PENINGAKATAN LITERASI MEMBACA DAN PRESENTASI PADA SAAT APEL PAGI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 3 DI SDN 012747 PERUPUK

Penulis

  • Nia Sulastri Gultom Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Dearlina Sinaga Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Sanggam Pardede Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Rahmi Nazliah Universitas Labuhanbatu
  • Rumondang Hotmaida SDN 012747 Perupuk

DOI:

https://doi.org/10.59997/awjpm.v1i2.1758

Kata Kunci:

Kampus Mengajar , Peningkatan Literasi Membaca, kesimpulan

Abstrak

Program Kampus Mengajar yang diadakan oleh Menteri Pendidikan bertujuan untuk seorang Mahasiswa/i mengajar disekolah yang termasuk ke dalam 3T. Mahasiswa yang terjun langsung ke sekolah adalah Mahasiswa pilihan yang telah memenuhi syarat untuk ikut dalam program ini. Dalam program ini mahasiswa terjun ke sekolah tingkat SD untuk membantu guru mengajarkan Numerasi dam Literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan literasi pada saat apel pagi dan para peserta didik dengan membawa buku bacaan dan guru menetapkan buku bacaan untuk tiap 1 semester dengan buku yang berkaitan misalnya tentang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan semester berikutnya dengan mata pelajaran lainnya disetiap apel pagi pada hari Kamis dengan melaksanakan literasi SDN 012747 Perupuk . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik membaca setelah membaca dengan waktu yang ditentukan berikutnya guru akan memilih secara acak peserta didik mempresentasikan apa yang dibaca oleh peserta didik dipodium SDN 012747 Perupuk dan untuk penerapan Teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), pencatatan, catatan lapangan, dan keteraturan penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan metode informal. Penyajian informal berupa rumusan dengan membiasakan para peserta didik dengan membaca. Hasil penelitian peserta didik dapat membaca dan mendapatkan makna dari apa yang telah disampaikan oleh perserta didik lainnya , peneliti menyimpulkan bahwa secara umum siswa SDN 012747 Perupuk para peserta didik baik dari kelas 1 sampai kelas 6 dapat membaca dengan lancar dan dapat menyimpulkan dan  menyalurkan makna kepada peserta didik lainnya yang ada di SDN 012747 Perupuk

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Gultom, N. S., Sinaga, D. ., Pardede, S. ., Nazliah, R. ., & Hotmaida, R. . (2022). PENINGAKATAN LITERASI MEMBACA DAN PRESENTASI PADA SAAT APEL PAGI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 3 DI SDN 012747 PERUPUK. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 100–103. https://doi.org/10.59997/awjpm.v1i2.1758

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.