Pengabdian Masyarakat di Sanggar Seni Lukis Balitung Denpasar “Menggambar Storyboard Komik Anak-Anak”

Penulis

  • I Putu Arya Janottama Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Arya Pageh Wibawa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Gede Pasek Putra Adnyana Yasa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Wahyu Indira Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Gede Agus Indram Bayu Artha Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Gede Lingga Ananta Kusuma Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Hendra Mahajaya Pramayasa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Putu Adi Wiwana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Anak Agung Bayu Krisna Prabu Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Dwiarya Swandi Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i2.4356

Abstrak

Sanggar Seni Lukis Balitung sebagai salah satu sanggar seni yang berada di jalan Tukad Yeh Biu Gang Pudak No. 1, Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, kotamadya Denpasar. Sanggar ini didirikan pada tahun 1989 oleh Drs. I Ketut Sudiana dengan tujuan untuk melestarikan, mengembangkan, dan memajukan seni sebagai bagian dari warisan budaya. Sanggar Seni Lukis Balitung telah menjadi tempat untuk dilaksanakannya pengabdian masyarakat oleh dosen Program Studi Animasi Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan wawasan pengetahuan tentang storyboard komik kepada anak-anak. Tambahan pengetahuan tentang pembuatan storyboard komik ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kemampuan teknik menggambar komik kepada peserta didik. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ceramah dan pelatihan kepada peserta didik yang selanjutnya diaplikasikan dalam media gambar berupa kertas. Selain itu, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan berbagai cerita yang kreatif secara mandiri sehingga mereka memperoleh pemahaman secara komprehensif dan menyeluruh tentang storyboard komik. Tahapan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Implikasi kegiatan ini adalah pengetahuan yang terwujud dalam bentuk narasi visual yang digambarkan oleh peserta didik secara mandiri tidak hanya diimplementasikan ke dalam media komik tetapi juga nantinya dapat diterapkan pada media-media lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

. Enterprise, 30 Bisnis Berbasis Ide untuk Siapa pun, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.

D. E. Nurcahyo, Yuk Bikin Animasi 2D dengan Adobe Animate, Bogor: Guepedia, 2023.

A. J. Gundo, “Perancangan Media Pembelajaran Komik untuk Materi Keterampilan Menjelaskan pada Mata Kuliah Microteaching,” Jurnal Ilmiah Wahana, Vol. 10, No. 13, pp. 1012-1018, 2024.

P. B. Mawarsih, E. Christianti, K. Laksono dan M. Amri, “Perancangan Komik Edukasi Berbasis Webtoon sebagai Media Pembelajaran Literasi Keuangan bagi Siswa SMA,” Paedagoria: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 15, No. 2, pp. 215-220, 2024.

S. McCloud, Memahami Komik, Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2001.

M. Bonneff, Komik Indonesia, Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 1998.

P. D. K. Denpasar, “Peta Denpasar,” Pemerintah Daerah Kota Denpasar, 1 Januari 2022. [Online]. Available: https://denpasarkota.go.id/page/peta-denpasar. [Diakses 15 Agustus 2024].

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-23

Cara Mengutip

Janottama, I. P. A., Wibawa, A. P., Yasa, G. P. P. A. ., Indira, W., Artha, I. G. A. I. B., Kusuma, G. L. A., … Swandi, I. M. D. (2024). Pengabdian Masyarakat di Sanggar Seni Lukis Balitung Denpasar “Menggambar Storyboard Komik Anak-Anak”. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 81–89. https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i2.4356

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama