About/Tentang Jurnal

Anggit : Jurnal Desain Produk (AJDP), merupakan jurnal peer-review dan open akses yang diperuntukkan bagi akademisi, peneliti, desainer, industri dan masyarakat sebagai wadah untuk membahas dan mendokumentasikan isu-isu terkini bidang Desain Produk. (AJDP) dikelola oleh Program Studi Desain Produk FSRD ISI Denpasar yang diterbitkan Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar. AJDP terbit dua kali setahun, bulan April dan Oktober.

Desain Produk merupakan cabang ilmu Desain yang menjadi kesatuan utuh dengan berbagai aspek kehidupan manusia dari waktu ke waktu. Desain produk hadir sebagai solusi atas berbagai masalah yang dihadapi manusia dalam proses pengembangan suatu produk. Ruang lingkup Desain Produk melingkupi semua aspek yang memerlukan solusi pemecahan masalah oleh profesi/kompetensi ini, merujuk pada proses menciptakan atau meningkatkan fungsi, estetis, dan efektifitas dari suatu produk.

Desain produk senantiasa memperhitungkan berbagai aspek tidak saja penampilan visual melainkan aspek ergonomi, keamanan, efisiensi, dan keberlanjutan, meliputi desain fisik, pemilihan bahan dan interaksi produk dengan pennguna. Desain produk melibatkan perencanaan, pengembangan, penyempurnaan suatu produk, mulai dari konsep hingga produk akhir yang siap dipasarkan. Hal ini merujuk arti kata anggit dalam bahasa Jawa berarti; rekayasa; pikiran; akal. Rekayasa dikaitkan dengan penciptaan, pikiran terkait dengan ide/gagasan dan akal dikaitkan dengan kreatifitas. Maka dari itu, Anggit : Jurnal Desain Produk hadir sebagai wadah untuk menampung berbagai dokumentasi penelitian, penciptaan dan penerapan teknologi di industri dan masyarakat dengan berbagai dinamika.

Aims/Tujuan

Anggit : Jurnal Desain Produk bertujuan untuk mewadahi berbagai pemikiran terkait desain produk, sebagai fondasi  dalam membangun dan memperkuat atmosfir akademik bidang desain produk. Kami memprioritaskan artikel hasil penelitian, penciptaan dan resensi buku melalui berbagai topik yang khas, berdasarkan kearifan lokal, senantiasa memperhatikan aspek lingkungan, kemanusiaan, inklusi, bersifat orisinal, kreatif dan inovatif, sebagaimana misi dari penerbitan kami untuk berkontribusi pada program tujuan pembangunan berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs) program.