PEMBINAAN GENDING SEKATIAN PADA REMAJA PUTRI DI SANGGAR SAMI SEMETON, BANJAR LODSEMA, DESA LODTUNDUH, GIANYAR

Isi Artikel Utama

Ni Putu Hartini
Putu Tiodore Adi Bawa
Ni Made Haryati

Abstrak

Penelitian ini mengenai permasalahan dari remaja putri Sanggar Sami Semeton terhadap kurangnya sumber daya untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang seni karawitan Bali. Melalui adanya sumber daya atau pembina yang potensial maka perlu dilakukan pembinaan atau pelatihan Gending Sekatian. Metode pelaksanaan dalam pembinaan dan pelatihan ini yaitu metode ceramah dan demonstrasi dengan cara memberikan pengetahuan dan memperagakan bagian perbagian dari Gending Sekatian. Tujuan penelitian ini adalah menyelamatkan dan mengembangkan gending sekatian sehingga tetap mengalami keberlanjutan terhadap keberadaan gending sekatian. Hasil dari pembinaan ini menunjukkan Gending Sekatian dapat dikuasai dengan baik oleh peserta pelatihan remaja putri di Sanggar Sami Semeton. Keberhasilan penguasaan gending sekatian ini karena diterapkannya metode pelaksanaan pemberian materi gending yang tepat dan efektif. Pembagian dalam pemberian gending ini menjadi bagian dari cara pembelajaran dalam penguasaan gending dan menambah antusias untuk meningkatkan kemampuan teknik memainkan gamelan Bali pada remaja putri serta melestarikan kebudayaan Bali.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hartini, N. P., Bawa, P. T. A. ., & Haryati, N. M. (2023). PEMBINAAN GENDING SEKATIAN PADA REMAJA PUTRI DI SANGGAR SAMI SEMETON, BANJAR LODSEMA, DESA LODTUNDUH, GIANYAR. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.59997/awjpm.v2i2.2392
Bagian
Articles

Referensi

N. P. Hartini, “Peran Remaja Putri Dalam Melestarikan Gamelan Gender Wayang di Kota Denpasar,” Widyanatya, vol. 3, no. 2, pp. 83–91, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyanatya/article/view/2118.

I. M. Bandem, Gamelan Bali di atas Panggung Sejarah. Denpasar: STIKOM Bali, 2013.

N. M. Wiratini, Peranan Wanita Dalam Seni Pertunjukan Bali Di Kota Denpasar. Denpasar: Program Kajian Budaya Program Pascasarjana Universitas Udayana, 2007.

P. M. Sukerta, Ensiklopedi Karawitan Bali. Surakarta: ISI Press Solo, 2009.

I. G. N. & I. W. D. P. Divo Sentana, “Analisa Tabuh Sekatian Ngider Bhuana.,” 2021, [Online]. Available: https://isi-dps.ac.id/analisa-tabuh-sekatian-ngider-bhuana/.

& S. H. Putra, I.K.A., “Gending Sekatian di Desa Adat Tejakula.,” J. Music Sci. Technol. Ind., vol. 4, no. 1, pp. 51–68, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.31091/jomsti.v4i1.1380.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama