MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM LITERASI DAN NUMERASI SERTA ADAPTASI TEKNOLOGI DI SMP NEGERI 2 AEK KUASAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3

Isi Artikel Utama

Mega Ferawaty Manalu
Mian Siahaan
Sanggam Pardede
Yanti Maria Rosmauli Marbun
Yetti Yetti

Abstrak

Program Kampus Mengajar Angkatan III yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah  di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah  di SMP Negeri 2 Aek Kuasan yang beralamat di Desa Alang Bonbon, Kecamatan Aek Kuasan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar dalam hal meningkatkan kedisplinan siswa dalam belajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi ini.  


Hasil dari Program ini yakni sebagai penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya; mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi; mengembangkan wawasan, karakter dan soft skill mahasiswa; mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.  


 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Manalu, M. F., Siahaan, M. ., Pardede, S. ., Marbun, Y. M. R. ., & Yetti, Y. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM LITERASI DAN NUMERASI SERTA ADAPTASI TEKNOLOGI DI SMP NEGERI 2 AEK KUASAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–89. https://doi.org/10.59997/awjpm.v1i2.1760
Bagian
Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama