PENERAPAN HIDDEN FASAD CAFÉ TERHADAP MINAT PENGUNJUNG: STUDI KASUS KONSUMEN NOMADIC COFFEE BANDUNG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi dan sosial media dalam bisnis telah memperketat persaingan bagi usaha retail. Persaingan ini memunculkan perubahan orientasi pelayanan konsumen dari service oriented ke experience oriented, salah satunya adalah dengan menghadirkan pengalaman menarik bagi konsumen. Pertumbuhan cafe berkonsep di Bandung mulai berkembang, menyesuaikan dengan pola masyarakat yang kini mengunjungi cafe sebagai salah satu gaya hidup. Minat beli konsumen cafe berkaitan erat dengan kesan pertamanya terhadap eksterior dan interiornya. Cafe menunjukkan keunikannya pada fasad untuk menyampaikan konsep mereka, dan mulai muncul tren cafe berkonsep dengan fasad hidden atau tersembunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena hidden fasad cafe di Bandung terhadap interiornya dan bagaimana eksterior dan interior ini berpengaruh terhadap kesan dan minat konsumen. Metode yang akan digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan netnografi melalui pengamatan media sosial dan observasi lapangan dengan wawancara kepada pengunjung. Berdasarkan penelitian, dapat ditemukan karakteristik tren hidden fasad ini adalah menggunakan fasad yang tertutup atau tersembunyi dan minat pengunjung cukup tinggi karena merasa konsepnya unik. Dengan adanya artikel ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai tren hidden fasad dan menjadi gambaran dalam merancang interior cafe dengan konsep hidden fasad.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.