Sosialisasi Pedagogik Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Desa Jerukwangi Kabupaten Kediri
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pedagogik menjadi pemahaman dan kemampuan penting bagi guru di sekolah dasar dan pra sekolah. Optimalisasi pedagogik dapat terwujud melalui langkah guru dalam memberikan wawasan pengetahuan dan membimbing melalui pendidikan karakter yang terbaik terhadap anak. Sebagai wujud implementasi nyata, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasyim Asy’ari Jombang mengadakan sebuah program sosialisasi pedagogik bagi para guru sekolah dasar dan pra sekolah di Balai Desa Jerukwangi. Tujuan diadakannya kegiatan adalah memberikan sumbangsih keilmuan secara pedagogik bagi guru-guru di lembaga pendidikan Desa Jerukwangi dengan memberikan strategi dalam mendidik anak agar berkarakter. Adapun metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi: a) kegiatan analisis masalah, b) sharing keilmuan, c) tanya jawab, dan d) evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) telah memenuhi refleksi sebagai langkah nyata dalam membangun pedagogik secara positif bagi guru-guru dalam membangun karakter kepada anak sekolah dasar dan pra sekolah di lingkungan pendidikan Desa Jerukwangi. Simpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dianggap mampu memberikan wawasan tentang pentingnya teori ilmu mengajar agar guru tepat dalam memfasilitasi anak agar ke depan memiliki karakter secara komprehensif.
Unduhan
Rincian Artikel
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
S. Bahri, “Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di sekolah,” Ta’allum J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 57–76, 2015, doi: https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.57-76.
R. E. Izzaty, Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press, 2018.
A. Dwinata, M. Ahmad, L. S. Astutik, and N. Af’idah, “Al badar islamic elementary school as representative of leading schools in tulungagung,” J. Ilmu Pendidik. dan Sains Islam Interdisip., vol. 3, no. 2, pp. 50–58, 2024, doi: https://doi.org/10.59944/jipsi.v3i2.282.
A. Mustadi, Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press, 2020.
Y. A. L. Buan, Guru dan Pendidikan Karakter. Indramayu: Penerbit Adab, 2020.
E. P. N. Cahyani, A. Dwinata, N. Adlina, and S. Pujiono, “Esensi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Di Sekolah Dasar,” Discov. J. Ilmu Pengetah., vol. 9, no. 1, pp. 1–7, 2024, doi: https://doi.org/10.33752/discovery.v9i1.5728.
A. Dwinata, S. Pahru, L. S. Astutik, C. Z. Susilo, and E. Y. R. Pratiwi, “Motivasi Dan Interaksi Sosial sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 7, no. 1, pp. 125–133, 2023.
A. Dwinata et al., “PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KESEHATAN MENTAL REMAJA DESA WATUGALUH KABUPATEN JOMBANG,” ABIDUMASY J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 01, pp. 15–22, 2024, doi: https://doi.org/10.33752/abidumasy.v5i01.5726.
R. Lestarini, “Hubungan Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar,” J. Basic Educ., vol. 4, no. 10, pp. 1–10, 2015.
E. Y. R. Pratiwi, R. Asmarani, L. Sundana, D. D. Rochmania, C. Z. Susilo, and A. Dwinata, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 7, no. 2, pp. 1313–1322, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4998.
A. Dwinata, Manajemen Sekolah. Jombang: CV Ainun Press, 2023.