PENINGKATAN BUDAYA LITERASI DAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PROYEK KREATIF PADA SISWA KELAS V DI MI AL-BAROKAH CIHANJAWAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Beberapa anak di kampung Gunung Bakti masih mengalami kesulitan dalam membaca dan menghitung, terutama pada anak usia Sekolah Dasar kelas V. Oleh karena itu, perlu diadakan upaya untuk menumbuhkan budaya literasi dan numerasi sebagai kegiatan sehari-hari. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menghitung pada anak melalui penerapan budaya literasi dan numerasi pada pembelajaran tematik melalui proyek kreatif. Dalam program ini, penulis menggunakan metode statistik deskriptif dan model PDCA. Proyek kreatif yang dilakukan adalah pembuatan pohon literasi dan numerasi, serta meningkatkan intensitas membaca pada anak dengan memantau jumlah buku yang dibaca dan meningkatkan kemampuan numerasi anak melalui pengerjaan soal dengan berurutan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca dan numerasi pada anak. Peningkatan keterampilan membaca dapat dilihat dari peningkatan intensitas membaca dan jumlah buku yang dibaca oleh anak, yang ditandai dengan penambahan buku pada pohon literasi dari minggu ke minggu. Peningkatan numerasi dapat dilihat dari hasil siswa dalam mengerjakan soal dengan berurutan. Dengan demikian, program ini berhasil mencapai tujuannya untuk meningkatkan budaya literasi dan numerasi pada anak melalui proyek kreatif pada pembelajaran tematik.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
R. Perdana and M. Suswandari, “Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar,” Absis Math. Educ. J., vol. 3, no. 1, p. 9, 2021, doi: 10.32585/absis.v3i1.1385.
M. Mulasih and W. D. Hudhana, “Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca,” Ling. Rima J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 9, no. 2, pp. 19–23, 2020.
S. Kasiyun, “Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa,” 2015.
F. A. P. Pradana, “Pengaruh budya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca terhadap minat membaca siswa di sekolah dasar,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 81–85, 2020.
A. N. A. Nurhayati, E. Lubis, S. Lisdayanti, and W. Wellyana, “Pengembangan Pemahaman Kegiatan Nurmerasi Terhadap Siswa-Siswi di SMP Negeri Satu Atap 3 Pubian, Lampung Tengah,” Empower. J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 5, pp. 760–766, 2022.
T. Juniarso, “Literasi matematika mahasiswa dengan gaya belajar visual,” Malih Peddas (Majalah Ilm. Pendidik. Dasar), vol. 9, no. 2, pp. 100–109, 2019.
N. Khirjan, “DY (2020),” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indones. Usia Prasekolah Ancangan Metod. Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstr., vol. 4, no. 1, p. 434441.
H. T. Wahyuni, P. Setyosari, and D. Kuswandi, “Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 SD,” Edcomtech J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 129–136, 2017.
F. T. P. Pangesti, “Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS,” Indones. Digit. J. Math. Educ., vol. 5, no. 9, pp. 566–575, 2018.
I. Nurilhaq and I. Tabroni, “The Use Of The Discovery Learning Model In Improving The Quality Of Learning Of The Qur’an Hadith,” in Proceeding International Conference on Innovation in Science, Education, Health and Technology, 2022, vol. 1, no. 1, pp. 133–142.
A. Rofii, R. Fakhrurozi, D. S. Nahdi, U. Cahyaningsih, and D. Sudirno, “Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMPN 3 Leuwimunding,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 291–296, 2023.
D. W. Ekowati, Y. P. Astuti, I. W. P. Utami, I. Mukhlishina, and B. I. Suwandayani, “Literasi numerasi di SD Muhammadiyah,” Literasi Numer. Di SD Muhammadiyah, vol. 3, no. 1, pp. 93–103, 2018.
M. R. Mahmud and I. M. Pratiwi, “Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur,” Kalamatika J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 69–88, 2019.