PENERAPAN KONSEP REALISME PENATAAN SETTING DAN PROPERTI PADA FILM SURUH AYU

Authors

  • Robby Anwar Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Suparta Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I B Hari Kayana Putra Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

Suruh Ayu, Setting, Properti, Realisme

Abstract

Film Suruh Ayu menceritakan tentang Ayu, perempuan berumur 19 tahun yang mengalami kebimbangan mengenai apakah dia harus menyampaikan bahwa dirinya sedang hamil disaat acara lamaran atau setelah acara lamaran. Keadaan diperparah dengan tuntutan dari teman – temannya yang harus segera menikah karena ada alasan tersendiri serta perjodohan dari bapak dan ibu Ayu.

Tulisan ini akan membahas mengenai bagaimana penerapan konsep realisme penataan setting dan properti pada film Suruh Ayu. Metode yang digunakan yaitu Metode Observasi, kegiatan keseharian manusia dengan menggunakan pancaindra sebagai alat bantu utamanya. Metode Wawancara, merupakan salah satu penelitian yang merupakan proses untuk memperoleh informasi dengan cara tanya jawab antara peneliti dengan subjek yang diteliti.

Selama satu semester berproses magang di Luar Kotak Audiovisual, penulis mendapatkan wawasan mengenai alih pengetahuan, keterampilan, dan teknologi. Adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, penulis banyak mendapatkan pengalaman dan wawasan langsung dari mitra magang.

Penulis mendapatkan bimbingan penuh dari mitra magang, yang dimana penulis sebagai Penata Artistik membuat suatu karya film yang berjudul “Suruh Ayu”. Penulis dibimbing penus oleh mitra magang bagaimana seorang Penata Artistik mampu merealisasikan filmnya dengan penataan setting dan property. Sehingga selama pra produksi, produksi, hingga pasca produksi dapat berjalan dengan lancar.

Penulis mendapatkan bimbingan penuh dari mitra magang, sebagai Penata Artistik membuat suatu karya film yang berjudul “Suruh Ayu”. Penulis dibimbing penuh oleh mitra magang bagaimana seorang Penata Artistik mampu merealisasikan filmnya dengan penataan setting dan property. Sehingga selama pra produksi, produksi, hingga pasca produksi dapat berjalan dengan lancar.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Anwar, R., Suparta, I. M., & Putra, I. B. H. K. (2022). PENERAPAN KONSEP REALISME PENATAAN SETTING DAN PROPERTI PADA FILM SURUH AYU. CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 2(1), 47–53. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/1471