WORKSHOP PRODUK UPCYCLE GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SISWA SLB NEGERI 1 BADUNG

Isi Artikel Utama

Ni Luh Kadek Resi Kerdiati
I Putu Udiyana Wasista
Putu Ari Darmastuti

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa penyandang disabilitas pada SLB Negeri 1 Badung, khususnya dalam kegiatan produktif membuat produk sederhana menggunakan benda-benda upcycle. Kegiatan yang dilaksanakan sekaligus membuka peluang bagi pengembangan ilmu dan keterampilan yang sifatnya praktis dan aplikatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi tindakan partisipatif, dimana peneliti berperan langsung pada kegiatan pengabdian. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, dimana tim pengabdian melakukan observasi dari potensi dan masalah yang mungkin muncul saat kegiatan. Taham pelaksanaan dilakukan selama 2 hari melalui pemaparan materi dan pelatihan melalui pelaksanaan kegiatan workshop. Tahap evaluasi terhadap hasil pelatihan, setelah kegiatan selesai dilakukan, serta tahap refleksi melalui hasil evaluasi untuk peningkatan pelatihan berikutnya. Kegiatan telah terlaksana dengan baik, peserta pelatihan berhasil menyelesaikan output yang diharapkan dengan baik dan tepat waktu. Ditemui beberapa kendala seperti terbatasnya ketersediaan bahan selama pelaksanaan workshop, namun hal tersebut justru dapat mengasah kepekaan serta kreatifitas peserta pelatihan. Keterbatasan cara komunikasi sempat menjadi kekhawatiran dari tim pengabdian, namun hal tersebut dapat diatasi dengan bantuan dan kerjasama dari pihak SLB Negeri 1 Badung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kerdiati, N. L. K. R., Wasista, I. P. U. ., & Darmastuti, P. A. . (2023). WORKSHOP PRODUK UPCYCLE GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SISWA SLB NEGERI 1 BADUNG. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.59997/awjpm.v2i2.2726
Bagian
Articles

Referensi

“SLB Negeri 1 Badung – Slb Negeri 1 Badung.” https://slbn1badung.sch.id/tentang-slb-negeri-1-badung/ (diakses 24 Juli 2023).

A. Firdaus, I. K. S. Arsa, dan I. N. L. Julianto, “DESAIN MEDIA PROMOSI COASTER UNTUK BERDAYA DALAM KETERBATASAN BERSAMA DIFABEL DI YAYASAN BUNGA BALI,” Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Mar 2022.

A. A. S. K. P. Sari, I. P. U. Wasista, dan N. L. K. R. Kerdiati, “PERANCANGAN DESAIN INTERIOR PROJECT INDIGO SEA,” Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, dan Lingkungan Terbangun, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Mar 2023, doi: 10.59997/vastukara.v3i1.2305.

“PROBLEMATIKA ANAK TUNARUNGU DAN CARA MENGATASINYA | Rahmah | QUALITY.” https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/5744/0 (diakses 25 Juli 2023).

I. P. A. Premana dan N. L. K. R. Kerdiati, “ASHCRETE SEBAGAI MATERIAL BANGUNAN RAMAH LINGKUNGAN,” Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, dan Lingkungan Terbangun, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Agu 2022, doi: 10.59997/vastukara.v2i2.1743.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama