Pengembangan Kualitas Produk dan Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Brand di pelaku UMKM Dayaba Utama Ferindo

Isi Artikel Utama

Rahmah Siti Mariyam
Dede Rizal Munir
Ade Irvi Nurul Husna

Abstrak

Beberapa masalah utama yang dihadapi UMKM Indonesia adalah kemampuan teknologi, kualitas sumber daya manusia (SDM), akses pemasaran, akses permodalan, dan kualitas produk. Sehingga berbagai permasalahan tersebut dapat menyebabkan UMKM kurang bersaing dengan negara tetangga, seperti terlihat dari kontribusi yang rendah terhadap ekspor. Kondisi ini perlu menjadi perhatian bersama dan dicarikan solusinya. 1. Survey lapangan Survey lapangan ini dilakukan dengan mengadakan wawancara langsung Dayaba Utama Furindo di Desa Margaluyu Kecamatan Kiara pedes 2. Dengan melihat langsung proses produksi di Dayaba, kemudian dilakukan analisis dan usulan perbaikan terhadap proses pemasaran yang sekiranya mudah untuk diimplementasikan di UMKM tersebut. 3. Usulan membuat e commerce Global Tahapan ini dilakukan dengan memberikan saran untuk pembukaan akun Amazon. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan peningkatan signifikan pada kualitas produk dan efektivitas strategi pemasaran Dayaba Utama Ferindo. Beberapa pencapaian kunci meliputi: Peningkatan Kualitas Produk: Melalui implementasi teknologi baru dan standar kualitas yang lebih tinggi, produk Dayaba Utama Ferindo menunjukkan peningkatan kualitas yang signifikan, termasuk desain yang lebih inovatif dan fungsionalitas yang ditingkatkan.Efektivitas Strategi Pemasaran Digital: Adopsi strategi pemasaran digital, termasuk pemasaran media sosial, SEO, dan pemasaran konten, telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan visibilitas online dan engagement dengan target pasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mariyam, R. S., Munir, D. R. ., & Husna, A. I. N. . (2024). Pengembangan Kualitas Produk dan Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Brand di pelaku UMKM Dayaba Utama Ferindo. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i1.3547
Bagian
Articles