PERANCANGAN BOARD GAME “FUITVEGE MISSIONS” DENGAN MEKANIK PATTERN MOVEMENT SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENCEGAHAN MALNUTRISI UNTUK USIA 10-11 TAHUN

Main Article Content

Grace Anggriani
T. Arie Setiawan Prasida
Jasson Prestiliano

Abstract

Vegetables and fruits require the body to be a source of nutrients such as vitamins, minerals and fiber in attaining a healthy diet as well as encouraging balanced nutrition guidelines for optimum health. Knowledge of nutritional value can affect the consumption of one's fruits and vegetables. Additionally, studies show that there has been an increase in the consumption of fruits and vegetables in respondents after getting interventions regarding the benefits of students' consumption of fiber. Proper media is used as nutrition intervention in the education of nutrition and the promotion of healthy eating. Interesting media may increase the consumption of vegetables and fruit in children, once the children understand the value. Board games are judged as interactive media that can go into the world of children, by playing board games can also train psychologically, cognitive, emotional, moral, artistic, and language aspects.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggriani, G., Prasida, T. A. S. ., & Prestiliano, J. . (2023). PERANCANGAN BOARD GAME “FUITVEGE MISSIONS” DENGAN MEKANIK PATTERN MOVEMENT SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENCEGAHAN MALNUTRISI UNTUK USIA 10-11 TAHUN. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 4(02), 132–144. https://doi.org/10.59997/amarasi.v4i02.2386
Section
Artikel

References

BoardGameGeek.2018.Board Game Mechanic. Diambil dari: https://boardgamegeek.com/boardgamemechanic/2946/pattern-movement. Diakses pada: 17 Mei 2021

Dewi, Yessica.2013. Studi Deskriptif: Persepsi dan Perilaku Makan Buah dan Sayuran pada Anak Obesitas dan Orang Tua. Diambil dari: http://webhosting.ubaya.ac.id/~journalubayaac/index.php/jimus/article/vie w/180/157, Diakses pada 05 Maret 2021

Elwarak, Ruhi, dkk. 2018. Perancangan Buku Pop-Up Mengenai Manfaat Buah dan Sayur Untuk Anak-Anak. Diambil dari: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/100288/100115. Diakses pada 15 Mei 2021.

Handriyanto, Widi Kurniawan.2016. Perancangan Video Promosi dengan Menggunakan Teknik 3D Modelling Low Poly : Studi Kasus DKV/ FTI UKSW Salatiga. Diambil dari: http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/6683/2/T1_692009059_F ull%20text.pdf, Diakses pada 25 Maret 2021

Hermina, Prihantini S.2016. Gambaran Konsumsi Sayur dan Buah Penduduk Indonesia dalam Konteks Gizi Seimbang: Analisis Lanjut Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) 2014. Buletin Penelitian Kesehatan.Vol. 44.No. 3,September 2016. Diambil dari: http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/BPK/article/view/5505, Diakses pada 04 Februari 2021

Hildayani, Rini, dkk. 2014. Psikologi Perkembangan Anak. Diambil dari: http://repository.ut.ac.id/4693/1/PAUD4104-M1.pdf, Diakses pada 19 Febuari 2018

Istianto, Timothy, dkk.2013.Perancangan Board Game tentang Bercocok Tanam di Rumah. Diambil dari : http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1091, Diakses pada15 Maret 2018

Limantara Daniel, Drs. Heru Dwi Waluyanto, Aznar Zack.2015. Perancangan Board game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja. Diambil dari:

http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/3321/3004, Diakses pada 19 Februari 2018

Limantara, Daniel, dkk. 2015. Perancangan Board game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja. Diambil dari: http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/3321/3004, Diakses pada 13 Maret 2018

Maharani,Dian.2017.Mengapa Anak Susah Makan Sayur dan Buah?. Diambil dari: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/03/10/184500523/mengapa.anak.su sah.makan.sayur.dan.buah, Diakses pada 03 Februari 2018

Rachman, Bella Nadya, dkk. 2017. Faktor yang berhubungan dengan perilaku konsumsi buah dan sayur siswa SMP di Denpasar. Diambil dari: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/article/view/17749/12608. Diakses pada 21 Maret 2021

Sarbini, Riska Nurtantyo, dkk.2015. Pengembangan Game Content Model Untuk Game-Based Learning Pemahaman Berlalu Lintas. Diambil dari : http://www.jurnaleeccis.ub.ac.id/index.php/eeccis/article/download/272/241. Diakses tanggal 02 Maret 2021

Sartika , Ratu Ayu Dewi.2011. Faktor Risiko Obesitas pada Anak 5-15 Tahun Di Indonesia. Diambil dari: https://www.researchgate.net/publication/315562796_Risk_Factors_of_Obesity_in_Children_5-15_Years_Old. Diakses pada 22 Maret 2021

Tangidy AM, TA Setiawan.2016. Toleransi Melalui Model Budaya Pela Gandong Menggunakan Media Board Game Untuk Mahasiswa. Diambil dari: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/sabda/article/view/16043. Diakses pada 15 Maret 2021

Wulandari, Hermawati.2016. Pola Pemenuhan Gizi Anak pada Orang Tua Single Parent di Cabean Mangunsari Salatiga. Diambil dari: http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/11766/1/T1_462011024_J udul.pdf. Diakses pada 15 Maret 2021

Vagansza.2015.51 Game Mekanik Yang Kerap Digunakan Dalam Tabletop Game.Diambil dari:http://boardgame.id/51-game-mekanik-yang-kerap- digunakan-dalam-tabletop-game/. Diakses pada 26 Maret 2021