TINJAUAN PSIKOLOGI DESAIN INTERIOR RETAIL

Penulis

  • Rainna Dwiariani Manikam Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Kadek Dwi Noorwatha Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/vastukara.v1i1.161

Kata Kunci:

Desain Interior, Desain Retail, Psikologi Desain

Abstrak

Retail merupakan salah satu objek desain interior yang paling mengemuka, di tengah merebaknya komersialisme global dan teknologi informasi di dunia. Arus produk baik barang dan jasa yang bersifat lintas negara ditawarkan melalui sektor retail yang aspek promosionalnya dibantu oleh media digital seperti start-up digital dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana mekanisme elemen desain interior yang mengkonstruksi psikologi konsumen untuk meningkatkan peluang pembelian dalam retail. Penelitian ini bersifat studi kepustakaan (library research), sebagai studi awal dan komparasi literatur untuk menjawab tujuan penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif studi dokumen menggunakan metode systematic review. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan retail mempunyai peranan penting dalam mengkontruksi aspek psikologis pengunjung. Desain interior retail dengan seluruh elemen pembangunnya yang didesain secara holistik, mampu mengkonstruksi pembelian impulsif konsumen yang akhirnya meningkatkan omzet dari retail itu sendiri.

Unduhan

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-29

Cara Mengutip

Manikam, R. D. ., & Noorwatha, I. K. D. (2021). TINJAUAN PSIKOLOGI DESAIN INTERIOR RETAIL. Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, Dan Lingkungan Terbangun, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.59997/vastukara.v1i1.161

Terbitan

Bagian

Articles