PENERAPAN KOMPOSISI DAN SUBJECT STAJING DALAM FILM “SURUH AYU”

Authors

  • I Wayan Sauca Widyantara Putra Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Denny Chrisna Putra Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Nyoman Payuyasa Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

komposisi, subject stajing, film “Suruh Ayu”

Abstract

Film sangat digemari oleh banyak kalangan anak muda pada masa ini.  Film saat ini merupakan media yang digunakan sebagai hiburan di masyarakat, dalam perkembangannya kini dunia perfilman telah menghasilkan beberapa sineas atau pembuat film yang cukup banyak di dunia. Film juga memiliki beberapa tahap produksi untuk menghasilkan film yang memuaskan. Tahap produksi yaitu dari penciptaan ide, praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Dari tahapan produksi barulah film akan di distribusikan ke kalangan masyarakat.

Dengan menciptakan ide baru dari sebuah film dengan langsung melaksanakan kegiatan produksi hingga hasil dari ide film menjadi sebuah film layar lebar. Adapun pengumpulan data yang harus digunakan dalam pembuatan film. Pengumpulan data mencari tahu tentang kebenaran yang ada dengan apa yang digunakan nantinya pada saat pembuatan film, disini ada dua contoh seperti pengumpulan data melalui wawancara dan melakukan observasi. Dengan melakukan pengumpulan data, maka film yang produksi semakin akurat.

Penggunaan komposisi dan subject stajing mempengaruhi keseimbangan karakter yang muncul di dalam gambar. Komposisi melakukan penempatan sebuah objek maupun karakter yang sesuai dengan cerita, dengan memperlihatkan maupun menggunakan rules of third menyampaikan sesuatu yang terlihat di dalam gambar akan menjadi sangat special dan bermakna dalam setiap shot. Komposisi juga menyangkut dengan pergerakan kamera yang membuat kesan lebih dramatis dilihat oleh penonton dan menambahkan ukuran shot akan jauh lebih memunculkan kesan emosional karakter. Oleh karena itu film yang diproduksi penulis menggunakan penerapan komposisi dan subject stajing dalam film “Suruh Ayu”

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Putra, I. W. S. W., Putra, I. M. D. C., & Payuyasa, I. N. (2022). PENERAPAN KOMPOSISI DAN SUBJECT STAJING DALAM FILM “SURUH AYU”. CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 2(1), 27–32. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/1468

Most read articles by the same author(s)