Teater Wayang Silsilah “Kuru Wangsa”

Authors

  • Made Alit Widi Ariadnyana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Komang Sekar Marhaeni Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Dru Hendro Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/dmr.v3i1.2289

Keywords:

Wayang Silsilah, Kuru Wangsa, Inovasi, Metode

Abstract

Perkembangan kehidupan masyarakat, sangat berpengaruh dengan perkembangan Teater Indonesia. Karena Teater di Indonesia hadir tidak langsung sama dengan bentuknya seperti sekarang.  Seperti Teater Wayang Silsilah dengan judul Kuru Wangsa yang berlandaskan dan berpegang teguh dengan keberadaan leluhur yang tentunya dalam kalangan masyarakat Indonesia tidak lepas dari leluhur yang mengukir sejarah dalam peradabannya. Pertunjukan ini di pentaskan secara Live dengan kemasan Tradisi, Inovasi dan modern. Dalam garapan ini menggunakan metode untuk proses penggarapan yang lebih sistematis, metode yang penggarap gunakan adalah metode creative thinking into art creativity oleh Prof. Nyoman Sedana, yaitu: a. Tahapan Research and Discovery (Penelitian dan penemuan) b. Analysis and Intepretation (Analisis dan tafsir} c. Idea Formulation (Perumusan ide) d. Experimentation and Refinement (Percobaan dan perbaikan/penghalusan) e. Action Plan and Implementation (Rencana aksi dan pelaksanaan). Penggarap berharap tulisan ini dapat membangkitkan eksitensi

di kalangan masyarakat luas.

Downloads

References

Djelantik, A. A. M. (1999). Estetika Sebuah Pengantar. Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia. Hendro, D., & Marajaya, M. (2021). Pertunjukan Wayang Cenk Blonk Virtual Sebagai Media

Sosialisasi Covid-19. Proseding Seminar Nasional: Bali-Dwipantara Waskita, 119–125.

Marajaya, M., & Hendro, D. (2021). Makna Ruwatan Wayang Cupak Dalang I Wayan Suaji. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(1), 63–74. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i1.1329

Putra, I. G. M. D. (2021). Problematika Teater Pakeliran sebagai Konsep Garap dalam Seni Pewayangan. Panggung, 31(3), 385–400.

Sedana, I. N. (2019). Laporan Penelitian dan Penciptaan Seni (P2S), Wayang Golek Air: Subadra Larung. Denpasar.

Telusur Bali. (2020). Nama 14 Generasi Orang Bali, Catur Dasa Pitara. Retrieved April 5, 2023, from Telusur Bali.com website: https://www.telusurbali.com/2020/01/nama-14-generasi-orang-bali- catur-dasa.html

Wicaksana, I. D. K. (2018). Wayang Layar Lebar: Peluang dan Tantanganya di Era Revolusi Industri

0. Proseding Seminar Nasional: Seni Pertunjukan Nusantara, Peluang Dan Tangtanganya Memasuki Era Revolusi Industri 4.0, 84–90.

Wicaksandita, I. D. K. (2018). Bentuk dan Gerak Wayang Kaca dalam Pentas Wayang Tantri Sebuah Kreativitas Seni Modern Berbasis Kebudayaan Lokal. Pantun Jurnal Ilmiah Seni Budaya, III(1), 28–41.

Wicaksandita, I. D. K., Santosa, H., & Sariada, I. K. (2020). Konsep Dasa Paramartha pada Karakterisasi Tokoh Aji Dharma dalam Pertunjukan Wayang Tantri oleh I Wayan Wija. Dance and Theatre Review, 3(1), 1. https://doi.org/10.24821/dtr.v3i1.4415

Downloads

Published

2023-04-16 — Updated on 2023-04-16

Versions

How to Cite

Ariadnyana, M. A. W., Marhaeni, N. K. S., & Hendro, D. (2023). Teater Wayang Silsilah “Kuru Wangsa”. JURNAL DAMAR PEDALANGAN, 3(1), 12–18. https://doi.org/10.59997/dmr.v3i1.2289

Issue

Section

Articles