ANALISIS PENERAPAN METODE SISOLMI DALAM PEMBELAJARAN INSTRUMEN BIOLA BERBASIS CARA BELAJAR SISWA AKTIF DI BAVISCH MUSIC SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3105Kata Kunci:
cbsa, biola, bavischAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan sistem Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) ke dalam pembelajaran musik, khususnya pembelajaran instrumen biola. Sistem CBSA ini sudah ada sejak tahun 1984 dan digunakan di sekolah-sekolah formal seperi Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Pada Kasus ini, penggunaan sistem CBSA yang biasanya dilakukan di sekolah-sekolah formal, digunakan pada tempat kursus musik yaitu di Bavisch Music School. CBSA sendiri dapat digunakan pada semua rumpun Pendidikan seperti formal, informal, dan non formal. Namun, penerapan sistem CBSA ke Pendidikan non-formal khususnya pada pembelajaran musik biola, sedikit berbeda penerapannya dengan yang ada di sekolah formal. Pada umumnya, CBSA memfokuskan 3 aspek Pendidikan yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penerapannya dalam lingkup Pendidikan formal berbeda dengan di tempat kursus musik karena di tempat kursus musik jauh lebih banyak praktek, namun untuk materi juga sangat diperhatikan.
Referensi
Anam, C. (2021 : 71). Si SolMi Bavisch Spelling Method Violin. Denpasar, Bali: Bavisch Music School.
Arikunto, S. (2021 : 44). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Asrul, Rusydi Ananda, Rosnita. (2014 : 82). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Sugiyono, P. D. (2013 : 137). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zed, M. (2014 : 3). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Buchenita Naomi Wardoyo, Ricky Irawan, I Komang Darmayuda
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.