Pelatihan Pertunjukan Wayang Kulit Tradisi Di Desa Adat Batur “Karya Sudhaningrat”

Authors

  • I Kadek Yogi Mahendra Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Dru Hendro Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Komang Sekar Marhaeni Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/dmr.v4i1.3740

Keywords:

Pelatihan, Pertunjukan Wayang Kulit Tradisi Desa Adat Batur Culture Experience, Metode

Abstract

Dilihat dari perkembangan zaman di masa sekarang dimana segala hal sudah bersifat inovasi hal tersebut menyebabkan tradisi mulai tidak diminati oleh generasi muda. Dilihat dari budaya khususnya seni pertunjukan Wayang Kulit di masa sekarang sudah sangat rendah kesksistensiannya di masyarakat, hal ini tidak hanya di alami di satu daerah namun hampir semua daerah di Bali memiliki masalah sepereti ini. Di Bali Utara khususnya di Desa Adat Batur yang dimana kesenian Wayang Kulit Tradisi sangat berperan penting sebagai pelengakap upacara yang diselenggarakan di Pura Ulun Danu Batur, walaupun demikian sangat susah sekali untuk mendapatkan generasi muda yang mau untuk mempelajari kesenian Wayang Kulit Tradisi. Dari permasalahan yang terdapat di Desa Adat Batur penulis melakukan program pembelajaran pertunjukan Wayang Kulit Tradisi kepada salah satu masyarakat yang ingin mendalami di duni seni Pedalangan bliau adalah I Made Sasmika. Ada beberapa tahapan yang dilakukan di dalam proses pembelajaran pertunjukan Wayang Kulit Tradisi antara lain mulai dari memberikan pemahaman tentang kesenian Wayang dan pemilihan gaya pementasan yang pantas dijadikan sebagai dasar pembelajaran. Dalam proses pembelajaran ini dipilih Style pementasan Sukawati karena di dalam pertunjukan Wayang Sukawati sangat banyak terdapat komponen – komponen yang membangun di dalam pementasan. Pada tahap pertama pembelajaran, peserta didik diberikan materi gending Alasarum diserta gerak Wayang, dilanjutkan dengan Penyacah Parwa sebagai sinopsis di dalam pertunjukan wayang yang menggunakan bahasa kawi, tahap ketiga mempelajari gending Bebaturan dan gerakan Mangkat, dilanjutkan dengan mempelajari Tarian Delem dan Siat Wayang. Dengan adanya program ini semoga kedepannya kesenian Wayang Kulit Tradisi di Desa Adat Batur bisa lestari tidak hanya di Batur saja, juga di tempat lain agar bisa terus diminati dan dilestarikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alitan, Jero Gede Batur, (2010), Tirtha Ulun Danu Batur, Bangli, Penerbit Desa Adat Batur.

Astita, I Nyoman, (2019), Bungbang, Denpasar, Penerbit Dinas Kebudayaan Kota Denpasar.

Dinas Pendidikan Dasar Propinsi Daerah Tingkat I Bali. 1990. Kekawin Bharatayuddha.

Gun, gun. 2014. “Udyoga Parwa”. Denpasar : Penerbit ESBE Buku,

Gun, gun. 2014. “Wirata Parwa”. Denpasar : Penerbit ESBE Buku.

Mulyono, Sri. 1978. Wayang: Asal-usul, Filsafat, dan Masa Depannya. Jakarta: Penerbit Gunung Agung.

Pewayangan Daerah Bali, (1986/1987), Pakem Wayang Purwa Bali, Denpasar, Penerbit Proyek penggalian/pemantapan Seni Budaya Klasik Dan Baru.

Satoto, Soediro, (1985), Wayang Kulit Purwa Makana Dan Struktur Dramatik, Yogyakarta, Penerbit Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara (Javanologi) Direktorat Jendral Kebudayan.

Saphira, Rosa N, (2018), Antropologi Sosial Budaya, Depok, Penerbit Universitas Indonesia.

Sedana, I Nyoman. 2002. “Kawi Dalang: Creativity in Wayang Theatre”. Disertasi untuk meraih gelar Doctor of Philosiphy. Georgia: University of Georgia.

Sudarma, I Wayan, (2020), Pura Sad Khayangan Jagat Ulun Danu Batur, Bangli, dipublikasi oleh Kemenag_Bangli, Via Youtube Channel, Diakses Tanggal 14 Desember 2023, https://youtu.be./vN1e1slm6Ww?si=3iq56msl-kNPKNjw

Sugriwa, I Gusti B, (1995), Dalang dan Wayang, Denpasar, Penerbit Bidang Kesenian Kanwil Depdikbud Provinsi Bali.

Ulumuddin, Ihya, (2018), Pemanfaatan Literatur Digital Dalam Pelestarian Warisan Budaya Tak Benda, Jakarta, Penerbit oleh Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan pengembangan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Wirjosuparto, Prof. Dr.R.M.S, (1968), Bharata Yuddha, Jakarta, Penerbit Bharatara Djakarta.

Yudarta, I Gede, 2022, Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, ISI Denpasar.

Zoetmulder, P.J., (2005), Adiparwa, Surabaya, Penerbit Paramita Surabaya.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Mahendra, I. K. Y., Hendro, D., & Marhaeni, N. K. S. (2024). Pelatihan Pertunjukan Wayang Kulit Tradisi Di Desa Adat Batur “Karya Sudhaningrat”. JURNAL DAMAR PEDALANGAN, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.59997/dmr.v4i1.3740

Issue

Section

Articles