ANALISIS PROSES PRODUKSI PROGRAM ACARA TALKSHOW SIARAN LANGSUNG BALI TV SAMATRA ARTIS BALI SEBAGAI WADAH PUBLIKASI KARYA MUSISI LOKAL

Penulis

  • Gracia Gandi Manggala Putri Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ricky Irawan Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ketut Sumerjana Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3107

Kata Kunci:

program talkshow, tahapan produksi, media televisi

Abstrak

Program siaran langsung Talkshow Samatra Artis Bali berhasil menjadi wadah bagi musisi lokal dalam mepublikasikan karyanya. Karena sebagai media televisi lokal Bali,  Bali TV merupakan salah satu sumber media informasi yang mampu menanamkan nilai luhur budaya, serta mendukung para seniman lokal Bali. Sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penulis mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan progam Magang/Praktik Kerja yang dilaksanakan di Bali TV. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses produksi yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan Teknik observasi ke Bali Tv. Pengumpulan data dalam penyusunan skripsi ini didapatkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penulis berkesempatan secara langsung melihat bagaimana proses praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Pada penelitian yang dilakukan, tahapan proses praproduksi, tim produksi melakukan rapat internal penyusunan rundown. Pada tahap produksi, dilakukan Live On-Air berdurasi 1 jam. Dan di tahap pascaproduksi, tim melakukan evaluasi ada/tidaknya kendala yang terjadi saat program acara berlangsung. Suatu acara televisi tidak akan bisa berjalan lancar jika aktivitas di belakang layarnya tidak dikelola secara efektif. Dengan adanya skripsi ini, penulis mengharapkan agar pembaca khususnya masyarakat Bali baik seniman/penikmat seni dapat lebih mengapresiasi dan melestarikan hasil karya seni Budaya di Bali. Program Samatra Artis Bali membuat penulis lebih memahami pentingnya publikasi karya/ mengenalkan hasil karya lewat media Televisi.

Referensi

Aceng Abdullah,Lilis Puspitasari (2018:104). Media Televisi Di Era Internet. Bandung : ProTVFjournalUNPAD

Amelita Lusia (2006:76-81). Oprah Winrey Dan Rahasia Sukses Menaklukan PanggungTalkShow. Jakarta : Gagas Media

Hasyim Hasanah(2016)Jurnal at-Taqaddum, Volume 8, Nomor 1, Juli.

Ido Prijana Hadi, Megawati Wahjudianata, Inri Inggrit Indrayani (2021:33). Komunikasi Massa. Pasuruan : CV.Penerbit Qiara Media

Johnson, David W., Cooperation and Competition: Theory and Research. Edina, MN: Interaction Book, 1989

Mestika Zed (2003). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Tindakan. Bandung:PT. Refika Aditama

Ni Wayan Ardini (2018). Musik Pop Bali Dan Generasi Milenial. Journal Of Music Science, Technology, and Industry

P. Joko Subagyo (2004). Metode Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, Fred. 2007. Teknik Produksi Program TV. Yogyakarta, Pinus

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-05

Cara Mengutip

Putri, G. G. M., Irawan, R., & Sumerjana, K. (2024). ANALISIS PROSES PRODUKSI PROGRAM ACARA TALKSHOW SIARAN LANGSUNG BALI TV SAMATRA ARTIS BALI SEBAGAI WADAH PUBLIKASI KARYA MUSISI LOKAL. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 3(1), 44–50. https://doi.org/10.59997/melodious.v3i1.3107

Terbitan

Bagian

Articles