PELATIHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA KELAS XII MIPA DI SMA NEGERI 1 SELEMADEG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam membelajari Bahasa Inggris, salah satu aspek penting yang harus dikuasai adalah penguasaan kosa kata (vocabulary). Di SMA Negeri 1 Selemadeg, terdapat beberapa siswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke bidang kesehatan, maka mereka perlu dikenalkan kosakata Bahasa Inggris khususnya istilah kesehatan yaitu anatomi tubuh. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa mampu menggunakan kosakata Bahasa Inggris khususnya tentang anatomi tubuh. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini pre-test dan post-test design. Kegiatan ini dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi. Siswa diberikan pre-test berupa soal Bahasa Inggris untuk mengetahui kemampuan awal mereka. Kemudian mereka diberikan pelatihan kosakata dengan menggunakan model cooperative learning. Pada akhir kegiatan, siswa diberikan post- test untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan pelatihan dan kuesioner untuk mengetahui kebermanfaatan kegiatan tersebut. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata pre-test siswa adalah 49,7 dan hasil rata-rata post-test siswa adalah 71,4. Persepsi siswa tentang tujuan kegiatan pelatihan adalah sebanyak 58,5% siswa menyatakan baik. Dampak kegiatan ini adalah siswa diharapkan mempunyai pengetahuan awal (background knowledge) tentang kosakata khususnya anatomi tubuh apabila ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi Kesehatan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.