PERANCANGAN KOMIK “TAPEL (TOPENG) SI BOGOH" SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK INTELLECTUAL PROPERTY BLELOZZ DI MADEBLEZ STUDIO

Main Article Content

Fabia Zahra
A. A. Gde Bagus Udayana
Ida Ayu Dwita Krisna Ari

Abstract

Komik merupakan cerita bergambar yang umumnya mudah dicerna dan lucu. Media yang memadukan rangkaian gambar dan tulisan yang membentuk suatu rangkaian cerita yang bertujuan menyampaikan informasi atau menimbulkan reaksi estetik bagi pembacanya. Saat ini, komik hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, menyampaikan informasi secara efektif dan efisien melalui bahasanya. Dalam perkembangannya saat ini, komik berpotensi membuat banyak pihak mulai memikirkan perannya dalam keberlangsungan industri komik di Indonesia, salah satunya adalah Blelozz, seorang ilustrator di Bali yang juga pemilik Madeblez Studio. Sebagai ilustrator yang sudah lama terjun di industri komik strip digital di media sosial, Madeblez Studio membutuhkan media promosi yang berbeda untuk mendapatkan keuntungan yang dibutuhkan agar mampu bersaing dengan ilustrator dan perusahaan di bidang komik lainnya. Oleh karena itu diperlukan media promosi yang unik, menarik, dan tepat sasaran yaitu dengan memanfaatkan media cetak buku komik. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif, sehingga perlu adanya pengenalan keunggulan produk dipadukan dengan pemanfaatan ciri khas komik bergenre jenaka yang sedang trend di kalangan konsumen sasaran yang ingin dicapai. Desain ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang Madeblez Studio sekaligus meningkatkan awareness Blelozz sebagai ilustrator kepada masyarakat khususnya target konsumen yang ingin dicapai dengan menggunakan desain yang juga dapat dinikmati.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zahra, F., Udayana, A. A. G. B. ., & Ari, I. A. D. K. . (2023). PERANCANGAN KOMIK “TAPEL (TOPENG) SI BOGOH" SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK INTELLECTUAL PROPERTY BLELOZZ DI MADEBLEZ STUDIO . AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 4(01), 59–67. https://doi.org/10.59997/amarasi.v4i01.1956
Section
Artikel

References

Putra, I Gusti. (2020). Perancangan komik webtoon topeng tugek di desa Carangsari, Petang, Badung, Bali. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(2),118-133.

Farisakta, Brilliant Tegar. (2022). Perancangan Buku Panduan Menggambar Karakter “Nagabonbon” Sebagai Maskot Studio Bonbin. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(02), 143-151.

Surianto Rustan. 2020. Layout 2020. Nulis buku Jendela Dunia, Jakarta.

(Husandi dkk., t.t.). 2018. Perancangan Komik Edukasi “Rachel’s Guitar Adventure” Sebagai Media Motivasi Pentingnya Memiliki Cita-Cita untuk Remaja.

Janottama, Putraka. 2017. Gaya dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh pada Cerita Rakyat Bali. Jurnal Segara Widya. 5: 25-41.

Ulfa, S., Putri, V., Budiardjo, H., & Prayitno, S. (2016). Perancangan Buku Komik Ludruk Berbasis Ilustrasi Digital Guna Mengenalkan Kembali Kesenian Tradisional kepada Remaja. 5(2). Dameria, Anne. (2007). Basic Printing Panduan Dasar Cetak untuk Designer dan Industri Grafika. Jakarta: Link Match Grafik.

Eiseman, Leatrice. (2006). Color Message and Meaning. Gloucester: Hand Books Press.

Amstrong, dan Kothler. Dasar - Dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia. 2003.

Danton, Sihombing. 2001. Tipografi Dalam Desain Grafis. Gramedia, Jakarta.