiSolMi </em>dalam pembelajaran gitar klasik di Bavisch dan mengetahui efektivitas metode <em>SiSolMi</em>dalam proses pembelajaran gitar klasik di Bavisch. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Maka dari itu, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, referensi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa gitar klasik di Bavisch mampu memahami secara detail setiap partitur yang mereka mainkan, mulai dari penjarian, nama notasi dan ritmisnya dengan menggunakan metode <em>SiSolMi</em>. Dalam keefektifan hasilnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, faktor internal seperti kemampuan kecepatan menangkap materi yang berbeda-beda pada tiap siswa, maupun faktor eksternal seperti peranan orangtua dan kondisi lingkungan yang mendukung proses latihan di rumah.</p> </div> Ruth Jennie Tina Simanungkalit, Desak Made Suarti Laksmi, Agustinus Sani Aryanto Hak Cipta (c) 2023 Ruth Jennie Tina Simanungkalit, Desak Made Suarti Laksmi, Agustinus Sani Aryanto https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2213 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 PROSES PRODUKSI PROGRAM KERJA KONTEN MCAST SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS MUSIK PADA PREGINA ART & SHOWBIZ https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2210 <p>Berdasarkan hasil kegiatan MBKM Kewirausahaan yang diambil oleh penulis, penulis melalukan pembahasan serta penelitian mengenai produksi program kerja konten Mcast sebagai media kreativitas musik pada Pregina Art &amp; Showbiz. Pada penelitian ini membahas garis besar dan proses-proses konten Mcast yang dilakukan oleh Event Organizer, dimulai dengan pra-produksi, tahapan produksi dan pasca produksi. Selain itu, penulis juga membahas mengenai dampak dari konten Mcast Pregina serta membahas kontribusi Mcast terhadap musisi dan pelaku industry kreatif di Bali. Tujuan penulis mengangkat judul diaras adalah supaya menjadi bekal bagi penulis maupun pembaca, terkhusus dalam bidang Event Organizer dalam menyusun sebuah konten-konten seperti talkshow salah satu contohnya Mcast dari perencanaan, perorganisasian, pengarahan dan pengendalian dengan baik. Dari hasil kreativitas yang kemudian dijalankan, maka terbentuklah sebuah konten Mcast yang berjalan dengan lancer, terbukti dari antusias dan komentar positif penonton di media sosial.</p> Mexta Septian Nugroho, I Komang Darmayuda, Ricky Irawan Hak Cipta (c) 2023 Mexta Septian Nugroho, I Komang Darmayuda, Ricky Irawan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2210 Mon, 10 Apr 2023 00:00:00 +0000 PROSES MENGISI PERMAINAN GITAR PADA KARYA MUSIK INDAH PULAU DEWATA PROJECT MAGANG DI BALI TV https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2209 <p>Indah Pulau Dewata merupakan sebuah lagu yang terinspirasi dari keindahan pulau Bali. Lagu ini menceritakan tentang keasrian, keindahan, serta keelokan alam Bali. Lewat lagu ini penulis mencoba menuangkan isi hati dan pikiran tentang pendapat penulis terhadap pulau Bali. Lirik lagu yang berbahasa Indonesia serta pemilihan kata dan nada yang di gunakan sangatlah di perhatikan. Permainan gitar yang terdapat pada lagu ini di sesuaikan dengan efek yang digunakan agar dapat mendukung pesan yang ingin penulis sampaikan kepada pendengar. Dalam lagu ini khusus nya solo gitar menggunakan scale blues, penulis ingin mencampurkan nuansa budaya dan modern. Sentuhan distorsi mempertegas dinamika serta penggunaan scale blues menyeimbangkan antara tegas dan nada- nada manis yang menjadikan sebuah melodi yang enak di dengar. Sedangkan untuk pemilihan akord yang di gunakan pada bagian verse, pre chorus, serta chorus menggunakan akord yang sederhana agar berjalan searah dengan solo gitar yang ada di bagian interlude. Beberapa musisi yang penulis jadikan inspirasi salah satu nya adalah John Mayer, karena beberapa lagu yang dia ciptakan merupakan lagu bernuansa mayor namun pada solo gitar nya menggunakan scale blues minor, salah satunya lagu yang berjudul Gravity. Hal ini lah yang membuat penulis tertarik menggunakan scale blues pada solo gitar lagu Indah Pulau Dewata.</p> Galih Guruh Gamaliel, I Komang Darmayuda, Desak Made Suarti Laksmi Hak Cipta (c) 2023 Galih Guruh Gamaliel, I Komang Darmayuda, Desak Made Suarti Laksmi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2209 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH METODE SI SOLMI DALAM KEMAMPUAN SOLFEGGIO PADA MURID PIANO DI BALI VIOLIN SCHOOL AND ORCHESTRA https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2208 <p>Solfeggio sebenarnya istilah yang mengacu pada kegiatan menyanyikan nada-nada tangga nada, interval dan latihan-latihan melodi dengan Sillaby Zolmization, yaitu menyanyikan nada musik dengan menggunakan suku kata, menurut Stanly (dalam Puspita, 2016 : 154), karena dalam perkembangannya yang semula solfeggio hanya menyanyikan saja, sekarang berkembang menjadi mendengarkan nada. Ear training adalah latihan pendengaran secara sistematis, latihan vokal tanpa perkataan dengan suku kata terbuka Latifah Kodiyat (1983:68), sedangkan sight reading adalah membaca notasi tanpa persiapan Last (1980:135). Lalu, menurut Sumaryanto (dalam Prasetyo, 2015:56) sight singing memiliki tiga indikator, yakni (1) kemampuan menyanyikan melodi atau rangkaian nada, (2) kemampuan menyanyikan interval nada, dan (3) kemampuan menyanyikan tangga nada. Musik adalah serapan dari bahasa Yunani, yakni Mousikos. Mousikos dilambangkan sebagai dewa keindahan bangsa Yunani yang menguasai seni dan ilmu pengetahuan. Kata Mousikos melahirkan kata musik. Menurut metologi kuno Mousikos dimaksudkan dari kaum Muzen (Ensiklopedi Umum, 1988:16 dalam jurnal seni musik). Metode Si Solmi memiliki cara tersendiri, salah satunya yaitu menginstruksikan anak didik untuk bermain piano memainkan scale dan arpeggio dengan salah satu tangan, setelah dirasa lancar, baru berganti ke tangan selanjutnya, lalu jika sudah lancar semuanya, dilanjut dengan memainkan scale dan arpeggio dengan menggunakan kedua tangan. Ulangi cara diatas sebanyak tiga kali, lalu istirahat selama tiga menit.</p> Isra Mahendra, Wahyu Sri Wiyati, Ketut Sumerjana Hak Cipta (c) 2023 Isra Mahendra, Wahyu Sri Wiyati, Ketut Sumerjana https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2208 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 XIN https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2200 <p>XIN merupakan sebuah karya musik yang terinspirasi dari salah satu hobi penggarap yaitu bermain video game “DOTA 2”. Karya ini menceritakan kisah hidup seorang tokoh dalam video game “DOTA 2” yaitu XIN. Konsep musik yang akan disajikan oleh penggarap merupakan musik ilustrasi dengan pendekatan modern. Ilustrasi yang dimaksud penggarap adalah musik yang memberi suasana dalam penggambaran tokoh cerita yang dihadirkan. Sedangkan musik modern yang dimaksud oleh penggarap yaitu, mengarah pada pernyataan menurut Subiyakto (2006), Musik modern merupakan musik yang menggunakan instrumen dan teknologi yang berkembang. Dalam proses pembuatan karya komposisi penggarap berfokus pada penggunaan salah satu teknik yang jarang diketahui banyak orang. Teknik yang penggarap maksud, disebut dengan istilah self oscillation atau self oscilatting . Teknik ini merupakan permainan sound efek delay analog yang menciptakan suara suara loop (pengulangan) yang terus berlanjut semakin keras dan terdistorsi. demi mewujudkan karya komposisi secara akademik penggarap mengarah pada satu metode penciptaan yang dituliskan oleh Konsorsium Seni yaitu : (1) persiapan, (2) elaborasi, (3) sintesis, (4) realisasi konsep ke dalam berbagai media seni, dan (5) menyelesaikan ke dalam bentuk akhir karya seni. Adanya Ide pembuatan karya komposisi XIN penggarap ingin menceritakan sosok tokoh XIN menggunakan teknik teknik bermusik yang didapat selama MBKM bersama I Wayan Balawan selaku mentor dalam pembuatan karya ini.</p> Kevin Aprico Dwi Budiana, Guntur Eko Prasetyo Hak Cipta (c) 2023 Kevin Aprico Dwi Budiana, Guntur Eko Prasetyo https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2200 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 PEMBELAJARAN BIOLA PADA REPERTOAR MINUET 2 KARYA J.S. BACH DI AMABILE MUSIC STUDIO https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2192 <p>Dalam program kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mahamurid mengimplementasikan proses pembelajaran sesuai bidang yang didalami, program yang dipilih, dan penerapan ilmu pengetahuan dalam praktis lapangan yang dihadapi, salah satunya melalui program Asistensi Mengajar. Pada program Asistensi Mengajar, telah dilaksanakan pembelajaran dalam bidang musik klasik barat yang berfokus pada permainan sebuah repertoar (karya musik pada musik klasik barat) dengan alat musik biola. Pembelajaran tersebut dilaksanakan di Amabile Music Studio dengan repertoar Minuet 2 karya J.S. Bach. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran tersebut dilaksanakan, mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran tersebut, serta manfaat apa yang didapat dari pembelajaran tersebut. Metode dalam pembelajaran ini memiliki 3 jenis pendekatan, yaitu pendekatan afektif, pendekatan kognitif, serta pendekatan psikomotorik. Hasil dari pembelajaran inii mencakup perkembangan kemampuan murid dalam teknik bermain biola, penguasaan karya musik yang dimainkan, serta perkembangan musikalitas diluar teknik permainan biola itu sendiri.</p> Ni Made Padma Dewi, Ni Wayan Ardini, Wahyu Sri Wiyati Hak Cipta (c) 2023 Ni Made Padma Dewi, Ni Wayan Ardini, Wahyu Sri Wiyati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2192 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 PROSES PEMBUATAN LAGU INDAH PULAU DEWATA UNTUK KONTEN YOUTUBE CHANNEL BALI TV https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2190 <p>Tulisan ini bertujuan untuk membahas proses pembuatan lagu “Indah Pulau Dewata”, bentuk lagu “Indah Pulau Dewata”. Penulis mendapatkan kesempatan magang yang dilaksanakan di Bali TV. Bali TV adalah stasiun televisi lokal di Indonesia yang berpusat di Bali, berdiri di bawah kepemimpinan Satria Naradha yang merupakan pemimpin Kelompok Media Bali. Pada kesempatan ini penulis ditugaskan oleh mitra untuk membuat konten musik yang akan diunggah di channel YouTube Bali TV. Penulis menciptakan lagu “Indah Pulau Dewata”, dalam pembuatan <em>project</em> ini penulis menjalani beberapa tahap proses antara lain tahap pendahuluan, tahap diskusi, tahap awal pembuatan lagu, tahap penulisan lirik, tahap akhir pembuatan lagu. Pada tahap pendahuluan penulis mendapatkan tugas untuk memikirkan ide untuk <em>project</em> yang akan dilaksanakan. Tahap diskusi dilakukan untuk mencari referensi dan bertukar pikiran dengan teman-teman dan <em>team</em> Bali TV. Tahap awal pembuatan musik terdiri dari pemilihan nada dasar, genre lagu, pembuatan <em>melody</em> <em>vocal</em>, pemilihan <em>chord</em> dan <em>recording</em> instrumen. Dalam tahap penulisan lirik penulis bersama teman-teman membuat lirik untuk lagu “Indah Pulau Dewata”. Pada tahap akhir pembuatan musik penulis melakukan <em>recording</em> <em>vocal</em>, <em>mixing</em> dan <em>mastering</em> lagu, serta membuat video klip untuk lagu “Indah Pulau Dewata”. Metode yang digunakan penulis antara lain metode observasi, partisipasi, dan wawancara. Penulis memilih untuk membuat lagu”Indah Pulau Dewata” karena penulis ingin membuat musik yang menceritakan tentang keindahan Pulau Bali dan mengajak orang-orang melestarikan serta menjaga kebudayaan dan kekayaan yang ada di Pulau Bali.</p> Daniel Jonathan I Putu Jonathan, Guntur Eko Prasetyo, I Komang Darmayuda Hak Cipta (c) 2023 Daniel Jonathan I Putu Jonathan, Guntur Eko Prasetyo, I Komang Darmayuda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2190 Mon, 10 Apr 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI PENAYANGAN LIVE DALAM PROGRAM BINTANG RADIO DAN TELEVISI DI STASIUN BALI TV https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2189 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimana program bintang radio dan televisi serta bagaimana strategi penayangan live dalam program bintang radio dan televisi di stasiun Bali TV. Dan dapat pula berguna bagi keberlangsungan dan kelanjutan strategi penayangan live, sehingga dapat bermanfaat sebagai acuan, referensi dan evaluasi bagi mitra kerja yang berkerjasama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan wawancara, partisipasi, studi kepustakaan, observasi, analisa dan evaluasi serta dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis memperoleh beberapa strategi yang dilakukan dalam penayangan live pada program bintang radio dan televisi yaitu strategi waktu siaran, strategi penayangan program tandingan, strategi bloking program, strategi penayangan kuat, strategi buaian dan strategi penghalang. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saran- saran sebagai berikut : kepada program bintang radio dan televisi agar meningkatkan produksivitas produksi yang telah ada dalam mencapai rating penonton yang tinggi agar lebih baik dan kepada para teamwork program bintang radio dan televisi agar selalu komitmen dalam menjalankan tugasnya dalam memproduksi program bintang radio dan televisi.</p> Renata Novianti, I Komang Darmayuda, Ricky Irawan Hak Cipta (c) 2023 Renata Novianti, I Komang Darmayuda, Ricky Irawan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2189 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 PROSES KREATIF EVENT ORGANIZER PREGINA ART & SHOWBIZ SEBAGAI BIDANG KEWIRAUSAHAAN PADA EVENT PEMUTERAN BAY FESTIVAL 2022 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2183 <p>Proses kreatif merupakan serangkaian aktivitas untuk mewujudkan suatu ide. Pemuteran Bay Festival dibuat oleh I Gusti Agung Bagus Mantra karena ingin mengangkat destinasi pariwisata desa Pemuteran. Pregina membuat festival di desa Pemuteran dengan tujuan memberikan edukasi konservasi terumbu karang dan mengajak masyarakat setempat untuk melestarikan terumbu karang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kreatif event organizer Pregina Art &amp; Showbiz pada event Pemuteran Bay Festival 2022. Untuk memperoleh data penelitian, penulis melakukan pengamatan langsung di Taman Pemuteran Budaya Buleleng Bali. Metode yang digunakan yaitu metode partisipasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses kreatif terdiri dari tiga tahap yaitu tahap produksi, tahap pra produksi dan tahap pasca produksi. Penulis terlibat langsung saat penelitian untuk mengetahui proses kreatif event organizer dalam menyusun acara dari tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Dari hasil kreativitas yang dijalankan, maka terbentuklah sebuah acara festival yang berjalan dengan lancar. Penulis menyimpulkan bahwa acara Pemuteran Bay Festival 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 18-20 November 2022 oleh Pregina Art &amp; Showbiz telah berhasil dan sukses. Terbukti dari antusias penonton dan komentar yang positif.</p> Maria Marayke Febriana, I Komang Darmayuda, Agustinus Sani Aryanto Hak Cipta (c) 2023 Maria Marayke F, I Komang Darmayuda, Agustinus Sani Aryanto https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2183 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PENYUSUNAN SILABUS PEMBELAJARAN GITAR KLASIK YANG BERORIENTASI PADA PESERTA DIDIK DI AMABILE MUSIC STUDIO, DENPASAR, BALI https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2179 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan silabus pembelajaran gitar klasik yang berorientasi pada peserta didik di Amabile Music Studio, Denpasar, Bali. Sampel Penelitian ini adalah peserta didik pembelajaran gitar klasik di Amabile Music Studio, Denpasar, Bali. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan Quota Sampling yang menghasilkan sebanyak 4 orang peserta didik yang memenuhi kriteria sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada Komang Wisnu sebagai tenaga didik, Justina Tjandra selaku pemilik Amabile Music Studio dan observasi terhadap peserta didik di kelas pembelajaran gitar klasik, serta studi literatur terhadap berbagai sumber bacaan dan media daring. Hasil penelitian terhadap peserta didik menunjukkan bahwa setiap peserta didik memiliki silabus yang berbeda sesuai dengan kemauan, kemampuan, kebutuhan dan keinginan masing-masing peserta didik. Adapun kriteria dari penyusunan silabus pembelajaran gitar klasik ialah a) mengandung kaidah, aturan dan unsur-unsur yang terdapat dalam teori musik klasik barat, baik pada penerapan permainan maupun materi pembelajarannya, b) memiliki tingkat kesulitan yang menyerupai tingkat kesulitan setiap grade pada silabus pembelajaran gitar klasik ABRSM dan c) memaksimalkan karya-karya instrumental gitar klasik, baik klasik tradisional maupun klasik modern. Capaian dari pembelajaran gitar klasik ialah peserta didik mampu mengikuti dan memahami materi yang disampaikan oleh tenaga didik. Amabile Music Studio mengacu pada kurikulum ABRSM untuk pembelajarannya, namun bersifat fleksibel dalam penyusunan dan penerapan silabus pembelajaran gitar klasik kepada peserta didik. Selain silabus, peran tenaga didik juga berpengaruh sebagai orang yang membentuk peserta didik melalui pemberian silabus yang telah disusun.</p> Yngwie McCuaren Lee, Ni Wayan Ardini, Guntur Eko Prasetyo Hak Cipta (c) 2023 Yngwie McCuaren Lee, Ni Wayan Ardini, Guntur Eko Prasetyo https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2179 Mon, 10 Apr 2023 00:00:00 +0000 BARONG WAE https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2178 <p>Barong Wae adalah sebuah karya Komposisi Musik dengan gaya musik progresif rock dengan pendekatan teknik dan pola tradisi Manggarai. Metode penciptaan yang digunakan: Pembuatan dan Pengembangan melodi, Pengembangan struktur melodi, pembentukkan Harmoni, Orkestrasi dan Perencaan Konsep pertunjukkan.Hasil dan Pembahasan : Komposisi ini terdiri dari 3 bagian yakni Eksposisi, development dan Rekapitulasi. Dengan intepretasi yang berbeda-beda, dengan pendekatan musik klasik, tetapi tetap dalam satu kesatuan. Barong wae menggabungkan teknik-teknik dan pola tradisi Manggarai dengan idiom-idiom Musik Barat. Implikasi : Komposisi ini menggunakan Pola Gendang Manggarai yakni Takitu, dan Teknik nyanyian Tradisi Manggarai yakni Nenggo. Takitu dan Nenggo dikemas dengan gaya yang berbeda untuk menjadi inovasi bagi musik tradisi Manggarai.</p> Louise Marie Grignion de Monfort Mitak, I Wayan Suweca Hak Cipta (c) 2023 Louise Marie Grignion de Monfort Mitak, I Wayan Suweca https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2178 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI TEKNIK VOKAL CHEST VOICE DI AMABILE MUSIC STUDIO https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2177 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran vokal melalui pendekatan diferensiasi. Metode penelitian ini merupakan studi literatur berdasarkan buku dan jurnal ilmiah yang membahas penerapan diferensiasi pembelajaran. Data yang diperoleh dari studi literatur digunakan sebagai referensi yang bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui pendekatan differentiated learning dan dampak pendekatan differentiated learning bagi guru dan siswa vokal dalam mata kuliah musik. Pembelajaran diferensiasi adalah pembelajaran yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa berdasarkan kesiapan belajar siswa, profil belajar siswa, gaya belajar siswa, minat dan bakat. Pembelajaran diferensiasi dilakukan dengan beberapa cara, yaitu diferensiasi isi atau materi yang dipahami, diferensiasi proses, dan diferensiasi hasil atau produk. Hasil analisis pendekatan differentiated learning pada materi teknik suara dada vokal untuk melihat hasil belajar siswa.</p> Reldegundis Yemina Mehan, Ketut Sumerjana, I Wayan Suweca Hak Cipta (c) 2023 Reldegundis Yemina Mehan, Ketut Sumerjana, I Wayan Suweca https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2177 Mon, 10 Apr 2023 00:00:00 +0000 PROSES PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PIANO PADA ANAK USIA DINI DI AMABILE MUSIK STUDIO https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2169 <p>Penelitian ini membahas tentang observasi pembelajaran alat musik piano pada anak usia dini di Amabile Music Studio. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan, pelakasanaan serta pembelajaran melalui musik dalam proses pembelajaran antara pengajar dan murid di Amabile Music Studio. Dampak penelitian yang dilaksanakan di Amabile Music Studio adalah meningkatnya kualitas pembelajaran yang lebih memotivasi, inspirasi, dan meningkatkan minat dan bakat di bidang seni, khususnya di bidang musik.</p> <p> </p> Raden Roro Anggita Anggraini, Ni Wayan Ardini, Ketut Sumerjana Hak Cipta (c) 2023 Raden Roro Anggita Anggraini, Ni Wayan Ardini, Ketut Sumerjana https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2169 Mon, 10 Apr 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI PREGINA ART & SHOWBIZ DIBALIK KESUKSESAN ACARA PEMUTERAN BAY FESTIVAL TAHUN 2022 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2168 <p>Tulisan ini secara umum ditulis dengan tujuan untuk membahas strategi atau tata kelola <em>Pregina Art &amp; Showbiz</em> dalam menyelenggarakan acara <em>Pemuteran Bay Festival</em> Tahun 2022. Selain itu, ada juga tujuan lainnya yaitu mengetahui parameter acara bisa terbilang sukses dan mengetahui kenapa <em>Pregina Art &amp; Showbiz</em> bisa dipercaya oleh Kementerian Pariwisata atau Pemerintahan dalam mengadakan acara-acara besar contohnya <em>Pemuteran Bay Festival</em> sendiri. Dalam mencapai tujuan, penulis menggunakan metode kualitatif sebagai metode penelitiannya. Metode ini menekankan pada analisis dan bersifat deskriptif analsis. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam metode kualitatif adalah teknik <em>participant observation</em>, dokumentasi, dan wawancara. Setelah melakukan pengumpulan data, yang dapat disimpulkan oleh peneliti adalah strategi atau tata kelola <em>Pregina Art &amp; Showbiz</em> mempunyai 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pengarahan, dan tahap pengendalian. Dari tahapan-tahapan ini, bisa dilihat bahwa dalam menyelenggarakan acara <em>Pregina Art &amp; Showbiz</em> sangat terstruktur, detail, dan matang sehingga setiap acara dapat berakhir dengan sukses. Kesuksesan ini juga dibantu karena adanya dukungan dan bantuan dari banyak pihak/relasi.</p> Gabriel Ishanty Gumelar, Agustinus Sani Aryanto, Desak Made Suarti Laksmi Hak Cipta (c) 2023 Gabriel Ishanty Gumelar, Agustinus Sani Aryanto, Desak Made Suarti Laksmi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2168 Tue, 17 Oct 2023 00:00:00 +0000 PEMANFAATAN PROGRAM ACARA TALKSHOW DI BALI TV SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI MUSISI DI BALI https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2167 <p>Artikel ini membahas tentang pemanfaatan acara Talk Show sebagai media publikasi dan promosi karya musisi di Bali. Talks Show adalah Gelar wicara antara Host/Mc dengan narasumber yang di undang dan dikemas secara ringan. Perlu diingat walaupun acara Talkshow adalah suatu kegiatan tanya jawab, bukan berarti kegiatan ini sama dengan wawacara, karena Talk show tidak selalu terpaku dengan satu pembahasan. Biasanya Talkshow sangat indentik untuk membahas hal-hal yang sedang trend yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat, dan sangat beragam pula jenisnya. Talk Show adalah salah satu program acara Televisi yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat. Program acara Sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, penulis mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan program Magang/Praktik kerja yang dilaksanakan di Bali TV. Melalui program ini penulis berkesempatan untuk membuat program acara yaitu Talkshow. Dalam hal ini penulis ingin mengembangkan program acara Talkshow yang memang sudah ada di Bali TV, dan membuat program tersendiri untuk mengundang bintang tamu dari kalangan musisi di Bali. Pelaksanaan program acara ini melalui tiga tahapan, yaitu tahap Pra – produksi, tahap Produksi dan tahap Pasca Produksi. Tahap Pra – Produksi yaitu tahapan proses brainstorming ide produksi Talk Show, diantaranya: platform yang digunakan sebagai media penyalur Talk Show, nama Talk Show, tema yang diangkat, karakteristik, segementasi, konsep (Layout Studio), narasumber dan host/mc. Tahapan produksi yaitu host/mc dan narasumber hadir untuk menghasilkan suatu produksi. Tahap pasca produksi adalah tahap dimana video Talkshow memasuki tahap penyuntingan sebelum ditayangkan ke khalayak publik.</p> Nisa Elisabet Butar Butar, Wahyu Sri Wiyati, Ketut Sumerjana Hak Cipta (c) 2023 Nisa Elisabet Butar Butar, Wahyu Sri Wiyati, Ketut Sumerjana https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/2167 Mon, 10 Apr 2023 00:00:00 +0000 CLONING https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1858 <p>Musik merupakan suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan. Musik itu sendiri tercipta karena adanya proses kreativitas dari penciptanya, yang meliputi aspek pengalaman, sumber refrensi ataupun jurnal ilmiah. Dalam proses menciptakan suatu komposisi musik, tentunya harus ada pemilihan ide dan konsep yang jelas. Kata <em>cloning</em> menginspirasi ide, konsep dan judul ke dalam karya ini. Kloning sendiri berasal dari kata bahasa Inggris <em>cloning </em>yang berarti suatu usaha untuk menciptakan duplikat suatu organisme melalui proses aseksual. Setelah membaca buku “Kloning: Kemungkinan Teknis dan Implikasi Permasalahan Sosial-Etisnya<em>,”</em>menginspirasi terbentuknya karya <em>Cloning</em> yang mengangkat bentuk musik minimalis dengan perpaduan teknik <em>drone, ostinato, rhythmic displacement, </em>dan <em>layering</em>. Proses kreativitas dalam pembuatan karya ini memiliki beberapa kendala baik dari pemilihan <em>instrument</em> maupun pemilihan melodi, <em>chord,</em> dan ritmis. Hal tersebut merupakan sebuah proses yang dilewat sehingga bisa menghasilkan karya dengan baik sebagai hasil akhirnya.</p> I Putu Adi Wardana Wicaksana, I Wayan Suweca, Agustinus Sani Aryanto Hak Cipta (c) 2022 I Putu Adi Wardana Wicaksana, I Wayan Suweca, Agustinus Sani Aryanto https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1858 Sat, 01 Oct 2022 00:00:00 +0000 PEMBUATAN MUSIK BUMPER DAN MUSIK ILUSTRASI PROGRAM DHARMA WACANA BALI TV https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1794 <p>Tulisan ini bertujuan untuk membahas proses pembuatan musik bumper dan musik ilustrasi program acara Dharma Wacana Bali TV. Pembuatan musik baru untuk program tersebut dikarenakan yang masih digunakan hingga saat ini sudah digunakan sejak tahun 2002. Itulah alasan mengapa Bali TV berkeinginan untuk memperbarui musiknya. Alasan lain pembuatan musik ini adalah untuk menunjukkan adanya perubahan dan pembaruan pada program acara Dharma Wacana. Pelaksanaan pembuatan musik ini melalui beberapa tahapan, yakni tahap pendahuluan, pengamatan, pembuatan musik, review, dan penyelesaian. Tahap pendahuluan mendiskusikan rencana pembuatan musik baru untuk program acara. Tahap pengamatan dilakukan dengan mengamati musik bumper lama sebagai acuan pembuatan musik baru. Pembuatan musik dikerjakan menggunakan software produksi musik. Tahap review memberikan penilaian dan masukan. Pada tahap penyelesaian, musik diunggah ke Google Drive dan dikirim ke mitra. Pengumpulan informasi tentang gambaran umum program Dharma Wacana dilakukan bersama produser program tersebut. Hasil dari pembuatan musik ini adalah musik bumper menggunakan instrumen Bali dengan penambahan string section yang disesuaikan dengan video bumper lama. Musik ilustrasi dibuat menggunakan instrumen Bali saja dengan sedikit mengadopsi cara kerja gender wayang. Hasil dari wawancara dengan produser Dharma Wacana berupa gambaran umum, proses persiapan hingga produksi, serta jam tayang program tersebut. Musik pada program Dharma Wacana menonjolkan nuansa Bali agar dapat memperkuat suasana dalam tayangan.</p> Nyoman Satria Wira Dharma, Ketut Sumerjana Hak Cipta (c) 2022 Nyoman Satria Wira Dharma, Ketut Sumerjana, I Wayan Sudirana https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1794 Sat, 01 Oct 2022 00:00:00 +0000 SENJA: KOMPOSISI MUSIK POP SENJA https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1793 <p><strong>Purpose:</strong> In the composition of a pop song entitled Senja, cultivators were inspired to create a pop music composition using the help of MIDI sequencer and audio effect processor. MIDI and Sequencer are two different things but can work together with each other that can be used in the recording process or the production and presentation of a work of music. <strong>Research method:</strong> The ability to compose ideas and be able to hear audio replayed quickly allows composers to experiment with the files. <strong>Results and discussion:</strong> Because MIDI is a collection of commands that make sound, MIDI circuits can be manipulated in a variety of ways that audio pre-recordings cannot. <strong>Implication:</strong> In the process of making this final task, the cultivator decided to pour his personal experience (internal) into a song called Senja. It is applied to a pop music composition played by 5 people (Quintet Performance) with the help of MIDI Sequencer.</p> Juaniken Rachel Emmanuella Pusung, I Wayan Suweca, Wahyu Sri Wiyati Hak Cipta (c) 2022 Juaniken Rachel Emmanuella Pusung, I Wayan Suweca, Wahyu Sri Wiyati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1793 Sat, 01 Oct 2022 00:00:00 +0000 “DEPRESI” : SEBUAH PADUAN SUARA AKAPELA DENGAN PENGGABUNGAN TEKNIK MUSIK BARAT DAN TANGGA NADA SELENDRO BETAWI https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1792 <p>Dalam kehidupan, penata banyak mengalami hal-hal yang menyakitkan dan sangat menghantui pikiran penata sampai saat ini. Diantaranya kekerasan dalam rumah tangga yang penata alami di masa lalu antara lain tidak diterima di lingkungan sosial, serta bullying yang cukup keras. Semua pengalaman tersebut membuat penata mengalami gangguan jiwa yang disebut Depresi. Depresi adalah suatu keadaan emosi yang mempunyai karakteristik seperti perasaan sedih, perasaan gagal, perasaan tidak berharga serta menjauh dari lingkungan sosial. Ide garapan ini muncul dari pengalaman pribadi penata sendiri yang pernah mengalami depresi di masa lalunya. Maka dari itu, penata ingin membagikan kisah nya kedalam bentuk Paduan Suara Accapella dengan Penggabungan Permainan Teknik Musik Barat dan Tangga Nada Selendro Betawi.</p> Abhinaya Farhan Ramadhan, Desak Made Suarti Laksmi, Wahyu Sri Wiyati Hak Cipta (c) 2022 Abhinaya Farhan Ramadhan, Desak Made Suarti Laksmi, Wahyu Sri Wiyati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1792 Sat, 01 Oct 2022 00:00:00 +0000 PEMBUATAN MUSIK BUMPER DAN ILUSTRASI PROGRAM ACARA GRAND FINAL BRTV BALI TV 2021 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1790 <p>Tulisan ini bertujuan untuk membahas proses pembuatan musik bumper, musik ilustrasi opening MC, musik ilustrasi teaser para finalis, dan musik ilustrasi pengumuman juara dari program acara Grand Final BRTV Bali TV 2021. Sesuai dengan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), penulis mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Magang/Praktik Kerja, yang dilaksanakan di Bali TV. Dalam pelaksanaan ini, penulis mendapat kesempatan untuk dari mitra untuk membuatkan beberapa karya musik untuk digunakan dalam acara Grand Final BRTV Bali TV 2021. Pelaksanaan pembuatan musik ini melalui beberapa tahapan, yakni tahap pendahuluan, tahap spotting, tahap penciptaan musik, tahap mastering dan review, dan tahap eksekusi saat acara. Tahap pendahuluan mendiskusikan rencana pembuatan musik baru untuk program acara. Tahap spotting dilakukan untuk menentukan unsur musik yang sesuai dengan visual. Tahap penciptaan musik memulai proses kreatif penciptaan musik. Tahap mastering dan review adalah proses mengubah ke format audio dan kemudian diulas oleh pihak mitra. Tahap eksekusi saat acara adalah kegiatan penulis menjadi operator pemutar musik saat program acara berjalan. Musik yang telah dibuat juga telah diaplikasikan langsung untuk program acara Grand Final BRTV Bali TV 2021</p> Christianus Billy Antonio Gan, I Komang Darmayuda, Ni Wayan Ardini Hak Cipta (c) 2022 Christianus Billy Antonio Gan, I Komang Darmayuda, Ni Wayan Ardini https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/melodious/article/view/1790 Sat, 01 Oct 2022 00:00:00 +0000