NAYA
DOI:
https://doi.org/10.59997/melodious.v2i1.3129Kata Kunci:
naya, bowing pada bass elektrik, efek distorsi, karya komposisiAbstrak
NAYA merupakan sebuah karya komposisi yang terinsiprasi dari fenomena yang sedang dialami oleh penggarap yaitu quarter life crisis. Fenomena ini diangkat menjadi keresahan penggarap dalam membuat sebuah karya musik yang berbentuk musik modern yang berformat band dan duo string. Karya NAYA juga mengaplikasikan teknik bowing atau teknik menggesek menggunakan bow pada bass elektrik dengan tambahan effect distorsi yang membuat suara yang dihasilkan menjadi suara gemuruh yang diharapkan dapat mengeskpresikan keresahan pada masa quarter life crisis yang sedang dialami oleh penggarap. Karya ini dibuat seakan akan pendengar dapat merasakan juga apa yang ingin dimaksudkan oleh penggarap. Karya ini memiliki durasi kurang lebih 10 menit. karya ini dibuat seunik mungkin agar pendengar dapat tertarik dalam mendengarkan karya ini. Ritmis, notasi, sukat, tempo dan timbre yang dipakai juga dbuat sedemikian rupa agar pendengar dapat tertarik. Metode atau tahapan penciptaan yang dipakai adalah tahapan yang dikemukakan oleh Alma M Hawkin yang ditulis di dalam bukunya Creating Through Dance (1988) yaitu : penjajagan, percobaan, dan pembentukan. Ketiga tahapan penciptaan inilah yang menjadi acuan dalam pembentukan atau penciptaan karya NAYA
Referensi
Prier Sj, Karl-Edmund. (1996). Ilmu Bentuk Musik: Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi.
Strube, Gustav.(2006), The theory and The use of Chord A Text-Book of Harmony terjemahan oleh A. Gatgut Bintaro T. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Fazira, S. H., Handayani, A., Lestari, F. W. (2023). Faktor Penyebab Quarter Life Crisis Pada Dewasa Awal. Riau : Universitas Pahlawan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling diakses dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13500
Annisa, D. F., & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Padang : Universitas Negeri Padang diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor
Susanti, D. (2015). Penerapan Metode Penciptaan Alma Hawkins Dalam Karya Tari Gundah Kancah.Padang Panjang : Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Ekspresi Seni diakses dari https://journal.isipadangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/article/view/65
Kusumawati, Heni. (2004). Komposisi Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Hananya Eliezer Purba, Desak Made Suarti Laksmi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.