Pendampingan Pembelajaran Kitab Al-Barzanji Sebagai Upaya Melestarikan Tradisi dan Menumbuhkan Karakter Cinta Kepada Rasulullah SAW
DOI:
https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i2.4330Kata Kunci:
Maulid Al-Barzanji, Preserving Tradition, Pondok Pesantren Riyadul JannahAbstrak
Kurangnya pemahaman terhadap isi kitab ini menyebabkan perlunya pendampingan dalam proses pembelajaran. Melalui pemahaman yang lebih mendalam terhadap isi kitab, diharapkan akan tumbuh karakter kasih kepada Rasulullah SAW. Tradisi membaca Maulid Al-Barzanji merupakan praktik yang dipegang teguh oleh Ahlussunnah Wal Jamaah Annahdliyah. Kegiatan ini mengeksplorasi kebesaran Allah SWT, pujian kepada Rasulullah SAW, dan kisah-kisah kesedihan dalam kehidupan beliau. Syair dalam kitab ini memunculkan rasa cinta dan kagum kepada Rasulullah SAW, membuatnya populer di kalangan umat Islam. Pondok Pesantren Riyadul Jannah secara rutin menyelenggarakan pembelajaran kitab Maulid Al-Barzanji, dengan tujuan menanamkan kasih kepada Allah dan Nabi-Nya, serta menghindarkan perilaku yang bertentangan dengan ajaran agama. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Pengabdian menunjukkan bahwa tradisi pembacaan kitab Al-Barzanji dan kegiatan shalawat memiliki dampak signifikan dalam penanaman nilai-nilai Islami pada anak-anak. Dengan demikian, pengabdian ini bertujuan untuk melestarikan tradisi, membentuk karakter cinta kepada Rasulullah SAW, serta meneladani dan menanamkan akhlak beliau kepada para santri di Pondok Pesantren Riyadul Jannah. Melalui pendekatan Kuliah Pengabdian Masyarakat, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mengatasi kurangnya pemahaman terhadap isi kitab Al-Barzanji dan dalam melestarikan tradisi yang telah berlangsung sejak lama.
Unduhan
Referensi
F. Sholihah, “Nilai-Nilai Filosofis Teologi Ahlus Sunnah Wal Jamaah Dan Implementasinya Dalam Tradisi Amaliyah Nahdliyin (Studi di Kampung Gedung Jaya Rawa Pitu Tulang Bawang),” 2018.
R. L. Chakimah, “Pembentukan Karakter Cinta Rasul pada Santri Melalui Kegiatan Pembacaan Shalawat Di Pondok Pesantren al-Hidayah Karangsuci Purwokerto Kabupaten Banyumas,” 2017.
D. M. A. Nisa, “Eksistensi Al Berzanji Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islami Pada Anak,” ASNA: Jurnal Kependidikan Islam dan Keagamaan, vol. 5, no. 1, hlm. 39–45, 2023.
A. Fajar dan R. M. Ramlie, “Pelatihan Al-Banjari untuk Meningkatkan Semangat Kegiatan Rutinan Pembacaan Al-Barzanji Santri Pondok Pesantren Ar-Roudotussibyan Desa Cihanjawar,” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, vol. 3, no. 3, 2023.
D. Sugiyono, “Metode Pengabdian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.
D. Rizal Munir, J. Malia, S. Aqila Septiyani, Yulianawati, dan L. Undari, “Peningkatan Hasil Belajar melalui Kepercayaan Diri Siswa Menggunakan Metode Think Pair Share,” ptk, vol. 4, no. 1, hlm. 169–177, Nov 2023, doi: 10.53624/ptk.v4i1.303.
S. Arikunto, Pengabdian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara, 2021.
F. Husniah, “Tradisi Dan Nilai Budaya Pembacaan Kitab Albarzanji,” Jurnal Educazione: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling, vol. 3, no. 2, 2015.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dede Rizal Munir, Hamdani Ali Mukti, Yudi Sirojudin Syarief

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.