PEMANFAATAN ACOUSMATIC SOUND SEBAGAI PENGUATAN CERITA FILM “SURUH AYU”

Authors

  • Fahmi Rusydianto Chan Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Gede Basuyoga Prabhawita Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Desak Putu Yogi Antari Tirta Yasa Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

Acousmatic, Tata Suara Film, Alur Cerita, Suruh Ayu

Abstract

Film “Suruh Ayu”  adalah karya yang dibuat oleh penulis dalam program MBKM Magang/Praktik Kerja. Film ini menceritakan kisah tentang remaja putri yang harus mengalami nikah muda karena perjodohan. Tapi konflik muncul dari rahasia yang tidak bisa diungkapkan, kehamilan yang tidak diinginkan. Permasalahan yang dihadapi penulis adalah bagaimana pemanfaatan Acousmatic Sound guna memperkuat penyampaian alur cerita pada film “Suruh Ayu” untuk memberi pengalaman menonton yang berbeda kepada penonton.

Sepanjang pelaksanaan MBKM, penulis melakukan penelitian, observasi dan wawancara mengenai Acousmatic Sound. Breakdown audio dilakukan bersama mitra melalui kegiatan FGD dalam pra-produksi. Recording audio dilakukan saat produksi berlangsung, serta proses pengambilan suara tambahan menggunakan teknik foley dan perekaman voice-over yang kemudian dilanjutkan dengan proses mastering hingaa mixing audio pada pasca-produksi.

Pemanfaaatan Acousmatic pada beberapa scene dalam film “Suruh Ayu” dilakukan saat proses pengolahan audio di pasca-produksi. Dengan menempatkan suara-suara hasil rekaman sesuai dengan kebutuhan cerita. Selama proses  pra produksi sampai pasca produksi penulis telah melewati beberapa masalah dan telah menyelesaikan masalah tersebut seperti mengganti dan melakukan perekaman ulang terhadap dialog voice-over yang dirasa kurang, memperbanyak aset efek suara yang diperlukan seperti melakukan foley untuk keperluan detailing pada suara.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Chan, F. R., Prabhawita , G. B., & Yasa, D. P. Y. A. T. (2022). PEMANFAATAN ACOUSMATIC SOUND SEBAGAI PENGUATAN CERITA FILM “SURUH AYU”. CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 2(1), 9–16. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/1465

Most read articles by the same author(s)