Deskripsi Jurnal

Jurnal Vastukara adalah media publikasi artikel ilmiah dalam bidang desain interior, budaya dan lingkungan terbangun. Desain interior dapat diartikan sebagai sebuah keilmuan yang fokus membahas interaksi manusia dengan ruang arsitekturalnya. Budaya yang dimaksud adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Spektrum budaya ditekankan dalam korelasinya pada keilmuan desain interior, baik terintegrasi dalam pemahaman desain sebagai keilmuan, konsep, proses maupun artefak. Budaya juga dapat mengacu ke budaya masa lalu yang dekat dengan budaya tradisi daerah, budaya masa kini ataupun budaya masa depan. Sehingga dirkursus antara desain interior dengan budaya dapat diterjemahkan secara cair, yang relevan dengan solusi yang inklusif. 

Lingkungan terbangun yang dimaksud adalah lingkungan hasil cipta dan karsa manusia termasuk di dalamnya arsitektur, interior arsitektur, lanskap; yang semuanya relevan dengan ruang lingkup desain interior dan elemen pembentuknya.


Sejarah Jurnal

Jurnal Vastukara dibuat pada tahun 2021. Istilah Vastukara merupakan gabungan dua kata Sansekerta, yaitu ‘vastu’ yang artinya ‘hunian (dwelling)’ dan ‘kara’ yang artinya pembuat (maker)’. Gabungan dua kata ini secara literal dapat diartikan sebagai ‘pembuat hunian’. Jurnal ini diperuntukkan sebagai wadah dialog keilmuan desain interior, budaya, dan lingkungan terbangun. Para cendekiawan desain bebas berdialog seputar isu-isu keilmuan. Melalui dialog ini, diharapkan keilmuan desain interior, budaya, dan lingkungan terbangun dapat berkembang pesat di Indonesia. Nantinya, hasil dialog ini juga dapat dikembangkan secara praktis dan teoritis. Dengan demikian, jurnal ini akan memperkaya ekosistem keilmuan desain interior, budaya, dan lingkungan terbangun di Indonesia.


Informasi dan Topik

Jurnal Vastukara dikonstruksi sebagai jurnal online (e-journal). Jurnal ini di-review menggunakan sistem blind review. Jurnal Vastukara ditujukan sebagai media pengembangan keilmuan desain interior, budaya, dan lingkungan terbangun, untuk dapat dipublikasikan secara berkelanjutan. Publikasi ini nantinya agar dapat diakui oleh lembaga-lembaga akreditasi dan diakui secara luas.

Semua artikel dalam Jurnal Vastukara akan diproses oleh editor melalui open access journal dan penulis dapat memantau seluruh proses di area anggota.  Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Vastukara  berbentuk soft copy, tersedia sebagai akses terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan kepustakaan. Dewan redaksi Jurnal Vastukara tidak bertanggung jawab atas berbagai tindakan pelanggaran hak cipta ataupun pelanggaran lainnya yang dapat merugikan kredibilitas Jurnal Vastukara ataupun masyarakat secara luas.

Topik yang diterima adalah:

1) Desain Interior; 2) Interior Arsitektur; 3) Desain furnitur; 4) Desain Elemen Estetik dalam Ruang; 5) Desain Lanskap ; 6) Desain Interior dan Proses Kreatif; 7) Konsep Desain berbasis Budaya; 8) Desain Interior dan Teknologi; 9) Materialitas Interior; 10) Pendidikan Desain Interior; 11) Desain Berkelanjutan