KEMBARA SIMULASI MASA DEPAN DALAM FILM CERITA BERBINGKAI

Authors

  • Putu Radiya Pandet Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Gede Arimbawa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Dewa Made Darmawan Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

kembara, simulasi, film cerita berbingkai, prediksi, post apocalypse

Abstract

Masa depan merupakan suatu keadaan yang belum dapat
dipastikan. Sehingga apapun yang diperkirakan akan terjadi hanyalah
sebuah prediksi. Penyebaran virus Covid-19 pada masa kini (tahun 2020)
menghasilkan banyak prediksi tentang apa yang akan terjadi di masa
depan. Penyebaran virus ini juga menghasilkan banyak pemikiran tentang
konspirasi tentang adanya senjata biologis pemusnah masal yang
diciptakan untuk menyiapkan terjadinya perang dunia ketiga. Virus ini juga
diduga akan menimbulkan permasalahan sosial seperti kerusuhan masal
yang bisa menjadi pemicu terjadinya perang saudara maupun kudeta
terhadap pihak penguasa. Berdasarkan hal tersebut, pencipta ingin
mengangkat fenomena prediksi masa depan dalam sebuah karya film.
Karya film ini bukan hanya ditujukan sebagai media hiburan, namun juga
sebagai bentuk pemikiran atas apa yang mungkin terjadi di masa depan.
Karya film ini mengambil bentuk film fiksi dengan teknik bertutur cerita
berbingkai dengan judul Kembara.
Film Kembara mengambil genre post apocalypse sebagai konsep
utama penggarapannya dengan teori utama menggunakan teori
Simulakra oleh Jean Baudrillard dan beberapa teori pendukung yaitu teori
film fiksi, teori cerita berbingkai, teori konflik dan anarkisme. Metode
penciptaan yang digunakan adalah metode penciptaan film yang terdiri
atas Praproduksi, Produksi, Pasca Produksi dan Distribusi. Penciptaan film
Kembara dilakukan dengan mencoba mengerjakan tujuh mayor dalam
film secara tunggal. Sehingga produksi film Kembara bisa dilakukan
dengan konsep low budget production.
Wujud karya film Kembara berupa film dengan format digital
standar sinema 2K (2048x858) dengan aspek rasio 1:2,39. Format film
digital ini sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk penayangan di
bioskop. Bentuk simulasi dalam film Kembara memasukkan fakta-fakta di
lapangan sebagai dasar cerita imaji yang disampaikan. Sehingga simulasi
ini mempu memengaruhi pola pikir penontonnya untuk memprediksi
keadaan di masa depan.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Pandet, P. R., Arimbawa, . I. M. G., & Darmawan, I. D. M. (2024). KEMBARA SIMULASI MASA DEPAN DALAM FILM CERITA BERBINGKAI . CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 4(1), 80–90. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/4379