PENERAPAN SOUND EFFECT DENGAN GAYA HYPERREALITY PADA FILM BUKAN KUPU-KUPU MALAM

Authors

  • I Wayan Febi Putra Pradnyan Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Ketut Buda Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Desak Putu Yogi Antari Tirta Yasa Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

Hyperreality, foley, ADR, Voice over

Abstract

Film “Bukan Kupu-Kupu malam” adalah karya yang dibuat oleh penulis selama proses magang dalam program MBKM di Mahatma Pictures. Film ”Bukan Kupu-Kupu Malam” merupakan film yang menceritakan seorang perempuan yang bekerja di sebuah karaoke dan stigma pekerja karaoke yang buruk membuat perempuan tersebut mengalami tindak pelecehan seksual dan pemerkosaan. Permasalahan yang dihadapi oleh penulis sebagai penata suara dalam film” Bukan Kupu-Kupu Malam” adalah bagaimana penerapan gaya Hyperreality untuk mempengaruhi apa yang di dengar oleh penonton,sehingga penonton dapat memahami adegan dalam film dengan lebih mendalam. Gaya hypereality di terapkan di beberapa adegan dalam film “ Bukan Kupu- Kupu Malam” dengan teknis foley.Selama proses pra produksi sampai pasca produksi penulis telah melewati beberapa masalah dan telah menyelesaikan masalah tersebut seperti back up ADR ketika file audio yang kurang maksimal dan foley.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Pradnyan, I. W. F. P., Buda, I. K., & Yasa, D. P. Y. A. T. (2022). PENERAPAN SOUND EFFECT DENGAN GAYA HYPERREALITY PADA FILM BUKAN KUPU-KUPU MALAM. CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 2(1), 60–67. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/1473

Most read articles by the same author(s)