Pendampingan Marawis dalam Meningkatkan Spiritualitas Pada Anak Usia Dini di MI Al-Barakah Desa Cihanjawar Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta

pendahuluan, metode, pembahasan, penutup, ucapan terimakasih, daftar pustaka

Authors

  • Iqlima Zahrotun Nisa STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta
  • Dede Rizal Munir STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta
  • Usep Setiawan STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.59997/awjpm.v4i1.5326

Keywords:

marawis, spiritualitas, pendampingan, siswa, MI Al-Barakah

Abstract

Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan spiritualitas siswa MI Al-Barakah dengan mengajari mereka seni marawis. Mitra mengeluhkan kurangnya kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung spiritualitas siswa. Metode yang digunakan termasuk survei awal untuk menentukan minat dan pengetahuan siswa tentang marawis. Setelah itu, perencanaan program dimulai, yang mencakup pengadaan sumber daya, pembuatan materi pelatihan, dan jadwal kegiatan. Pengenalan alat musik marawis, latihan teknik dasar, penghayatan syair, pembentukan kelompok, dan evaluasi dan pengawasan berkala adalah semua bagian dari proses pelaksanaan. Kegiatan ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bermain marawis serta partisipasi mereka dalam kegiatan keagamaan. Program ini berhasil mencapai tujuannya dengan menggunakan seni marawis untuk meningkatkan semangat, jiwa, rohani dan keagamaan pada siswa.

Downloads

References

[1] P. Hana Salsabila, D. Syaflita, and N. Indriani, “Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Wadah Pengembangan Bakat dan Minat Siswa,” j.armada.pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 6–11, Jan. 2023, doi: 10.60041/jap.v1i1.7.

[2] F. Ni’mah and M. Salik, “Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Ekstrakulikuler Kesenian Hadrah di Mi Al-Jabbar”.

[3] su susanto, “Implementasi program bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia) di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno”.

[4] “Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Pondok Pesantren Ittihadul Muhlishin di Kelurahan Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan.”

[5] Y. A. Wibowo et al., “Pengembangan Bakat dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah Sabrang Lor, Trucuk, Klaten,” bkkndik, vol. 2, no. 1, Jun. 2020, doi: 10.23917/bkkndik.v2i1.10939.

[6] A. Wardhono et al., “Pengembangan Kreativitas Anak Sekolah Dasar melalui Program Seni dan Kerajinan Tangan di MI Miftahul Ulum,” jpni, vol. 5, no. 3, pp. 619–629, Sep. 2024, doi: 10.35870/jpni.v5i3.1035.

[7] A. Rofiudin, L. A. Prasetya, and D. D. Prasetya, “Pembelajaran Kolaboratif di SMK: Peran Kerja Sama Siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Soft skills,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 4, pp. 4444–4455, Sep. 2024, doi: 10.37985/jer.v5i4.672.

[8] R. Hidayatullah, “Kreativitas Dalam Musik Tradisional (Sebuah Tinjauan Artikel),” 2022.

Downloads

Published

2025-04-05

How to Cite

Nisa, I. Z., Munir, D. R., & Setiawan, U. (2025). Pendampingan Marawis dalam Meningkatkan Spiritualitas Pada Anak Usia Dini di MI Al-Barakah Desa Cihanjawar Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta : pendahuluan, metode, pembahasan, penutup, ucapan terimakasih, daftar pustaka. Abdi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 9–17. https://doi.org/10.59997/awjpm.v4i1.5326

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.