Ketercapaian Penguatan Nilai-Nilai Pancasila pada Pelaksanaan Pengabdian Program Pengajaran Tari Nusantara di SMAN 1 Ubud

Penulis

  • Ni Wayan Meira Candra Wati Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Komang Tri Ray Dewantara Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Putu Kirana Vionasari Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Andreas Dylon Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Kadek Mira Adnyaswari Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • A.A. Trisna Ardanari Adipurwa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i1.3729

Kata Kunci:

PKM-PM, Pancasila, Tari, Nusantara

Abstrak

Artikel ini membahas tentang penguatan nilai-nilai Pancasila melalui program pengajaran tari Nusantara di SMA Negeri 1 Ubud. Program ini merupakan bagian dari kurikulum Merdeka Belajar yang memberikan keleluasaan dalam pembelajaran seni budaya untuk menanamkan pendidikan Pancasila. Meskipun pembelajaran tari sebelumnya terbatas pada tari tradisi Bali, program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM) berhasil mengatasi keterbatasan ini dengan mengajarkan lima jenis tarian Nusantara yang beragam, mengaktifkan kembali ekstrakurikuler, dan mengubah sikap peserta didik.Tujuan program ini adalah menguatkan profil pelajar Pancasila yang mencakup enam elemen: beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Manfaat yang diperoleh adalah penguatan karakter Pancasila dan nasionalisme pada peserta didik. Metode pelaksanaan meliputi teknik pemberdayaan pelatihan tari Nusantara, model pelatihan, dan pendampingan IPTEK. Hasil program menunjukkan terciptanya pertunjukan kolaborasi Tari Nusantara dan peserta didik yang mampu menghayati profil pelajar Pancasila. Keberlanjutan program dijamin dengan menjadikan materi tari Nusantara sebagai program wajib tahunan bagi ekstrakurikuler tari di kelas X. Program ini tidak hanya melestarikan budaya tari Nusantara tetapi juga memperkaya pengalaman budaya siswa dan memperkuat identitas budaya bangsa. Dengan demikian, program ini berkontribusi pada pengembangan keterampilan dan disiplin yang bermanfaat bagi kehidupan peserta didik dan pelestarian nilai-nilai luhur tari Nusantara bagi generasi penerus bangsa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-30

Cara Mengutip

Wati, N. W. M. C. ., Dewantara, I. K. T. R. ., Vionasari, N. P. K. ., Dylon, I. M. A. ., Adnyaswari, K. M. ., & Adipurwa, A. T. A. . (2024). Ketercapaian Penguatan Nilai-Nilai Pancasila pada Pelaksanaan Pengabdian Program Pengajaran Tari Nusantara di SMAN 1 Ubud. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 39–44. https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i1.3729

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.