Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat, merupakan sebuah bentuk aplikasi keilmuan terhadap pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam perkembangan, kini terdapat aturan yang menuntut dokumentasi pengabdian dalam bentuk publikasi artikel. Aturan ini kemudian  akhirnya menginspirasi lahirnya jurnal ini, sebagai bentuk tanggungjawab publikasi yang terdokumentasi dengan jelas, sistematis, transparan, dan mampu diakses oleh khayalak umum yang memiliki minat dalam pengabdian kepada masyarakat.

Jurnal ini dikhususkan bagi para peneliti dan pengabdi keilmuan, yang tanpa lelah dalam  mengabdikan dirinya untuk pemberdayaan masyarakat. Harapannya melalui penelitian dan pengabdian yang terpublikasi, nantinya akan menginspirasi para akademisi dan pengabdi lainnya agar turut serta menuliskan kegiatannya melalui artikel, yang tentunya akan dapat menginspirasi proses pembangunan berkelanjutan.

Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Maret dan September. Jurnal ini dirancang sebagai jurnal pengabdian masyarakat dengan fokus dan ruang lingkup sebagai berikut :

  1. Pelatihan yang Dimanfaatkan Untuk Pemberdayaan Masyarakat
  2. UKM dan Masyarakat Sekitar
  3. Pemberdayaan Masyarakat
  4. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen
  5. Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan
  6. Merancang dan Menjangkau Teknologi Tepat Guna untuk Masyarakat
  7. Program Pelestarian Budaya
  8. Pembangunan Berkelanjutan Desa