Rekontruksi Gending Lelambatan Klasik Gilak Embat dan Tabuh Pisan pada Sekaa Gong Desa Kwanji Sempidi

Penulis

  • I Nyoman Mariyana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Dwi Andika Putra Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Putu Tiodore Adi Bawa Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i2.4349

Kata Kunci:

gong kwanji, lelambatan klasik, rekonstruksi

Abstrak

Di Desa Kwanji Sempidi, terdapat salah satu Gong Kebyar yang konon adalah Gong Kebyar pertama yang ada di Kelurahan Sempidi. Sekaa Gong Desa Kwanji, memiliki beberapa jenis tabuh lelambatan klasik yang menjadi ciri khas dari Gong Desa Kwanji seperti : Gilak Embat, Tabuh Pisan Kwanji, Tabuh Telu (Tabuh Telu Dang, Tabuh Telu Dung, Bebonangan) Tabuh Pat (Gagak, Semarandana, Lodra, Subandar, Saga Manis), Tabuh Lima, Tabuh Nem (Galang Kangin, Tangis), Tabuh Kutus, (Lasem Kwanji, Pelayon).  Tabuh-tabuh lelambatan tersebut sangat menarik dan mempunyai perbedaan dari jenis-jenis atau gaya penyajian gending lelambatan klasik pagongan pada umumnya. Akibat usia pemain yang semakin menua bahkan beberapa pemain (penglingsir) yang meninggal, ada beberapa jenis gending asli Gong Kwanji yang perlu “diselamatkan” dengan merekontruksinya kembali bersama regenerasi pemainnya yakni gending Gilak Embat dan Tabuh Pisan. Melalui metode wawancara dan demontrasi gending-gending ini dapat direkontruksi kembali dan dimainkan oleh generasi penerusnya dengan tetap mempertahankan gaya permainan dan pola-pola pukulan kekendangan, yang menjadi ciri khas dari Gong Kwanji. Proses rekontruksi ini melibatkan penglingsir Gong Kwanji dan Bendasa Adat Kwanji sebagai pengayom Gong Desa Kwanji.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. G. G. Raka, Monografi pulau Bali. Bagian Publikasi, Pusat Djawatan Pertanian Rakjat, 1955.

I. M. Bandem, Gamelan Bali di atas panggung sejarah. Denpasar: BP STIKOM Bali, 2013.

M. Tenzer, Gamelan Gong Kebyar: The Art of Twentieth-Century Balinese Music. University of Chicago Press, 2000.

“Mustika, P. G. D. ‘Laporan Penelitian Mengenal Jenis-Jenis Pukulan Dalam Barungan Gamelan Gong Kebyar.’ (1996). - Penelusuran Google.” Diakses: 31 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.google.com/search?q=Mustika%2C+P.+G.+D.+%22Laporan+Penelitian+Mengenal+Jenis-Jenis+Pukulan+Dalam+Barungan+Gamelan+Gong+Kebyar.%22+(1996).&rlz=1C1GCEA_enID1032ID1032&sourceid=chrome&ie=UTF-8

A. A. M. Djelantik, Estetika: sebuah pengantar. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia, 1999.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-23

Cara Mengutip

Mariyana, I. N., Putra, I. M. D. A. ., & Bawa, P. T. A. . (2024). Rekontruksi Gending Lelambatan Klasik Gilak Embat dan Tabuh Pisan pada Sekaa Gong Desa Kwanji Sempidi. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 66–72. https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i2.4349