PROYEK LAPANGAN “FILM BUKAN KUPU-KUPU MALAM” DENGAN PENERAPAN TEKNIK PERGERAKAN KAMERA DINAMIS

Authors

  • Putu Theja Budiana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Gusti Ngurah Wirawan Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Gede Basuyoga Prabhawita Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

Pergerakan, kamera, dinamis, Sinematografi

Abstract

Film Bukan Kupu-Kupu Malam merupakan film pendek yang bergendre drama tragedi dengan mengedepankan suasana dramatis, realis, dan menegangkan. Produksi film ini merupakan karya yang akan dihasilkan oleh penulis untuk merealisasikan konsep film yang ingin di buat oleh Mahatma Pictures sebagai lokasi program MBKM.

Pelaksanaan proses pembuatan film ini, penulis selaku DOP (Director Of Photography) menggunakan konsep sinematografi dengan penerapan teknik pergerakan kamera dinamis, untuk memberikan unsur suasana yang dramatic, realis, dan partisipasi penonton. Dalam mewujudkan konsep tersebut penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi, yang bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik pergerakan kamera dinamis. Pelaksaan produksi film ini dibagi menjadi 5 tahap, yakni development, pra produksi, produksi, pasca produksi dan distribusi.

Penerapan teknik kamera dinamis pada film Bukan Kupu-Kupu Malam tidak hanya mengenai angel, framing dan penataan cahaya, melainkan juga menggunakan teknik handheld karena pada dasarnya penerapan teknik kamera dinamis memiliki sifat flexible dan bergerak bebas mengikuti alur cerita. Penerapan teknik ini akan menyebabkan setiap moment dramatis dan menegangkan yang terkandung pada film ini, dapat dengan mudah membangun mood dan partisipasi penonton.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Budiana, P. T., Wirawan, I. G. N., & Prabhawita , G. B. (2022). PROYEK LAPANGAN “FILM BUKAN KUPU-KUPU MALAM” DENGAN PENERAPAN TEKNIK PERGERAKAN KAMERA DINAMIS. CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 2(1), 33–40. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/1469

Most read articles by the same author(s)