Edukasi Pemilahan Sampah Rumah Tangga di Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Badung-Bali Melalui Desain Komunikasi Visual

Isi Artikel Utama

Ida Ayu Dwita Krisna Ari
Alit Kumala Dewi
I Wayan Nuriarta

Abstrak

Badung menghasilkan 281 ton sampah, 52 truk/ hari dengan rata-rata berisikan total 1,6 ton. Sampah yang diambil petugas dari rumah warga masih dalam kondisi tercampur (tidak dipilah sesuai dengan jenis sampahnya). Mengatasi permasalahn sampah, diperlukan penerapan skema pengelolaan sampah dengan mengembangkan prinsip dasar 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Berdasarkan data-data serta keterangan langsung dari pihak DLHK, menunjukkan bahwa kesadaran warga khususnya sekitar Badung-Bali dalam memilah jenis sampah masih rendah, sehingga perlu dilakukan kegiatan edukasi kepada warga terkait pengelolaan sampah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pengelolaan sampah, adalah dengan cara perancangan komunikasi visual sebagai media edukasi pemilahan sampah rumah tangga. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini selain menghasilkan karya desain yang efektif sebagai media edukasi, juga untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, yang berujung kepada aksi kepedulian masyarakat dalam mengelola sampah dimulai dari lingkup rumah tangga. Metode yang digunakan terdiri dari tiga tahapan: Observasi lapangan ke tempat pemilahan sampah untuk menentukan media edukasi yang tepat. Mendesain dan merealisasikan media komunikasi visual untuk edukasi pemilahan sampah rumah tangga. Setelah melalui beberapa tahapan, terealisasi 10 media komunikasi visual yang efektif, informatif dan persuasif terkait sampah. Desain yang dibuat diharapkan mampu berfungsi sebagai problem solver bagi pihak DLHK untuk memudahkan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat agar mulai mengolah sampahnya sendiri di rumah tangga. 


 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ari, I. A. D. K., Dewi, A. K., & Nuriarta, I. W. . (2024). Edukasi Pemilahan Sampah Rumah Tangga di Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Badung-Bali Melalui Desain Komunikasi Visual. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i1.3574
Bagian
Articles

Referensi

I. P. B. Jayadaru, I. W. P. A. Prayoga, I. N. L. Julianto, I. W. Swandi, dan I. P. U. Wasista, “BANNER DAN MASKOT SEBAGAI STRATEGI EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING DI DESA KUKUH KERAMBITAN,” Abdi Widya J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, hlm. 35–44, Mar 2022, doi: https://doi.org/10.59997/awjpm.v1i1.1460.

M. Monica dan L. C. Luzar, “Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan,” Humaniora, vol. 2, no. 2, hlm. 1084, Okt 2011, doi: https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158.

F. Saptodewo, “DESAIN INFOGRAFIS SEBAGAI PENYAJIAN DATA MENARIK”.

I. G. N. M. Wiratama dkk., “Pelatihan Pembuatan Kompos Dari Canang Sari di SD Saraswati 6 Denpasar, Bali,” Lumbung Inov. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 8, no. 4, hlm. 815–825, Des 2023, doi:https://doi.org/10.36312/linov.v8i4.1490.