Nilai-Nilai Estetika Hindu Wayang Kulit Bali: Studi Kasus Internalisasi Jana kertih Melalui Karakter Tokoh Pandawa, Sebagai Media Representasi Ideal Manusia Unggul
DOI:
https://doi.org/10.59997/dmr.v4i1.3744Kata Kunci:
estetika Hindu, jana kertih, wayang kulit Bali, pandawaAbstrak
Nilai-Nilai Estetika Hindu Wayang Kulit Bali:
Studi Kasus Internalisasi Jana kertih Melalui Karakter Tokoh Pandawa,
Sebagai Media Representasi Ideal Manusia Unggul
Unduhan
Referensi
Danaswara, I. P. G. B., & Purnamawati, N. D. (2022). Transformasi Kakawin Bharata Yuddha ke Dalam Pertunjukan Wayang Kulit Parwa Lakon Jayadrata Antaka Dalang I Made Sidja. Jurnal Damar Pedalangan, 2(2), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.59997/dmr.v2i1.1523
Gumana Putra, I. G. N. (2021). Variasi Retorika dalam Pertunjukan Wayang Cenk Blonk. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(2), 106–118. https://doi.org/10.31091/sw.v9i2.1741
Gunawan, I. G. A. (2020). Implementasi Ajaran Tri Parartha di masa Pandemi. Retrieved April 25, 2024, from Kementerian Agama Republik Indonesia website: https://kemenag.go.id/nasional/implementasi-ajaran-tri-parartha-di-masa-pandemi-pxyc4k#:~:text=kehidupan beragama kita.-,Tri Parartha secara etimologis berasal dari kata Tri yang berarti,maupun memuliakan diri kita sendiri.
Hendro, D., & Marajaya, I. M. (2022). Pertunjukan Wayang Cenk-Blonk Era Pandemi (R. Widyarto, Ed.). Denpasar: Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar.
Hooykaas, C. (1973). Kama and Kala, Material for The Study of Shadow Theatre in Bali. Amsterdam: North-Holland Publising Company.
Irmayanti, N., Kusnadi, S. K., Putri, F. O. M., & Derman, Y. (2022). Art Therapy Sebagai Sarana Dalam Pelepasan Emosi (Katarsis) Pada Anak Di Sekolah Sungai Surabaya. Prosiding PKM-CSR, 5, 1–7.
Lodra, I. N. (2014). Estetika Hindu di Era Globalisasi.pdf. Urna Jurnal Seni Rupa, 3(2), 137–144.
Marajaya, M., & Hendro, D. (2021). Makna Ruwatan Wayang Cupak Dalang I Wayan Suaji. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(1), 63–74. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i1.1329
Masruhah, U. (2019). Efektivitas Kegiatan Menggambar (Modifikasi Art Therapy) Untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Kelas Xii SMA Negeri 1 Pati. Universitas Negeri Semarang.
Miranti, D., & Amzy, N. (2018). Analisis Karakter Tokoh Wayang Srikandi dalam Lakon Perang Bahratayuda sebagai Pembelajaran Karakter untuk Remaja. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 1(01), 20–24. https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.8
Nurgiyantoro, B. (2011). WAYANG DAN PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 18–34. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1314
Rina, R. C., Adriati, I., & Irfansyah, I. (2017). Keanekaragaman Visualisasi Tokoh Arjuna dalam Media. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2017, (November), 44–49.
Sarjana, I. P., & Paramita, I. G. A. (2023). Jana Kertih: Membangun Manusia Hindu Yang Berkarakter Mulia. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 23(1), 130–140. https://doi.org/https://doi.org/10.32795/ds.v23i1.4087
Subramaniam, K. (2002). Mahabharata. Surabaya: Penerbit & Percetakan PARAMITA.
Sudana, I. M. (2022). Melacak Perkembangan Wayang Kulit Bali Sebagai Pakeliran Inovatif. Jurnal Paraguna, 7(1), 14–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26742/jp.v7i1.1850
Sudarsana, I. K., & Juliawan, I. N. (2020). Kedudukan Seni Dalam Siwa Nataraja Sebagai Inti Pendidikan Karakter (Perspektif Hindu Bali). Subasita: Jurnal Sastra Agama Dan Pendidikan Bahasa Bali, 1(2), 1–8.
Tirta, I. M. D. (2019). Konstruk Estetika Hindu dalam Realitas Seni di Bali. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 22(1), 90–102. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/pkj.v22i1.1673
Wiana, I. K. (2018). “Sad kertih”: Sastra Agama, Filosofi, dan Aktualisasinya. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(3), 169–180. https://doi.org/10.51172/jbmb.v1i3.29
Wicaksana, I. D. K., & Wicaksandita, I. D. K. (2022). Alih Aksara dan Analisis Ragam Bahasa Lontar Dharma Pawayangan Koleksi Dalang I Made Sidja. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 9843((Special Issue Budaya dan Pendidikan)), 197–212.
Wicaksana, I. D. K., & Wicaksandita, I. D. K. (2023a). Metafora Samudra Dalam Cerita Dewa Ruci, Makna Sugesti Bima Membentuk Jati Diri. Proseding Seminar Nasional Bali Sangga Dwipantara III, 3(Bali-Dwipantara Waskita (Seminar Nasional Republik Seni Nusantara)), 262–279.
Wicaksana, I. D. K., & Wicaksandita, I. D. K. (2023b). Wayang Sapuh Leger: Sarana Upacara Ruwatan di Bali. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.37329/jpah.v7i1.2126
Wicaksandita, I. D. K. (2018). Bentuk dan Gerak Wayang Kaca dalam Pentas Wayang Tantri
Sebuah Kreativitas Seni Modern Berbasis Kebudayaan Lokal. Pantun Jurnal Ilmiah Seni Budaya, III(1), 28–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26742/pantun.v3i1.802
Wicaksandita, I. D. K. (2023). Wayang Lemah Lakon Kunti Yadnya Pada Upacara Tumpek Wayang Di Isi Denpasar Analisis Struktur Dan Fungsi. Kayonan: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(2), 177–190.
Wicaksandita, I. D. K., Santosa, H., & Sariada, I. K. (2020). Konsep Dasa Paramartha pada Karakterisasi Tokoh Aji Dharma dalam Pertunjukan Wayang Tantri oleh I Wayan Wija. Dance and Theatre Review, 3(1), 1. https://doi.org/10.24821/dtr.v3i1.4415
Yayasan Pewayangan Daerah Bali. (1986). Pakem Wayang Parwa Bali. Bali: Proyek Penggalian/Pematapan Seni Budaya Klasik dan Baru Tahun 1986/1987.
Zulfiana, A. M. (2016). Akulturasi Budaya dalam Pemberian Nama Anak pada Keluarga Perkawinan Campuran antara Suku Bali dan Non-Bali di Desa Kalibukbuk dan Desa Gerokgak Kabupaten Buleleng (Universitas Diponegoro). Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/50102/1/TESIS.pdf