ANALISIS UNSUR PEMBENTUK FILM ANIMASI FATE/STAY NIGHT: HEAVEN’S FEEL

Penulis

  • Ayoung Rega Prayoga Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Raya Nicholas Dewantoro Runturambi Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Gusti Ngurah Dharma Shadana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Enjelita Maria Petricia Yohandra Besin Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Putu Arya Janottama Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/animarupa.v1i1.2858

Kata Kunci:

visual novel, Fate/Stay Night: Heaven's Feel, cerita

Abstrak

Film Waralaba Fate/Stay Night dan visual novel asli yang menjadi sumber cerita film ini. Fate/Stay Night adalah waralaba media yang dikembangkan oleh Type-Moon, sebuah perusahaan pengembang game asal Jepang. Franchise ini pertama kali diperkenalkan melalui visual novel yang dirilis pada tahun 2004. Visual novel ini terdiri dari tiga route utama, yaitu Fate, Unlimited Blade Works, dan Heaven's Feel. Masing-masing route memiliki cerita yang berbeda-beda, dengan karakter-karakter dan konflik yang berbeda pula. Animasi ini mendapatkan Penghargaan Anime Crunchyroll 2018 dan mendapatkan rating 8,18.Saya menggunakan dua metode dalam penelitian ini, yaitu studi pustaka dan observasi. Metode studi pustaka dilakukan dengan mempelajari referensi-referensi buku, artikel, dan browsing internet serta melakukan review terhadap literatur yang terkait dengan analisis sistem. Analisis terhadap unsur-unsur tersebut menunjukkan bahwa film ini memiliki alur cerita yang menarik, serta menyajikan tema-tema yang dapat memberikan pesan kepada penonton.

Diterbitkan

2023-10-29