Pendampingan Marawis dalam Meningkatkan Spiritualitas Pada Anak Usia Dini di MI Al-Barakah Desa Cihanjawar Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta
pendahuluan, metode, pembahasan, penutup, ucapan terimakasih, daftar pustaka
DOI:
https://doi.org/10.59997/awjpm.v4i1.5326Keywords:
marawis, spiritualitas, pendampingan, siswa, MI Al-BarakahAbstract
Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan spiritualitas siswa MI Al-Barakah dengan mengajari mereka seni marawis. Mitra mengeluhkan kurangnya kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung spiritualitas siswa. Metode yang digunakan termasuk survei awal untuk menentukan minat dan pengetahuan siswa tentang marawis. Setelah itu, perencanaan program dimulai, yang mencakup pengadaan sumber daya, pembuatan materi pelatihan, dan jadwal kegiatan. Pengenalan alat musik marawis, latihan teknik dasar, penghayatan syair, pembentukan kelompok, dan evaluasi dan pengawasan berkala adalah semua bagian dari proses pelaksanaan. Kegiatan ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bermain marawis serta partisipasi mereka dalam kegiatan keagamaan. Program ini berhasil mencapai tujuannya dengan menggunakan seni marawis untuk meningkatkan semangat, jiwa, rohani dan keagamaan pada siswa.
Downloads
References
[1] P. Hana Salsabila, D. Syaflita, and N. Indriani, “Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Wadah Pengembangan Bakat dan Minat Siswa,” j.armada.pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 6–11, Jan. 2023, doi: 10.60041/jap.v1i1.7.
[2] F. Ni’mah and M. Salik, “Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Ekstrakulikuler Kesenian Hadrah di Mi Al-Jabbar”.
[3] su susanto, “Implementasi program bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia) di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno”.
[4] “Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Pondok Pesantren Ittihadul Muhlishin di Kelurahan Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan.”
[5] Y. A. Wibowo et al., “Pengembangan Bakat dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah Sabrang Lor, Trucuk, Klaten,” bkkndik, vol. 2, no. 1, Jun. 2020, doi: 10.23917/bkkndik.v2i1.10939.
[6] A. Wardhono et al., “Pengembangan Kreativitas Anak Sekolah Dasar melalui Program Seni dan Kerajinan Tangan di MI Miftahul Ulum,” jpni, vol. 5, no. 3, pp. 619–629, Sep. 2024, doi: 10.35870/jpni.v5i3.1035.
[7] A. Rofiudin, L. A. Prasetya, and D. D. Prasetya, “Pembelajaran Kolaboratif di SMK: Peran Kerja Sama Siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Soft skills,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 4, pp. 4444–4455, Sep. 2024, doi: 10.37985/jer.v5i4.672.
[8] R. Hidayatullah, “Kreativitas Dalam Musik Tradisional (Sebuah Tinjauan Artikel),” 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iqlima Zahrotun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.