Sosialisasi Pengenalan Pendekatan Penelitian Kependidikan Bagi Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Authors

  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Eko Hardinanto Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Noer Af'idah Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Evi Rizqi Salamah Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Aida Arini Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Roudhoutul Aulia Rochim Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang

DOI:

https://doi.org/10.59997/awjpm.v4i2.5476

Keywords:

Sosialisasi, Penelitian, Kependidikan, Mahasiswa

Abstract

Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang merupakan salah satu perguruan tinggi ternama yang berada di wilayah Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. Penelitian atau riset menjadi salah satu tugas akhir bagi mahasiswa di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Dalam tugas akhir yaitu riset para mahasiswa tentu perlu dikenalkan dengan pendekatan penelitian  berbasis kependidikan dengan harapan agar mahasiswa mampu membedakan empat pendekatan penelitian utama kependidikan yaitu studi kuantitatif, kualitatif, tindakan kelas, dan pengembangan. Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Hasyim Asy’ari Jombang yang mampu memfasilitasi pengenalan pendekatan penelitian kependidikan adalah UKM KRPM (Komunitas Riset Penelitian Mahasiswa). UKM KRPM telah menghadirkan pakar penelitian kependidikan dengan dosen ahli metodologi penelitian pendidikan di acara sosialisasi pelatihan. Acara tersebut tentu sangat relevan dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat dosen dengan tujuan agar mahasiswa memahami ragam pendekatan penelitian kependidikan. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah curah pendapat dengan sasaran yaitu mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Jombang yang tergabung dalam acara yang diadakan oleh UKM KRPM. Proses kegiatan pengabdian masyarakat meliputi tahapan penyampaian materi, tanya jawab, dan evaluasi. Implikasi kegiatan pengabdian masyarakat ini tergolong berdampak bagi mahasiswa dalam mengenalkan penelitian atau riset yang sesungguhnya yang disertai dengan cara penyusunan karya ilmiah, teknik olah data, dan publikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. B. P. Putra, I. Lazulfa, and I. Mufarrihah, “Pengembangan Modul Berbasis Kompetensi Pada Mata Kuliah Statistika Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Hasyim Asy’ari,” J. Kaji. dan Pembelajaran Mat., vol. 2, no. 2, pp. 57–63, 2018.

[2] A. Dwinata, P. Rachmadyanti, M. B. E. Siswanto, H. F. Raharja, M. Nuruddin, and A. Kibtiyah, “Implementasi Program ASWAJA (Ahlusunnah Wal Jama’ah) dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar,” J. Simki Pedagog., vol. 8, no. 1, pp. 9–19, 2025, doi: https://doi.org/10.29407/jsp.v8i1.855.

[3] D. Supriadi, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Metode Penelitian Mahasiswa Semester Genap Tahun 2018/2019,” Educ. J. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 97–106, 2019, doi: https://doi.org/10.32832/educate.v4i2.2175.

[4] A. Dwinata and P. Rachmadyanti, Filsafat Ilmu: Konsep, Kedudukan, dan Orientasi Berpikir. Jombang: CV Ainun Media, 2024.

[5] A. Dwinata, A. Kibtiyah, E. Hardinanto, E. Y. R. Pratiwi, Minto, and M. Nuruddin, “Sosialisasi Pedagogik Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Desa Jerukwangi Kabupaten Kediri,” Abdi Widya J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 58–65, 2024, doi: https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i2.4207.

[6] T. Abu-Hamdan and F. Khader, “Alignment of intended learning outcomes with quellmalz taxonomy and assessment practices in early childhood education courses,” J. Educ. Pract., vol. 5, no. 4, pp. 43–50, 2014.

[7] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2019.

[8] A. M. Yusuf, Metode Penelitian. Jakarta: Kencana, 2014.

[9] A. Dwinata, K. A. Aka, and F. Falah, “Pengembangan Media Miniatur 3D Pada Materi Sistem Tata Surya Siswa Kelas VI Sekolah Dasar,” J. Kaji. Pembelajaran dan Keilmuan, vol. 7, no. 2, pp. 233–239, 2023.

[10] E. Y. R. Pratiwi, A. Dwinata, M. Nuruddin, H. F. Raharja, and C. Z. Susilo, “Pendampingan Pabrikasi Media Pembelajaran Komprehensif dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Tanjung Kabupaten Kediri,” J. ABDINUS J. Pengabdi. Nusant., vol. 9, no. 1, pp. 87–97, 2025, doi: https://doi.org/10.29407/ja.v9i1.23628.

[11] H. Susilo, H. Khotimah, and Y. D. Sari, Penelitian tindakan kelas. Malang: Bayumedia Publishing, 2011.

[12] S. Scippo, “Montessori primary schools’ effectiveness: a quasi-experimental study on schooling outcomes,” An Int. J. Res. Policy Pract., vol. 35, no. 2, pp. 193–213, 2024, doi: https://doi.org/10.1080/09243453.2024.2349537.

[13] P. H. Pebriani, Y. Pahrul, and Mufarizuddin, “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,” J. Hum. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 9–12, 2022.

[14] A. Dwinata, S. Marifatulloh, E. Y. R. Pratiwi, F. H. Zeho, and Samsiah, “Tingkat Kemampuan Penyusunan RPPH Calon Guru PAUD di Era Kurikulum Merdeka Belajar,” Sinar Dunia J. Ris. Sos. Hum. Dan Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 249–258, 2025, doi: https://doi.org/10.58192/sidu.v4i1.2718.

[15] A. Dwinata, M. B. E. Siswanto, A. Kibtiyah, H. F. Raharja, and M. Nuruddin, Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jombang: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang, 2025.

[16] Sakaria, M. Rapi, A. M, A. Ismail, and A. Haliq, “Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Makassar,” J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 12–15, 2023, doi: https://doi.org/10.59562/abdimas.v1i1.296.

[17] Fahrianur et al., “Implementasi Literasi di Sekolah Dasar,” J. Student Res., vol. 1, no. 1, pp. 102–113, 2023, doi: https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.958.

[18] A. Dwinata, M. Ahmad, L. S. Astutik, and N. Af’idah, “Al badar islamic elementary school as representative of leading schools in tulungagung,” J. Ilmu Pendidik. dan Sains Islam Interdisip., vol. 3, no. 2, pp. 50–58, 2024, doi: https://doi.org/10.59944/jipsi.v3i2.282.

Downloads

Published

2025-10-08

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.